x

Lukisan Van Gogh

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Jumat, 9 Februari 2024 21:21 WIB

Sederet Peristiwa Menarik Mancanegara, Mulai dari Situs Afrika-Amerika hingga Lukisan Van Gogh

Sederet peristiwa menarik dari mancanegara tak keliru jika kita simak. Itu dimulai dari terancamnya situs kulit hitam hingga pengembalian lukisan Van Gogh, yang dicuri.  Dilansir dari laman artnews.com, berikut info intisarinya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

/1/

Sekelompok museum dan situs warisan budaya Afrika-Amerika mengatakan bahwa mereka menghadapi risiko kerusakan dan kehilangan yang sangat tinggi akibat perubahan iklim global. Asosiasi Museum Afrika-Amerika mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pusat-pusat budaya kulit hitam dengan infrastruktur yang lebih tua, seperti yang dibangun untuk melestarikan situs-situs bersejarah, yang sering terletak di sepanjang garis pantai, kekurangan sumber daya dan pendanaan yang diperlukan.

Risiko yang dihadapi adalah kerusakan pada koleksi yang disebabkan oleh bencana alam, dan direktur kelompok ini menunjuk pada beberapa insiden kerusakan yang berkaitan dengan iklim.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

/2/

Courtney J. Martin akan mengepalai Robert Rauschenberg Foundation mulai musim semi ini. Saat ini ia menjabat sebagai direktur Yale Center for British Art. Rauschenberg Foundation adalah salah satu yayasan seni terbesar dari jenisnya, dengan aset sebesar $667 juta yang dilaporkan pada tahun 2022.

Para pengamat telah menyatakan kemarahan mereka menyusul sebuah unggahan di media sosial oleh direktur Otoritas Barang Antik Israel (IAA), yang menunjukkan video tentara Israel di sebuah gudang di Gaza yang tampak seperti benda-benda kuno, dan menyertakan deskripsi bahwa karya seni itu adalah sebuah "penemuan."

"Hanya ada sedikit informasi tentang motivasi mereka selain dari klarifikasi mereka kepada kami bahwa situs tersebut sekarang dilindungi. Kami masih belum tahu mengapa tentara ada di sana," kata Alon Arad, direktur eksekutif Emek Shaveh, sebuah LSM yang berbasis di Yerusalem, saat berbicara kepada Hyperallergic.

/3/

Kolektor seni miliarder Ronald Perelman sedang dalam pertarungan hukum dengan sekelompok perusahaan asuransi atas lima karya seni blue-chip yang menurutnya rusak dalam kebakaran tahun 2018 di perkebunannya di Hamptons.

Dia menuntut pembayaran sebesar $410 juta, namun pihak asuransi menuduh Perelman berusaha menjual karya-karya tersebut, dan telah menjual dua karya lainnya yang diklaimnya rusak dalam kebakaran tersebut.

Pemerintahan sentris baru Polandia yang dipimpin oleh Perdana Menteri Donald Tusk telah memberlakukan perubahan pada lembaga-lembaga budaya, dan membatalkan penunjukan oleh mantan penguasa sayap kanan. Namun, pembatalan proyek yang dipilih untuk Venice Biennale dikritik sebagai penyensoran oleh seniman, Ignacy Czwartos, sementara yang lain dalam komunitas seni mendukung perubahan tersebut.

/4/

Seniman Kuba Tania Bruguera akan menggelar pertunjukan kolektif selama 100 jam untuk membacakan karya Hannah Arendt pada tahun 1951, The Origins of Totalitarianism, di Hamburger Bahnhof, Berlin.

Buku setebal 1000 halaman ini akan dibaca dan didiskusikan sepanjang waktu hingga hari Minggu pukul 11 malam. Pada tahun 2015, Bruguera menyelenggarakan pembacaan karya magnum opus Arendt ketika berada dalam tahanan rumah.

Sebuah kesepakatan tentatif telah dicapai antara serikat pekerja di University of the Arts (UArts) di Philadelphia dan pihak administrasi sekolah, untuk menghindari pemogokan. Serikat pekerja telah melakukan pemogokan dan berbagai aksi sejak Maret 2021 terkait keamanan kerja, upah, dan perawatan kesehatan.

/5/

"Kapal museum" terbesar akan berlayar pada bulan Maret ke Malta. Kapal katamaran sepanjang 154 kaki dari yayasan Art Explora ini dapat menampung 2.000 pengunjung saat berlabuh. Kapal museum ini dijadwalkan untuk berlayar mengelilingi Mediterania sebagai bagian dari festival budaya selama tiga tahun di beberapa kota pesisir, termasuk Marseille, Venesia, dan Beirut.

Art Basel di Swiss telah mengumumkan galeri dan program yang berpartisipasi untuk bulan Juni, beberapa hari setelah Frieze New York mengumumkan galeri-galeri yang berpartisipasi untuk edisi bulan Mei. Edisi 2024 dari pameran Swiss ini akan menjadi tuan rumah bagi 287 galeri dan akan menjadi kali pertama Maike Cruse memimpin acara ini secara penuh.

/6/

Sebuah gedung The Kicker atau pencungkil yang baru saja diresmikan di London telah menarik perhatian banyak orang yang penasaran. Oliver Wainwright dari The Guardian melaporkan bahwa bangunan bata putih yang baru saja diperluas di selatan Sungai Thames ini tampaknya telah "diserang dengan scoop es krim raksasa," dalam sebuah "momen WTF arsitektural yang sesungguhnya."

Ternyata lekukan yang tidak biasa pada fasad bangunan ini dirancang khusus untuk membingkai jendela mawar di gereja di sebelahnya. "Kami ingin menghormati tetangga kami," kata arsitek Jonny Plant.

/7/

Sementara itu, kabar tentang Lukisan Vincent Van Gogh yang dicuri dan dikembalikan dalam tas Ikea berwarna biru kepada seorang detektif seni Belanda, dipamerkan di Rotterdam kemarin, dengan kerusakan akibat pencurian yang masih terlihat. Lukisan tersebut diserahkan kepada detektif Arthur Brand di dalam tas Ikea lebih dari tiga tahun setelah pencuriannya pada tahun 2020.

Lukisan ini akan dipamerkan kepada publik mulai 29 Maret di Museum Groninger, setelah direstorasi. Goresan putih yang disebabkan oleh pencurian dapat dilihat di bagian bawah kanvas yang dilukis pada tahun 1884, berjudul Parsonage Garden at Nuenen in Spring. ***

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu