x

Iklan

Nengsih

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Februari 2024

Rabu, 28 Februari 2024 17:58 WIB

Perbedaan dan Keunggulan Jack Ethernet dan Phone dalam Koneksi Internet

Koneksi Ethernet adalah salah satu pilihan paling populer di kalangan para pengguna internet karena kelebihannya jika dibandingkan internet nirkabel umumnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seperti yang dilansir indobet88, Koneksi Ethernet adalah salah satu pilihan paling populer di kalangan para pengguna internet karena kelebihannya jika dibandingkan internet nirkabel umumnya. Hampir semua perangkat yang terhubung ke internet yang memiliki jack Ethernet ini, yang memungkinkan koneksi internet berkecepatan tinggi. 

Namun, Anda dapat menemukan jack lain pada perangkat ini yang terlihat mirip dengan jack Ethernet, sehingga membingungkan. Salah satu jack ini adalah phone jack yang mungkin ditemukan di modem, router, atau panel dinding ini. Artikel ini membantu Anda membedakan phone jack dari port Ethernet.

Perbedaan Antara Ethernet dan Phone Jack

Keduanya berbentuk persegi panjang, dengan beberapa pin ini bersentuhan dengan pin yang sesuai di kepala kabel dan membuat sambungan ini. Jack Ethernet ini lebih besar dan lebar daripada phone jack. Anda dapat menghitung jumlah pin di dalam jack untuk menentukan jenisnya. Soket Ethernet memiliki delapan pin, sedangkan phone jack memiliki empat atau enam pin. Karena phone jack lebih kecil dari port Ethernet, maka Anda tidak dapat menyambungkan kabel Ethernet ke phone jack karena tidak muat. 

Dimana Anda Dapat Menemukan Jack Ethernet?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Siapa pun yang menggunakan internet telah pastinya melihat port Ethernet di perangkat yang berbeda pada sebelumnya. Selain itu, Anda juga masih dapat melihat port ini di beberapa perangkat berikut ini:

- Laptop dan komputer desktop.

- Konsol.

- Modem dan router.

- Sakelar Ethernet.

- Perluasan jangkauan Wi-Fi,

- Titik Akses Nirkabel.

- Printer.

- Kamera CCTV.

- Server.

- Smart TV.

- Konverter media.

- Perangkat streaming.

- Mesin fax dan masih banyak lagi.

Ada banyak dari perangkat ini tidak memiliki phone jack, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi salah pada saat memasang jack ini. Komputer juga memiliki kartu Ethernet pada motherboardnya, yang berfungsi sebagai adaptor jaringan internal. Jack terhubung ke kartu Ethernet pada motherboard, memungkinkan koneksi kabel saat Anda mencolokkan kabel Ethernet. Segera setelah Anda mencolokkan kabel kedalam jack Ethernet ini, perangkat ini akan mengkonfigurasi dirinya sendiri untuk menggunakan koneksi kabel.

Selain itu, Anda juga tidak akan bisa menemukan jack Ethernet di MacBook Air, namun jack yang satu ini memungkinkan Anda mengatur koneksi kabel melalui dongle Ethernet yang terpasang ke port USB Mac. Port Ethernet juga memiliki kecepatan yang berbeda-beda, antara lain 10 Mbps, 100 Mbps, 1.000 Mbps, dan 10 Gbps. Anda juga dapat menemukan port Ethernet di dinding rumah baru. Mereka menjalankan kabel secara internal untuk mencapai kotak yang menampung sebuah router ataupun switch Ethernet.

Stopkontak yang satu ini memungkinkan untuk menghasilkan kecepatan internet yang jauh lebih tinggi dan gangguan sinyal jauh lebih rendah dari sebelumnya. Terlepas dari semua kelebihan konektivitas Ethernet, konektivitas ini juga memiliki kelemahan yang lebih signifikan. Jack Ethernet dapat mengalami kegagalan karena keausan. Anda dapat mematahkan soketnya jika tidak berhati-hati saat mencolokkan kabel Ethernet. Dalam kasus seperti itu, maka Anda harus mengganti jack atau seluruh motherboard ini. 

Itu sebabnya Anda dapat menemukan beberapa port Ethernet pada satu motherboard, masing-masing juga memiliki kecepatan transfer berbeda. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir tentang masalah kompatibilitas dan dapat menghubungkan banyak perangkat ke komputer Anda dengan kecepatan yang berbeda. Selain itu, jika salah satu port gagal, maka Anda dapat menggunakan port lain. Fitur ini penting karena Anda tidak dapat terhubung ke internet jika Anda tidak memiliki jack Ethernet yang berfungsi ini.

Bagaimana Cara Kerja Ethernet?

Saat menghubungkan perangkat ke internet, Anda dapat menggunakan koneksi kabel atau nirkabel ini tergantung pada preferensi dan kondisi Anda. Namun, jika Anda tidak ingin memindahkan perangkat dan menginginkan koneksi yang lebih stabil, maka kabel Ethernet adalah pilihan yang tepat. Meskipun demikian, kabel dan port Ethernet tidak hanya untuk koneksi internet. Anda dapat menghubungkan beberapa komputer melalui kabel Ethernet untuk membuat dan berbagi data.jaringan area lokal (LAN).

Selain itu, ia menawarkan koneksi dan transfer data yang lebih cepat dan lebih andal, menjadikannya pilihan yang lebih disukai dibandingkan koneksi nirkabel dalam banyak kasus. Meskipun teknologinya sudah berusia lebih dari 50 tahun, teknologi ini masih populer di kalangan para pengguna internet dan jaringanini karena bekerja secara lancar dengan teknologi modern. Anda juga dapat menyambungkan berbagai macam perangkat, termasuk kabel dan nirkabel, router, hub, sakelar, untuk mentransfer data.

Penggunaannya adalah dalam koneksi internet, menghubungkan router atau modem ke perangkat lain. Fleksibilitas dan kemudahan ini telah menjadikannya pilihan yang ada di mana-mana di sebagian besar organisasi, tempat pribadi, dan bahkan dalam aplikasi yang memerlukan penggunaan bandwidth tinggi, seperti streaming video. Itu sebabnya Anda melihat jack Ethernet di banyak perangkat, termasuk laptop dan router ini, dan masih ada banyak bangunan memiliki soket Ethernet yang terpasang di dindingnya.

Demikian ulasan tentang Perbedaan dan Keunggulan Jack Ethernet dan Phone dalam Koneksi Internet, semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Nengsih lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB