x

Iklan

HUMAS LPKA PALU

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Desember 2023

Selasa, 16 Januari 2024 08:28 WIB

LPKA Palu Perkuat Sinergisitas dengan Dukcapil

Aktivasi NIK, serta kepemilikan e-KTP, maupun KIA sangat penting dimiliki. Dukcapil siap perkuat sinergitas dengan LPKA Palu dalam pemenuhan hak identitas anak binaan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya


Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu  sambut kedatangan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadis Dukcapil) Kota Palu, Walawati bersama rombongan guna jalin silahturahmi dan perkuat sinergitas dalam pemenuhan hak identitas bagi seluruh Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH), Sabtu, (13/1) Siang.

Dalam hal ini, Mewakili LPKA Palu, Ida Bagus Kade D.W selaku Kepala Seksi Pembinaan (Kasi Pembinaan) mengaku sangat bahagia atas kunjungan yang dilakukan, ia menilai hal ini merupakan wujud nyata yang diberikan Pemerintah Kota Palu dalam menjalin kerjasama guna pemenuhan identitas diri dan status kewaraganegaraan bagi seluruh ABH di LPKA Palu.

"Selamat datang di LPKA Palu ibu bersama rombongan, kami sangat apresiasi atas perhatian yang diberikan, sungguh luar biasa dapat menerima langsung kedatangan tim Disdukcapil Kota Palu," kata Ida Bagus

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada momen itu, dirinya menjelaskan bahwa  hak identitas berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK),  Kartu Tanda Elektronik (e-KTP), Kartu Identitas Anak (KIA), dan Akta Kelahiran ABH di LPKA Palu telah terpenuhi 100% diawal tahun 2024.

"Kita pastikan hak identitas bagi ABH 100% terpenuhi, hal tersebut merupakan komitmen bersama keluarga besar LPKA Palu," ujarnya.

Lebih lanjut, dirinya menambahkan untuk mencapai hal tersebut, LPKA Palu bersama Disdukcapil Kota Palu merupakan satu bagian yang tidak terpisahkan, tentu saja koordinasi, komunikasi, serta pererat hubungan seperti ini akan selalu ditingkatkan.

"Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas jalinan kerjasama yang telah dilakukan selama ini, semoga hal baik ini dapat terus berlanjut," tutur Ida Bagus

Sementara itu, Walawati selaku Kepala mengatakan jajarannya akan siap mengawal dalam pemenuhan hak identitas bagi seluruh ABH di LPKA Palu. Ia juga membeberkan sistem jemput bola seperti ini akan diterapkan, karena identitas diri serta status kewarganegaraan sangat penting dimiliki bagi seluruh rakyat Indonesia sebagaimana diatur dalam Peraturan Perundang-undangan.

"Aktivasi NIK, serta kepemilikan e-KTP, maupun KIA sangat penting dimiliki, maka dari itu kami siap untuk perkuat sinergitas bersama LPKA Palu dalam pemenuhan Hak Identitas ABH," kata Walawati

Bukan hanya itu, dirinya turut menjelaskan bahwa saat ini Disdukcapil Kota Palu tengah gaungkan percepatan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) dalam mendukung pemajuan teknologi disegala sektor.

"Masyarakat yang sudah mengaktivasi IKD dapat melihat data-data kependudukan miliknya, masyarakat juga dapat mengakses data keluarga dalam Kartu Keluarga digital, Akta Lahir dan Dokumen Kependudukan lainnya yang pastinya lewat layanan tersebut dapat mempermudah masyarakat dalam hal pelayanan publik yang mensyaratkan dokumen kependudukan," ujarnya.

Diakhir kegiatan, kedua belah pihak pun sepakat untuk terus meningkatkan kerjasama serta membahas rencana aksi bersama lewat pemenuhan hak identitas guna mendukung pemajuan daerah.

HUMAS LPKA PALU

Ikuti tulisan menarik HUMAS LPKA PALU lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler