x

Salah satu pesona wisata Lombok

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Selasa, 6 Februari 2024 12:21 WIB

10 Destinasi Alam Ter-oke di Seluruh Dunia; Lombok Masuk Peringkat 5

Sejumlah daftar pilihan pembaca tahunan Tripadvisor menawarkan banyak inspirasi liburan. jika Anda berniat melancong. Lombok, termasuk yang masuk dalam daftar tersebut.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Penghargaan pilihan pembaca ini didasarkan pada ulasan dan komentar pengguna, dengan kurang dari 1 persen hotel, atraksi, dan pengalaman di situs ini yang mendapatkan ulasan yang cukup meriah sehingga layak mendapatkan sebutan "terbaik dari yang terbaik".

Keajaiban pemandangan, kuil-kuil kuno dan, tentu saja, kedekatannya dengan Himalaya menempatkan Kathmandu di tempat No. 1 di antara tujuan wisata alam, sementara tempat ketiga ditempati oleh pantai-pantai yang masih asli dan terumbu karang di Hurghada, kiblat snorkeling dan scuba di garis pantai Laut Merah Mesir.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jika Anda menyukai kepulauan, bentang alam tersebut mendominasi daftar Tripadvisor, yang meliputi Guadeloupe, Grand Cayman, Kauai, Mauritius, dan Zanzibar, serta Ha Long Bay di Vietnam, yang dihiasi lebih dari seribu pulau batu kapur yang dramatis.

Mengutip dari laman www.tripadvisor.com/TravelersChoice-Destinations, inilah 10 besar destinasi wisata ter-oke di dunia.

10 Destinasi Wisata Alam Ter-oke versi Tripadvisor

  1. Kathmandu, Nepal
  2. Ha Long Bay, Vietnam
  3. Hurghada, Egypt
  4. Mauritius
  5. Lombok, Indonesia
  6. Kauai
  7. Zanzibar Island, Tanzania
  8. Grand Cayman
  9. Guadeloupe
  10. Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan

Sebagaimana diketahui, Lombok tidak hanya mewujudkna penampakan pesona pantai-pantainya, namun  kekayaan adat dan budaya yang melekat pada kehidupan warganya.

Sebelum menjelajahi pantai-pantai eksotis, wisatawan disarankan mengunjungi desa adat untuk berjumpa dengan suku asli.

Ya, Suku Sasak, suku asli yang telah mendiami Lombok sejak berabad-abad silam. Wisatawan dapat membaur serta belajar banyak tradisi dari suku ini dengan berkunjung ke Desa Sade, Rembitan, Lombok Tengah. Suku ini memiliki banyak budaya dan tradisi yang unik.

Salah satunya bisa dilihat dari rumah adatnya. Rumah adat Suku Sasak bukan hanya memiliki bentuk yang unik,  namun juga mengandung material yang tak kalah menarik. Bayangkan saja sebagai pengganti semen, mereka memanfaatkan kotoran sapi sebagai perekatnya.

Tidak hanya itu saja, mereka juga menggunakan kotoran sapi yang masih baru untuk mengepel lantainya. Fungsi kotoran sapi ini adalah melicinkan lantai sehingga terlihat kinclong. Namun jangan membayangkan aroma rumah suku Sasak ini begitu bau,  sebab setelah digosok menggunakan kotoran sapi, mereka masih membilasnya lagi hingga bersih.

Sejak tahun 2013, Lombok memiliki landmark kota yang menjadi tujuan wisata yaitu Tugu Giri Menang Town Square. Tugu ini dibangun di tengah bundaran jalan raya yang menghubungkan antara Bandara Internasional Lombok dengan Pelabuhan Penyeberangan Lembar. Selain sebagai gerbang utama dan tengara baru kota ini, tugu tersebut ternyata menyimpan filosofi yang lebih dalam ditinjau dari bentuk bangunannya.

Tugu Giri Menang dibuat atas prakarsa Gubernur NTB. Tugu ini penampakannya mencerminkan kerukunan antar umat beragama. Hal tersebut bisa dilihat dari bagian dasar tugu yang menyerupai pura, kemudian bagian pintunya seperti gereja dan bagian paling atas berbentuk kubah simbol dari masjid. Jadi meski pulau Lombok itu mayoritas penduduknya beragama Islam hingga mendapat julukan pulau seribu masjid karena saking banyaknya masjid yang dibangun namun warganya tetap menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama dimana ada dua agama lainnya yaitu Nasrani dan Hindu.

Ada pula keunikan Lombok yang lain. Disini, kita mengenal adanya tiga gili (yang bermakna ‘pulau’). Tiga gili yang dimaksud adalah Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Tiga pulau kecil ini berada saling berdekatan dan menjadi primadona wisata di Lombok. Hanya di Tiga Gili ini wisatawan akan menemukan liburan keren di tempat yang jauh dari bising kendaraan serta bebas macet.

Gili Trawangan adalah pulau terbesar diantara ketiga gili tersebut. Trawangan berukuran 7 kali lapangan sepakbola. Gili ini merupakan pusat wisata yang paling banyak dikunjungi. Satu-satunya alat angkut yang bisa kamu temukan di Trawangan adalah cidomo semacam kereta kuda. Selain itu untuk berkeliling pulau ada juga rental sepeda gowes yang bisa dimanfaatkan wisatawan.

Sunset indah pantai Kuta memang selalu menggoda siapa saja yang melihatnya. Tapi Kuta disini bukan pantai yang ada di Pulau Dewata Bali, yang ternyata ada pula di Lombok. Kedua pantai kembar ini memiliki kesamaan yaitu sebagai spot sunset yang menawan. ***

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

12 jam lalu

Terpopuler