x

Iklan

Fitriyah Ayu

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Februari 2024

Senin, 19 Februari 2024 07:37 WIB

PMM UMM Mantapkan UMKM Dusun Sengkaling Jajaki Dunia Digital

Program PMM UMM Kelompok 24 Gelombang 3 dorong kemajuan UMKM di Dusun Sengkaling, fokus pada pendampingan digital dan kreatif. Dukungan ini meningkatkan promosi, media sosial, pengetahuan produk, dan pemetaan UMKM melalui teknologi dan strategi kreatif.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Kelompok 24 Gelombang 3 terus berkomitmen dalam mendorong kemajuan UMKM di Dusun Sengkaling, Desa Mulyoagung. Setelah sukses menyelenggarakan kegiatan edukasi dan pendataan awal, Kelompok 24 Gelombang 3 PMM UMM melanjutkan programnya dengan fokus pada pendampingan dan pengembangan UMKM di bidang digital dan kreatif.  Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Berikut adalah Rangkaian kegiatan Kelompok 24 Gelombang 3 PMM UMM, yaitu pada 29 Januari 2024 melakukan Monitoring dan pendampingan product campaign photography dan videography untuk meningkatkan kualitas promosi produk UMKM. Dilanjutkan pada 1 Februari 2024 yaitu melaksanakan Pendampingan dan pelatihan penggunaan media sosial untuk memperkuat branding dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Pelatihan pembuatan video promosi untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan. Dan pada 3 Februari 2024 Pendataan lanjutan kepada para pelaku UMKM di Dusun Sengkaling RT 01/ RW 07 untuk memantau perkembangan dan mengevaluasi efektivitas program. Selanjutnya pada 4 Februari 2024 Kelompok 24 melaksanakan kegiatan Sosialisasi mengenai pentingnya packaging produk yang menarik dan informatif untuk meningkatkan daya saing UMKM.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lalu pada  5 Februari 2024 dan berikutnya kelompok ini melaksanakan kegiatan Monitoring terkait pengembangan packaging produk para pelaku UMKM. Pemetaan daerah wilayah RT 01/ RW 07 Dusun Sengkaling yang meliputi persebaran UMKM dan fasilitas publik untuk merumuskan strategi pengembangan UMKM yang lebih terarah.

Dampak positif yang diperoleh dari kelompok 24 PMM UMM yaitu Peningkatan kualitas konten promosi UMKM dalam bentuk foto dan video. Penguasaan media sosial untuk branding dan pemasaran digital. Peningkatan pengetahuan tentang pentingnya packaging produk yang menarik. Dan Pemetaan potensi dan kebutuhan UMKM di Dusun Sengkaling.

Harapan ke depan dari adanya kegiatan dari kelompok 24 Gelombang 3 PMM UMM Dengan pendampingan dan inovasi yang berkelanjutan, diharapkan UMKM di Dusun Sengkaling mampu meningkatkan daya saing dan pendapatan mereka melalui pemanfaatan teknologi digital dan strategi kreatif. PMM UMM 2 berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan para pelaku UMKM dan pemerintah setempat untuk mewujudkan kemajuan ekonomi di Dusun Sengkaling.

Ikuti tulisan menarik Fitriyah Ayu lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB