x

Iklan

21-Kukoh Fatchu Rahman-001

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Februari 2024

Kamis, 29 Februari 2024 15:23 WIB

Pelatihan Desain Grafis Mahasiswa UMM di SMP Muhammadiya 08, Kota Batu

Pada tahap terakhir, para siswa diberikan kesempatan untuk menerapkan desain-desain mereka dalam proyek kelompok yang dijalankan menggunakan Canva.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PMM kelompok 58 gelombang 9 UMM

Pengabdian kepada masyarakat bukan hanya sebuah kewajiban, tetapi juga menjadi bagian tak terpisahkan dari perkembangan intelektual dan kreativitas para mahasiswa. Di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), kegiatan ini menjadi sebuah agenda wajib yang dilaksanakan oleh semua mahasiswa yang aktif di perguruan tinggi tersebut.

Pada tanggal 19 Januari 2024, kelompok 58 gelombang 9 mahasiswa UMM mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di SMP Muhammadiyah 08 Kota Batu. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pengabdian kepada Masyarakat (PMM) yang diinisiasi oleh UMM, bertujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian UMM dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Anggota kelompok tersebut terdiri dari Kukoh Fatchu Rahman, Hafizh Rafi Ihatra, Farid Fadhillah, Welldan Yogia Hwan Egiyaksa, dan Rendra Pramudya Mahardika, berasal dari program Teknik Informatika dan Fisioterapi UMM. Mereka dibimbing oleh Bapak Ir Denar Regata Akbi, S.Kom., M.Kom. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat kepada masyarakat, tetapi juga menjadi sarana bagi para mahasiswa untuk menyalurkan berbagai kegiatan positif kepada masyarakat. Salah satu fokus kegiatan ini adalah pengembangan kreativitas digital di era teknologi.

Menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat, khususnya dalam bidang desain grafis, penting bagi para pelajar untuk memiliki pemahaman yang baik tentang penggunaan teknologi dalam mendukung kreativitas mereka. Oleh karena itu, para mahasiswa UMM memandang penting untuk memberikan pemahaman kepada siswa SMP Muhammadiyah 08 Kota Batu tentang konsep desain grafis serta memperkenalkan peran teknologi dalam mendukung kreativitas digital.

Pengenalan Konsep Desain Grafis

Sesi pengenalan konsep desain grafis digelar dengan penuh semangat pada hari pertama kegiatan. Siswa-siswa diajak untuk melatih keterampilan mereka dalam menggambar dan mengerjakan proyek-proyek penugasan yang menantang.

Para siswa juga diberikan media kertas untuk mengekspresikan ide-ide kreatif mereka dalam bentuk desain grafis. Hal ini bertujuan untuk memberikan mereka ruang yang lebih luas untuk berkreasi dan mengasah keterampilan mereka dalam menciptakan karya yang bermakna.

Menggambar Desain Kaos

Pada hari-hari berikutnya, para siswa terlibat dalam pembelajaran interaktif tentang konsep dasar desain grafis, evaluasi materi desain grafis tingkat lanjut, dan penerapan pengetahuan mereka dalam proyek nyata, seperti pembuatan desain kaos untuk acara MMB.

Dalam proses ini, teknologi, khususnya platform dan perangkat lunak desain seperti Canva, memainkan peran penting. Para siswa diberi akses yang lebih luas untuk mengekspresikan ide-ide kreatif mereka dan menciptakan karya-karya yang memukau dengan lebih efisien dan efektif.

Penggunaan Media Canva

Pada tahap terakhir, para siswa diberikan kesempatan untuk menerapkan desain-desain mereka dalam proyek kelompok yang dijalankan menggunakan Canva. Bahkan, bagi mereka yang membutuhkan perangkat tambahan, Mahasiswa PMM dengan sukarela meminjamkan perangkat mereka untuk memastikan semua siswa dapat berpartisipasi dengan maksimal.

Dengan demikian, melalui berbagai kegiatan yang terarah dan terencana dengan baik, siswa-siswa SMP Muhammadiyah 08 Kota Batu tidak hanya mendapatkan pemahaman mendalam tentang konsep desain grafis, tetapi juga terlibat secara aktif dalam pengembangan kreativitas dan keterampilan mereka dalam bidang ini.

Ikuti tulisan menarik 21-Kukoh Fatchu Rahman-001 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB