x

Iklan

Jayanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Februari 2024

Senin, 12 Februari 2024 12:25 WIB

Dari Pohon Goa, Mercusuar, hingga Konservasi Penyu di Pantai Goa Cemara, Bantul

Jogja dikenal dengan beragam objek wisata, termasuk pantai-pantai yang memukau. Selain itu, kota ini juga menawarkan pengalaman wisata kekinian yang diminati kaum muda.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seperti yang dilansir alexistogel, Jogja dikenal dengan beragam objek wisata, termasuk pantai-pantai yang memukau. Selain itu, kota ini juga menawarkan pengalaman wisata kekinian yang diminati kaum muda. Salah satu destinasi yang patut dikunjungi adalah Pantai Goa Cemara, yang menawarkan keunikan tersendiri.

Hal ini benar, pantai ini memang berbeda dari pantai-pantai lain di Yogyakarta karena keunikannya yang menonjol. Oleh karena itu, menjadi suatu destinasi yang tidak boleh dilewatkan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bantul.

Karena keunikannya, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata ini. Pasti Anda penasaran dengan hal-hal apa saja yang bisa ditemukan di sana, bukan? Mari ikuti ulasannya di bawah ini:

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Goa Cemara

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tidak dapat dipungkiri bahwa Yogyakarta memiliki destinasi pantai yang menarik. Semakin banyak wisata baru yang patut untuk dieksplorasi. Berikut adalah beberapa keunikan yang dapat Anda temui ketika mengunjungi Pantai Goa Cemara:

Terdapat Pepohonan yang Mirip Goa

Pantai ini memiliki banyak pepohonan yang jarang ditemui saat ini. Kehadiran banyak pohon di area pantai, bahkan ada yang menyerupai gua karena kerimbunannya.

Hal ini membuat pohon-pohon tersebut hampir menyerupai lorong yang gelap. Keadaan ini yang membuat pantai tersebut dikenal dengan nama Goa Cemara.

Mercusuar yang Tinggi

Pantai ini juga memiliki daya tarik lain, yaitu mercusuar yang tingginya mencapai 40 meter. Pengunjung dapat mendaki mercusuar ini untuk menikmati pemandangan indah dari lautan biru. 

Namun, hanya dua orang yang diizinkan masuk ke mercusuar pada satu waktu. Oleh karena itu, Anda mungkin perlu menunggu giliran bergantian dengan pengunjung lainnya.

Kebijakan tersebut diberlakukan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan pengunjung, serta untuk mencegah kerumunan yang tidak diinginkan.

Konservasi Penyu

Ada hal unik lain yang bisa ditemukan di sana, yaitu konservasi penyu. Konservasi ini dikembangkan dengan tujuan menarik minat pengunjung untuk mengunjungi destinasi wisata tersebut. 

Selain itu, konservasi penyu juga merupakan langkah awal dalam menjaga keberlangsungan hidup penyu di Pantai Goa Cemara. Oleh karena itu, sangat layak bagi Anda untuk mengunjunginya bersama kerabat.

Vegetasi Pesisir Pantai

Umumnya, di pantai-pantai lain, kita hanya akan menemukan hamparan pasir. Namun, hal berbeda terjadi di pantai ini, di mana terdapat vegetasi pantai yang sangat rimbun dan beragam jenisnya.

Kebanyakan pohon yang tumbuh di area pantai ini adalah pohon cemara, yang merupakan hasil dari vegetasi yang ada.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Jika Anda sudah tidak sabar untuk mengunjungi pantai yang unik ini, lokasinya tidak jauh dari pantai terkenal di Yogyakarta, seperti Pantai Parangtritis. Bahkan, pantai ini masih terletak di jalan yang sama dengan Pantai Parangtritis.

Untuk rute dari kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 20 km. Agar perjalanan lebih lancar, Anda dapat melewati jembatan layang Janti.

Selanjutnya, Anda akan menuju ke arah Ringroad Selatan, dengan jarak sekitar 6 km. Setelah melewati terminal Giwangan, perjalanan akan menuju ke arah Jalan Parangtritis.

Bagi wisatawan yang ingin mengetahui harga tiket masuk ke pantai ini, tidak perlu khawatir karena biayanya sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 per orang.

Bagi para wisatawan yang membawa kendaraan pribadi tertentu, akan dikenakan biaya parkir. Untuk kendaraan roda dua, biayanya Rp 3.000, untuk kendaraan roda empat sekitar Rp 5.000, sedangkan untuk rombongan wisatawan yang menggunakan bus, biaya parkirnya adalah Rp 10.000.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

1. Berkeliling dengan ATV

Sambil menikmati keindahan pantai, Anda juga dapat menaiki ATV yang biasanya disewakan di area pantai dan di sekitar pohon cemara. Kegiatan ini memang memerlukan keberanian dan keahlian karena menaiki ATV di tanah berpasir.

2. Foto Bersama di Area Pohon Cemara

Pohon-pohon Cemara di pantai ini seringkali menjadi latar belakang foto yang menarik, terutama karena mereka tumbuh di sepanjang jalan setapak. 

Pengunjung sering menggunakan pohon cemara ini sebagai spot foto untuk mengabadikan momen bersama keluarga dan teman. Bahkan, pohon cemara ini sangat cocok untuk foto Instagram.

3. Menunggangi Kuda

Selain menaiki ATV, menunggang kuda juga merupakan aktivitas yang seru. Anda tidak perlu khawatir karena akan didampingi oleh pemandu saat menunggang kuda. Sepertinya ini bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan untuk Anda dan anak-anak.

4. Berkemah

Selain menikmati suasana pantai di pagi atau siang hari, pantai ini juga sangat cocok untuk berkemah. Anda hanya perlu membawa perlengkapan perkemahan yang akan menunjang kenyamanan dan keamanan selama menginap di pantai ini.

5. Menikmati Aktivitas Outbound

Bagi Anda yang menyukai kegiatan semacam ini, Pantai Goa Cemara Bantul adalah pilihan yang tepat. Fasilitas yang tersedia di area pantai sangat mendukung. 

Tidak mengherankan jika pantai indah ini sering dijadikan lokasi perkumpulan anak sekolah atau mahasiswa untuk kegiatan outbound. Tentu saja, ini menjadi pengalaman yang menyenangkan bersama teman-teman.

6. Bermain Air

Bermain air merupakan salah satu aktivitas yang tak terlupakan saat berkunjung ke pantai mana pun, termasuk Pantai Goa Cemara di Bantul. Para pengunjung dapat dengan bebas menikmati bermain air di pantai atau berenang.

7. Bermain Pasir di Pantai Goa Cemara

Bermain pasir bisa menjadi aktivitas seru yang dapat dilakukan bersama dengan anak-anak Anda. Melalui bermain pasir, anak-anak dapat melatih kreativitas mereka, sambil mempererat hubungan orang tua dan anak.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

1. Fasilitas Mushola

Fasilitas yang disediakan di Pantai Goa Cemara Bantul termasuk mushola, yang merupakan tempat ibadah penting bagi umat Islam. Ketika berkunjung ke pantai ini, biasanya tidak hanya menghabiskan waktu satu atau dua jam, tetapi mungkin sepanjang hari.

2. Tempat Makan

Jika Anda merasa lapar dan kehabisan tenaga setelah berkeliling pantai, Anda dapat menikmati menu makanan yang tersedia di warung makan. Tempat makan di area pantai ini menyediakan makanan khas yang pasti akan menggugah selera.

3. Toko Oleh-Oleh

Saat berlibur, memberikan oleh-oleh kepada saudara atau sahabat adalah hal yang pantas dilakukan. Di area pantai ini, oleh-olehnya juga sangat beragam. Mulai dari pernak-pernik unik, pakaian khas dari Pantai Goa Cemara, hingga makanan tersedia untuk dipilih.

4. Terdapat Area Parkir

Seperti yang diketahui, area parkir di destinasi wisata ini cukup luas, sehingga menjadi fasilitas umum yang sangat penting bagi para pengunjung.

Anda tidak perlu khawatir tentang kendaraan Anda, karena akan dijaga oleh pengelola parkir.

5. Fasilitas Toilet Umum

Toilet merupakan salah satu fasilitas umum yang penting, terutama karena merupakan kebutuhan dasar setiap orang. Toilet yang tersedia di pantai ini sangat bersih dan nyaman digunakan.

Setelah berenang, tentu tidak mungkin untuk pulang tanpa membersihkan diri. Terlebih lagi, bermain di pantai bisa membuat pasir menempel pada baju atau tubuh.

Demikianlah ringkasan informasi yang dapat saya berikan tentang destinasi wisata Pantai Goa Cemara di Bantul. Ketika Anda berencana berkunjung ke Yogyakarta, akan bagus jika Anda menyempatkan waktu untuk mengunjungi tempat wisata ini.

Ikuti tulisan menarik Jayanti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu