x

image: Psychology Today

Iklan

Rexzy Febriano Chasan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Desember 2023

Rabu, 20 Maret 2024 12:44 WIB

Melindungi dengan Teknologi Blockchain

Definisi Blockchain, cara kerja, dan kelebihannya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

              Terdapat beberapa cara untuk melindungi suatu data digital, seperti back up, antivirus, tapi pernahkan anda mendengar teknologi untuk memproteksi data digital yang bernama Blockchain? Yuk kita eksplor apa sih Blockchain itu, cara kerjanya, dan manfaat menggunakannya dibandingkan sistem keamanan yang lain.

Blockchain itu apa sih?

               Jika kita ingin tahu cara kerja dari teknologi Blockchain pastinya kita harus tahu definisinya. Menurut Sai Vennam (2019) Blockchain merupakan sebuah rantai dari berbagai blok yang tersusun urut dengan sistem perangkaian dan distribusi secara bersamaan. Dalam bentuk bloknya, Blockchain mempunyai 3 bagian yaitu, Data, Hash, dan Hash dari blok sebelumnya. Data merupakan informasi atau isi yang ada dalam suatu blok tersebut. Hash merupakan kode enkripsi yang dibutuhkan untuk menambah blok. Hash dari blok sebelumnya adalah kode blok sebelumnya yang akan dikaitkan ke blok baru. Intinya Blockchain itu adalah susunan sebuah rantai antara suatu blok yang berisi data dan kode yang saling berkaitan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lalu, cara kerja Blockchain bagaimana?

               Seperti yang kita tahu dalam teknologi ini terdapat suatu blok yang berisikan data yang mempunyai 2 tipe hash atau kode enkripsi. Jika ingin membahkan data yaitu menambahkan data, dalam mengaitkan suatu blok yang berisikan data membutuhkan kesepakatan bersama antara semua pihak, jika semua menyetujui maka bloknya akan dikaitkan dengan hash yang paling terakhir sebelum ditambahkan. Jika salah satu data dalam blok diubah maka hash atau kode tersebut akan berubah, seluruh pihak dapat mengetahui bahwa terdapat data yang diubah karena Hash dari blok setelahnya tidak sama. Sistem Blockchain merupakan sistem keamanan yang bagus dalam menangani perubahan data yang tak dikenal.

Apakah Blockchain mempunyai kelebihan dari sistem keamanan lain?

               Setelah mengerti cara kerjanya, apakah layak menggunakan teknologi Blockchain? Menurut Daniel Field (2015) Blockchain terbukti meningkatkan kepercayaan antara semua pihak dibanding dengan sistem keamanan yang lain. Saya setuju dengan pendapat Daniel Field, seperti cara kerja yang sudah dijelaskan, Blockchain membutuhkan kesepakatan bersama antara semua pihak, maka kepercayaan antar pihakpun juga akan meningkat. Selain meningkatkan kepercayaan, dalam mendeteksi perubahan data, teknologi ini sangat cepat dan sangat mudah untuk dilacak karena adanya kode-kode setiap blok.

Nah bagaimana, sudah mengerti kan teknologi Blockchain itu apa? Dengan menggunakan sistem berantai antara blok dan kode, dapat tercipta sistem keamanan data yang dapat meningkatkan kepercayaan dan lebih efektif dalam melacak perubahan data yang tidak diinginkan.

Ikuti tulisan menarik Rexzy Febriano Chasan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

19 jam lalu

Terkini

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

19 jam lalu