x

Podcast Bocor Alus. Tangkapan layar dari YouTube

Iklan

Daniel Octavian

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Februari 2024

Selasa, 20 Februari 2024 20:08 WIB

Bocor Alus dan Main Hakim Sendiri

Tempo.co memiliki podcast Bocor Alus yang menyajikan konten-konten menghibur dan mendidik. Podcast itu membahas topik-topik berita yang relevan, khususnya berita politik yang menuai pro-kontra. 

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

  1. (a). Tempo.co (Podcast Bocor Alus)

Tempo.co memiliki podcast Bocor Alus yang menyajikan konten-konten menghibur dan mendidik. Podcast itu membahas topik-topik berita yang relevan, khususnya berita politik yang menuai pro-kontra.  Berita itu tentunya berpengaruh pada pandangan masyarakat terutama sebelum dan sesudah masa pemilu yang telah dilakukan.

Selain itu, konsep tempo.co dalam membuat podcast Bocor Alus ini adalaha percakapan ringan para wartwan tentang informasi yang dibuat untuk majalah versi cetak dan digital. Karakteristik podcast Bocor Alus Tempo.co sebagai berikut:

  • Isi konten yang disajikan secara mendalam yang diminati oleh masyarakat.
  • Penyampaian yang disampaikan oleh jurnalis tempo.co yang terpercaya dan mempunyai pengalaman untuk menyajikan informasi yang akurat sehingga dapat dipercaya kepada pendengar.
  • Pembawaan konten dengan menggunakan gaya bahasa yang santai dan menjadikan suasana yang inspiratif sehingga pendengar dapat tertarik terhadap konten tersebut.
  • Adanya sudut pandang yang berbeda dengan membuat opini-opini tertentu tanpa memberikan sedikit ruang.
  • Kurangnya interaksi kepada pendengar secara langsung untuk menyampaikan pertanyaan atau pendapat dan tidak memiliki hubungan antara pembuat podcast dengan pendengar

(b).  Youtube (Channel Main Hakim Sendiri)

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Youtube channel Main Hakim Sendiri yang menyajikan konten-konten yang menghibur dengan sketsa komedi yang disetting sebagai profesi dalam dunia persidangan dan mendatangkan Bintang tamu di setiap episodenya dan berperan sebagai terdakwa, korban dan saksi. Karakteristik channel main hakim sendiri sebagai berikut:

  • Konten di setiap episodenya berbeda-beda. Konten ini memiliki kasus-kasus dan peristiwa yang akan disidangkan dengan menciptakan tayangan sketsa komedi.
  • Pembawaan konten dengan menggunakan gaya bahasa yang santai dan tingkah laku yang menghibur
  • Visual konten tidak menarik
  • Kurangnya konsistensi jadwal posting

Oleh karena itu, cara membuat media daring bisa menarik perhatian khalayak adalah

  1. Memahami audiens terlebih dahulu. Dalam hal ini memahami audiens sangat penting sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.
  2. Visual yang menarik. Konten diperlukan untuk memiliki visual yang menarik aga dapat memperkuat informasi yang disampaikan.
  3. Interaktif Pendengar. Memberikan ruang interaktif kepada pendengar berupa komentar, pertanyaan agar dapat membangun hubungan yang lebih kuat.

 

*) Artikel ini merupakan tugas mata kuliah Komunikasi Digital dari program studi Produksi Media. Dengan dosen pengampu Rachma Tri Widuri, S.Sos., M.Si.

 

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Daniel Octavian lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan