x

Iklan

Nuriyani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Januari 2024

Minggu, 21 Januari 2024 12:31 WIB

Cara Memilih Noted Book Custom yang Unik

Saat masih sekolah, saya masih mengandalkan notebook sederhana untuk menulis biodata teman-teman di kelas.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saat masih sekolah, saya masih mengandalkan notebook sederhana untuk menulis biodata teman-teman di kelas. Pada saat itu, buku harian atau juga dikenal dengan diary sangat populer dan digemari. Meski terlihat sangat sederhana dan terkesan apa adanya, namun keberadaannya sangat berharga, terutama bagi mereka yang gemar menulis diary, agenda kampus atau sekolah, bahkan untuk bekerja.

Seiring berjalannya waktu, Noted Book mulai mengalami banyak perubahan. Perubahan ini terlihat dari ukuran yang lebih beragam, desain sampul yang lebih variatif dan kertas yang berwarna-warni. Tidak hanya itu, saat ini juga sudah banyak notebook yang bisa diisi ulang dengan kertas, sehingga ketika buku sudah penuh, Anda hanya perlu mengisi ulang kertasnya saja.

Bagi sebagian orang, terutama remaja putri, menulis diary di diary adalah hal yang sangat menyenangkan. Meski masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, menulis diary di diary dinilai jauh lebih menyenangkan daripada membuat catatan di ponsel. Dengan begitu, Anda bisa melihat dan menikmati hasil tulisan tangan Anda.

Manfaat Menulis Secara Teratur di Notebook

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saat ini era sudah serba digital, sehingga keberadaan notebook sebagian besar sudah tergantikan oleh aplikasi di gadget kita. Dengan teknologi yang semakin canggih, gadget yang sekarang kita gunakan mampu sepenuhnya menggantikan fungsi notebook. Namun, masih banyak orang yang tetap setia menulis di notebook.

Menulis catatan secara teratur dalam sebuah buku, dapat memberikan banyak manfaat bagi kita. Mulai dari meningkatkan kemampuan menulis, membuat kita lebih kreatif, bisa lebih menghargai waktu sehingga kita juga bisa membaca tulisan-tulisan masa lalu kita, melaluinya kita bisa introspeksi dan refleksi diri.

Kabar baiknya, bagi Anda yang suka menulis menggunakan notebook, dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh juga. Menurut salah satu ahli riset kesehatan dari Texas, James Pennebaker, mengatakan bahwa rajin menulis di notebook dapat mengontrol emosi. Saat emosi stabil, saraf menjadi lebih tenang dan rileks, sehingga daya tahan tubuh akan meningkat.

Tips Memilih Notebook Kustom

Seiring berkembangnya tren, notebook semakin berubah. Bahkan saat ini, kita dapat dengan mudah memilih custom notebook yang unik dan menarik. Custom artinya disini kita bisa memesan buku tulis sesuai keinginan kita, mulai dari pemilihan cover buku, ukuran buku hingga penjilidan, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Nah, agar kegiatan mencatat lebih menyenangkan dan tidak monoton, Anda bisa mencoba beberapa tips memilih notebook custom yang unik, di bawah ini.

Bagaimana Cara Memilih Noted Book Custom yang Unik?

Sesuaikan Sesuai Kebutuhan

Sebelum Anda memilih custom notebook, tentunya Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Misalnya untuk mahasiswa atau mahasiswi, Anda bisa memilih notebook dengan motif yang monoton, karena memiliki fungsi yang cukup vital. Dengan pola yang monoton, Anda bisa lebih fokus membuat catatan penting.

Seperti agenda sekolah atau kampus, jadwal pelajaran, jadwal pelajaran, hafalan dan lain sebagainya. Sedangkan mereka yang sudah bekerja mungkin membutuhkan notebook bergaya agenda dengan tanggal, bulan dan tahun, sehingga memudahkan Anda untuk mencatat agenda dan jadwal harian Anda.

Sesuaikan Ukuran Buku

Notebook biasanya datang dalam berbagai ukuran. Untuk sekolah atau perguruan tinggi, Anda dapat memilih ukuran buku standar. Sedangkan untuk menulis catatan atau memo, Anda bisa memilih buku kecil. Untuk diary, Anda bisa memilih buku yang sedikit lebih kecil dari buku standar agar lebih mudah dibawa kemana-mana.

Pastikan juga notebook yang Anda pilih dapat membuat Anda nyaman untuk menulis. Agar tulisan lebih rapi, Anda bisa memilih buku dengan ukuran garis 6 mm atau 7 mm. Atau jika tidak ingin bergaris, Anda bisa memilih buku polos tanpa garis.

Perhatikan Varian Garis Pada Kertas

Garis horizontal adalah jenis yang paling banyak digunakan di notebook. Namun, sebenarnya ada banyak variasi jenis garis lainnya, seperti jenis garis yang cocok untuk menggambar grafik atau menulis miring. Oleh karena itu, ketahui dulu jenis garisnya dan temukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Periksa Jumlah Halaman Dan Ketebalan Buku

Semakin banyak halaman dalam sebuah notebook, maka akan semakin tebal, yang mempengaruhi berat buku dan tempat untuk menyimpannya. Begitu juga dengan berat sebuah buku yang membutuhkan tempat penyimpanan yang kokoh.

Jika Anda ingin membawa notebook pada saat bepergian, maka pilihlah bentuk yang lebih kecil dan lebih ringkas. Namun, jika Anda ingin menulis cukup banyak, misalnya membuat catatan, pilihlah yang tebal namun tetap ringan.

Desain dan Warna

Saat ini notebook custom memiliki desain cover yang unik, serta warna yang lebih variatif. Saat memilih, tentunya Anda bisa memilih buku sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Anda bisa memilih desain buku yang elegan dengan cover kulit atau hard cover dengan pola warna yang kalem atau unik.

Demikian ulasan tentang Cara Memilih Noted Book Custom yang Unik seperti yang dilansir hoki88, semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Nuriyani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu