x

Iklan

Dyah Nur Anisah Dyn_anisaah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 Desember 2022

Jumat, 8 Maret 2024 07:39 WIB

Mahasiswa KKN UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Sosialisasi Program Kerja pada Warga Desa Krandengan

Tim kkn KKN mengusulkan program kerja seputar ketahanan pangan, sosialisasi anti-bullying, dan pengolahan limbah plastik menjadi kerajinan tangan. Sedangkan, untuk agenda mingguan kkn meliputi, bimbingan belajar dan pesantren kilat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Paninggaran, (07/03/2024) - Mahasiswa (Kuliah Kerja Nyata) KKN angkatan 58 kelompok 16 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menggelar sosialisasi program kerja yang di laksanakan di Balai Desa Krandegan Kecamatan Paninggaran. Dengan adanya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada masyarakat tentang program kerja yang akan di laksanakan oleh tim KKN selama kurang lebih 45 hari.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Kamis, 7 Maret 2024 dan di hadiri oleh perangkat desa, kader, ibu-ibu (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) PKK, perwakilan masyarakat, dan ipnu-ippnu ranting desa Krandegan.

Sosialisasi program kerja ini sangat penting dikarenakan program kerja menjadi komponen utama bagi tim KKN dalam mencapai salah satu tujuan dari mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat, terdapat program kerja yang dimana program ini telah di susun sedemikian rupa untuk dilaksanakan. Dengan adanya program kerja maka setiap tim KKN dalam melakukan kegiatan tersebut dapat bekerja secara lebih efektif, efisien dan terstruktur

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Program kerja yang telah disepakati akan kami laksanakan berdasarkan observasi yang telah kami lakukan selama 2 Minggu. Program kerja diangkat dengan melihat potensi desa dan permasalahan yang ada di desa tersebut guna pengembangan kemajuan desa.

Pada KKN Reguler angkatan 58 periode ini dari Universitas mengakat tema Bersama Masyarakat Dalam Memberdayakan Potensi Desa Menggapai Kesejahteraan Yang Berkelanjutan. Maka dari itu kami dari tim kkn mengusulkan program kerja, diantaranya adalah, ketahanan pangan, sosialisasi anti bullying, dan pengolahan limbah plastik menjadi kerajinan tangan. Sedangkan, untuk agenda mingguan kkn meliputi, bimbingan belajar dan pesantren kilat

Dari beberapa program kerja yang sudah dipaparkan tersebut memiliki masing-masing tujuan yang berguna untuk kemajuan desa krandegan.

Di kesempatan ini antusias warga Desa Krandegan terhadap program yang akan dilaksanakan sangat besar, hal ini ditunjukkan dengan antusiasme mereka dalam bertanya dan memberikan saran sekaligus informasi terkait program-program yang dapat disinergikan dengan program mahasiswa.

Dengan partisipasi aktif dan dukungan dari berbagai pihak dalam masyarakat Desa Krandegan menjadi modal penting dalam menjalankan program kerja KKN. Kolaborasi antara mahasiswa dan warga dalam mengidentifikasi kebutuhan dan solusi yang sesuai dengan konteks lokal akan memperkuat upaya pembangunan yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi masyarakat desa Krandegan.

Ikuti tulisan menarik Dyah Nur Anisah Dyn_anisaah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu