x

Iklan

Sulistiawati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Februari 2024

Minggu, 25 Februari 2024 17:52 WIB

Spot Menarik dan Fasilitas Pantai Mandala Ria, Teluk Bone

Pantai Mandala Ria terletak di Sulawesi Selatan dan merupakan destinasi wisata yang menonjol.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seperti yang dilansir slot gacor, Pantai Mandala Ria terletak di Sulawesi Selatan dan merupakan destinasi wisata yang menonjol. Terletak di Teluk Bone yang dikenal sebagai pusat wisata internasional, pantai ini dinamai sesuai dengan seorang panglima yang memainkan peran penting dalam sejarah, terutama dalam perlawanan terhadap penjajah Belanda.

Bagi mereka yang ingin mencapai pantai ini, harus bersiap menghadapi tantangan karena jalannya yang sempit. Namun, begitu tiba di lokasi wisata, pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan yang luar biasa dan panorama alam pantai yang memukau. Selain itu, pantai ini menjadi tempat yang cocok bagi mereka yang ingin beristirahat dari kepadatan perkotaan.

Di masa liburan mendatang, pertimbangkan Pantai Mandala Ria sebagai salah satu destinasi wisata Anda. Ketika mengunjungi pantai yang sedang populer ini, jangan lupa ajak keluarga untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan. Selain itu, tersedia banyak aktivitas yang bisa dinikmati, menjadikan kunjungan ke objek wisata ini menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan bersama keluarga tercinta.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Mandala Ria

1. Menyuguhkan Panorama Alami

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi Pantai Mandala Ria, mereka akan menemukan sebuah destinasi yang menawarkan pemandangan alami yang menakjubkan. Meskipun masih relatif baru, pantai ini mempertahankan keaslian suasana pantai yang alami. Pantainya tersusun oleh pasir putih yang memukau, ditemani langit biru yang indah.

Keunikan dari pantai ini terletak pada lokasinya yang terjepit di antara lembah dan lautan, memberikan pengalaman panas di siang hari dan sejuk di malam hari. Perairan di sekitar Sulawesi Selatan merupakan habitat bagi terumbu karang dan kehidupan laut yang kaya. Wisatawan tidak hanya dapat menikmati keindahan terumbu karang, tetapi juga memperhatikan berbagai jenis ikan yang berenang dengan indah di sekitar pantai.

2. Memiliki Nilai Sejarah yang tinggi

Disamping itu, para pengunjung akan menemukan sebuah destinasi wisata yang sarat dengan nilai sejarah. Seperti telah disebutkan sebelumnya, Pantai Mandala Ria dinamai sesuai dengan peristiwa sejarahnya sendiri, di mana Panglima Mandala memerintahkan pembuatan 24 kapal untuk melawan penjajah ketika berada di desa ini.

Banyak yang menyebut Pasukan Panglima Mandala sebagai armada semut karena kapal-kapalnya memiliki ukuran yang relatif kecil. Upaya yang dilakukan oleh panglima ini akhirnya membuahkan hasil dengan membebaskan Irian Barat dari cengkeraman penjajah.

3. Dekat dengan Tempat Pembuatan Kapal Pinisi

Pantai Mandala Ria terletak di Desa Ara, sebuah lokasi yang terkenal sebagai pusat pembuatan kapal pinisi. Kapal ini merupakan kebanggaan yang tetap terkenal hingga hari ini karena keunggulannya. Oleh karena itu, selain menikmati panorama alam yang indah, pengunjung juga dapat memperoleh banyak pengetahuan baru saat mengunjungi kawasan ini.

Para pengrajin sering kali menerima banyak pertanyaan dari pengunjung wisata, dan mereka dengan senang hati menjawabnya. Pengunjung juga memiliki kesempatan untuk naik kapal yang tersedia di sini. Menikmati panorama alam yang memukau dari atas pantai merupakan pengalaman yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

4. Dekat Wisata yang Lain

Terakhir, Anda akan menemukan destinasi wisata yang terletak dekat dengan tempat-tempat menarik lainnya. Harap dicatat bahwa Bulukumba adalah kawasan yang kaya akan pantai-pantai yang menakjubkan. Keindahan ini memang tidak diragukan lagi karena terdapat banyak pantai terkenal seperti Pantai Tanjung Bira, Kaluku, Pusahelu, dan lainnya.

Selain itu, terdapat juga gua-gua yang patut untuk dikunjungi. Ada dua gua yang berlokasi dekat dengan objek wisata ini, yaitu Goa Passea dan Goa Passohara. Di dalam gua-gua ini, Anda akan menemukan mata air yang diyakini telah ada selama ribuan tahun. Gua Passea, selain itu, digunakan sebagai tempat pemakaman bagi para leluhur kuno.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai

Banyak pengunjung wisata dari luar provinsi Sulawesi Selatan tertarik untuk mengunjungi pantai populer ini. Namun, tidak perlu khawatir, Pantai Mandala Ria mudah diakses oleh para pengunjung wisata. Pantai ini terletak di Desa Ara, Bulukumba, Sulsel, dengan jarak 35 km dari Bulukumba dan 10 km dari Pantai Tanjung Bira.

Apabila Anda berada di kota Makassar, waktu tempuh menuju lokasi wisata adalah sekitar 4 hingga 5 jam. Petunjuk arah untuk mencapai destinasi sudah tersedia, memudahkan para wisatawan dalam menemukannya. Perjalanan dari kota Makassar ke kabupaten Bulukumba memerlukan waktu sekitar 4 jam lebih.

Setelah mencapai Kabupaten Bulukumba, pengunjung hanya perlu mengikuti jalan utamanya. Sekitar 45 menit perjalanan, pengunjung akan menemui papan penunjuk arah. Ikuti petunjuk tersebut hingga mencapai lokasi wisata. Saat berlibur, penting untuk tetap waspada karena kondisi jalan menuju lokasi wisata mungkin tidak selalu mulus.

Harga Tiket Masuk Pantai Mandala Ria

Jika Anda berasal dari luar kota, tentu ingin mencari tempat penginapan ketika berkunjung ke Pantai Mandala Ria, bukan? Disarankan untuk tiba di pagi hari karena kondisi jalan cenderung sempit dan minim penerangan saat malam hari.

Bagi yang ingin memasuki kawasan wisata pantai di Bonto Bahari ini, akan dikenakan biaya tiket sebesar 5 ribu rupiah. Sedangkan untuk camping, biaya yang dikeluarkan sebesar 10 ribu rupiah. Pantai ini tetap buka setiap hari, bahkan selama 24 jam.

Aktivitas yang Seru di Pantai Mandala Ria

1. Bersantai

Tersedia beragam kegiatan menarik bagi pengunjung wisata yang berkunjung ke Pantai Mandala Ria. Salah satu kegiatan yang sangat disarankan adalah bersantai. Bagi banyak orang, suasana yang nyaman dan tenang sangatlah berharga dan tidak selalu dapat ditemui setiap hari.

Oleh karena itu, menghabiskan waktu santai di pantai ini adalah pilihan yang tepat untuk menyegarkan hati dan pikiran. Jangan lupa untuk membawa camilan dan kopi agar menambah kenikmatan saat menikmati kegiatan ini. Menikmati keindahan panorama pantai sendirian akan membantu Anda kembali dengan energi yang baru.

2. Bermain Air

Selanjutnya, para pengunjung wisata juga dapat menikmati aktivitas kedua, yaitu bermain air. Ini adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Jika Anda ingin bermain air, Pantai Mandala Ria adalah pilihan yang tepat. Pantai ini menyajikan pengalaman alami yang dapat membuat kelelahan dan kepenatan pengunjung segera hilang.

Anda dapat menikmati bermain air laut di tempat wisata ini. Bermain air di pantai memberikan sensasi yang berbeda, jadi penting untuk tidak hanya duduk-duduk saja. Pastikan untuk merasakan dinginnya air laut di pantai favorit ini, bukan hanya dengan kaki Anda saja.

3. Berfoto

Aktivitas ketiga bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Mandala Ria adalah berfoto. Saat berlibur, pengalaman tak lengkap tanpa mengabadikan momen melalui foto atau gambar. Lingkungan sekitar pantai juga layak untuk diabadikan.

Pengelola yang memahami kebutuhan pengunjung telah menyediakan berbagai fasilitas untuk meningkatkan keindahan hasil foto, seperti ayunan yang terdapat di tepi pantai. Sambil menikmati ayunan, ajaklah teman atau anggota keluarga untuk mengabadikan momen tersebut melalui potret.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Ada banyak fasilitas yang akan ditemui oleh pengunjung wisata saat berkunjung ke Pantai Mandala Ria. Fasilitas pertama adalah gazebo, yang tersedia dalam jumlah yang cukup banyak dan berjejer di sepanjang pantai. Gazebo ini berfungsi sebagai tempat bersantai dan istirahat bagi para wisatawan yang datang dan berlibur ke pantai ini.

Selain gazebo, pengunjung juga akan menemukan fasilitas lain seperti kedai makanan dan minuman. Jadi, selama berlibur di sini, tidak perlu khawatir akan kelaparan atau kehausan. Terdapat banyak pilihan menu yang dapat dinikmati oleh pengunjung wisata saat berada di pantai yang populer ini.

Pengelola juga telah menyiapkan spot foto yang tersedia bagi pengunjung wisata, seperti ayunan kayu yang terletak di tepi pantai. Ini merupakan kesempatan bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen mereka. Selain itu, tersedia pula area parkir bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi.

Pantai Mandala Ria menjadi salah satu objek wisata yang menarik banyak wisatawan untuk datang dan menjelajah. Terutama bagi mereka yang mencari kedamaian dan ketenangan, tempat ini adalah pilihan yang sempurna. Kombinasi panorama alam yang memukau dan atmosfer yang alami menjadikan pantai di Sulsel ini layak masuk dalam daftar destinasi wisata yang akan dikunjungi.

Ikuti tulisan menarik Sulistiawati lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Establishment

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 10 April 2024 09:18 WIB

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terpopuler

Establishment

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 10 April 2024 09:18 WIB

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB