x

Merdeka Belajar Cooperatif Learning 1, Sumber: Dokumentasi Pribadi Taufik Hidayat, S.Pd, M.Si

Iklan

Tommy Hardiyanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 November 2023

Rabu, 17 Januari 2024 07:37 WIB

Kunci Pendidikan Bukan Kurikulum, Melainkan Guru

Guru yang memiliki komitmen tinggi, kreativitas, dan pemahaman mendalam terhadap kebutuhan siswa membentuk dasar utama dalam pembangunan pendidikan berkelanjutan. Perhatian dan investasi serius dalam peningkatan kualitas guru harus menjadi fokus utama pemerintah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pendidikan dianggap sebagai dasar yang sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa. Meskipun banyak perbincangan dan reformasi pendidikan yang sering berfokus pada perbaikan kurikulum, pada kenyataannya, keberhasilan pendidikan tidak hanya tergantung pada struktur kurikulum itu sendiri. Lebih dari itu, elemen yang sebenarnya menjadi kunci utama adalah peran guru dalam menyampaikan ilmu pengetahuan kepada generasi penerus. Meskipun kurikulum memberikan kerangka kerja, namun gurulah yang memberikan kehidupan pada proses pembelajaran.

Peran guru sangat penting dalam perjalanan pendidikan, mereka tidak hanya berperan sebagai penyampai informasi, tetapi juga sebagai pemimpin rohaniah yang berkontribusi dalam membentuk karakter siswa. Kemampuan guru dalam menginspirasi, memotivasi, dan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan intelektual dan emosional siswa. Seorang guru yang memiliki kualitas tidak hanya mengajar, melainkan juga menciptakan atmosfer kelas yang inklusif dan mendukung, dimana setiap siswa merasa dihargai dan didorong untuk berkembang.

Pentingnya peran guru tidak hanya terbatas pada penyampaian informasi, melainkan juga pada kemampuan mereka dalam mengembangkan keterampilan sosial, kepemimpinan, dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah. Guru bukan hanya menjadi figur yang memberikan contoh nyata tentang nilai-nilai moral, etika, dan tanggung jawab, tetapi juga membentuk pondasi karakter yang akan membimbing siswa dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam situasi ini, kualitas pendidikan tidak hanya dinilai dari sejauh mana siswa dapat memahami kurikulum, melainkan juga sejauh mana guru mampu meresapi dan menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang menarik dan bermakna. Kemampuan kreatif guru dalam mendekatkan materi dengan kehidupan sehari-hari, merangsang rasa ingin tahu, serta mengajarkan keterampilan praktis akan meningkatkan tingkat pemahaman siswa terhadap pelajaran.

Di samping itu, kemampuan guru dalam memahami keberagaman siswa juga menjadi kunci sukses dalam pendidikan. Setiap siswa memiliki kecerdasan dan keunikan yang berbeda. Guru yang peka terhadap perbedaan ini akan mampu mengajar dengan pendekatan yang sesuai, memaksimalkan potensi setiap siswa, dan menciptakan atmosfer inklusif yang menghargai keberagaman.

Pendidikan yang berkualitas tidak hanya bertujuan untuk menghasilkan siswa yang cerdas secara akademis, tetapi juga yang memiliki karakter dan siap menghadapi tantangan dunia nyata. Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidikan harus dimulai dengan peningkatan kualitas guru. Investasi dalam pelatihan, pengembangan profesionalisme, dan peningkatan kesejahteraan guru menjadi langkah krusial untuk memastikan keberlanjutan dan peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan.

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa kunci utama keberhasilan pendidikan tidak hanya terpaku pada kurikulum, melainkan lebih terletak pada peran guru. Guru yang memiliki komitmen tinggi, kreativitas, dan pemahaman mendalam terhadap kebutuhan siswa membentuk dasar utama dalam pembangunan pendidikan yang berkelanjutan. Oleh karena itu, perhatian dan investasi serius dalam peningkatan kualitas guru harus menjadi fokus utama dalam usaha meningkatkan sistem pendidikan guna menciptakan masa depan yang lebih baik.

Ikuti tulisan menarik Tommy Hardiyanto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu