x

apartemen di bekasi barat

Iklan

Sulistiawati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Februari 2024

Minggu, 25 Februari 2024 09:04 WIB

6 Alasan Orang-orang Lebih Memilih Tinggal di Apartemen Ketimbang Rumah Biasa

Tinggal di apartemen atau rumah biasa adalah keputusan besar dalam hidup seseorang. Dalam beberapa tahun terakhir, tren menunjukkan peningkatan jumlah orang yang lebih memilih untuk tinggal di apartemen daripada rumah biasa.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tinggal di apartemen atau rumah biasa adalah keputusan besar dalam hidup seseorang. Dalam beberapa tahun terakhir, tren menunjukkan peningkatan jumlah orang yang lebih memilih untuk tinggal di apartemen daripada rumah biasa.

Hal tersebut tak lepas dari semakin banyaknya apartemen yang bisa dijadikan pilihan, misalnya di Jakarta. Harga apartemen di Jakarta pun sangat beragam. Anda bisa dengan mudah melihatnya di website 99.co/id.

Ada beberapa alasan mengapa hal ini terjadi, mulai dari faktor gaya hidup hingga pertimbangan praktis. Dalam tulisan ini, kita akan menjelajahi beberapa alasan yang mendasari pilihan tersebut.

1. Kemudahan dan Kepraktisan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu alasan utama mengapa orang lebih memilih tinggal di apartemen adalah karena kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkannya. Apartemen seringkali terletak di lokasi strategis, dekat dengan pusat kota, tempat kerja, dan fasilitas umum lainnya. Hal ini membuat akses transportasi lebih mudah dan menghemat waktu perjalanan. 

Selain itu, apartemen biasanya lebih mudah dirawat daripada rumah biasa karena tidak memerlukan pemilik untuk mengurus hal-hal seperti pemotongan rumput atau perawatan taman.

2. Fasilitas dan Layanan Tambahan

Apartemen seringkali dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan layanan tambahan yang tidak tersedia di rumah biasa. Misalnya, kolam renang, pusat kebugaran, ruang serbaguna, area bermain anak-anak, dan keamanan 24 jam. Fasilitas-fasilitas ini menambah kenyamanan dan kualitas hidup penghuninya tanpa harus meninggalkan kompleks apartemen.

3. Biaya yang Lebih Terjangkau

Dalam beberapa kasus, tinggal di apartemen dapat lebih terjangkau daripada membeli atau menyewa rumah biasa. Biaya sewa atau pembelian apartemen sering kali lebih rendah daripada rumah dengan ukuran yang setara. Selain itu, biaya-biaya tambahan seperti biaya pemeliharaan properti atau pajak properti dapat lebih rendah untuk apartemen, terutama jika apartemen tersebut terletak di kawasan dengan tarif pajak yang lebih rendah.

4. Kehidupan Sosial yang Lebih Aktif

Apartemen sering kali menciptakan komunitas yang lebih terhubung dan aktif dibandingkan dengan rumah biasa. Kepadatan populasi yang lebih tinggi memungkinkan untuk lebih mudah bertemu dengan tetangga dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial di dalam kompleks apartemen. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup sosial dan menyediakan dukungan sosial yang penting bagi banyak orang.

5. Fleksibilitas dan Mobilitas

Bagi mereka yang sering berpindah tempat atau memiliki pekerjaan yang memerlukan mobilitas tinggi, tinggal di apartemen bisa menjadi pilihan yang lebih fleksibel. Tidak seperti rumah biasa yang memerlukan waktu dan usaha untuk dijual atau disewakan ketika ingin pindah, apartemen biasanya lebih mudah dan cepat untuk dipindahkan. Ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi mereka yang sering berpindah tempat atau memerlukan akomodasi sementara.

6. Keamanan dan Pengelolaan Risiko

Apartemen sering dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih, seperti kamera pengawas, akses pintu terkendali, dan petugas keamanan. Hal ini membuat penghuninya merasa lebih aman dan nyaman, terutama bagi mereka yang tinggal sendiri atau memiliki keluarga kecil. 

Selain itu, tinggal di apartemen juga bisa lebih aman dari risiko seperti perampokan atau bencana alam, terutama jika kompleks apartemen dilengkapi dengan standar bangunan yang baik.

Ada banyak alasan mengapa orang lebih memilih tinggal di apartemen dibandingkan rumah biasa. Mulai dari kemudahan dan kepraktisan, fasilitas tambahan, hingga biaya yang lebih terjangkau, setiap individu memiliki pertimbangan sendiri dalam memilih tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup mereka. 

Dengan begitu banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh tinggal di apartemen, tidak mengherankan jika tren ini terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Namun, tentu saja, keputusan ini sangat bergantung pada preferensi dan kebutuhan masing-masing individu.

Ikuti tulisan menarik Sulistiawati lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB