x

Siswa senang mengikuti tadarus

Iklan

Uun Nashikhun

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Maret 2024

Kamis, 21 Maret 2024 13:41 WIB

MTsN 4 Bantul Manfaatkan Bulan Ramadhan untuk Berantas Buta Huruf Arab

Bulan suci Ramadhan adalah momentum yang pas untuk memberantas buta huruf arab. Hal ini tidak disia-siakan oleh MTsN 4 Bantul untuk mendampingi siswanya dalam belajar membaca al-Quran.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bantul (MTsN 4 Bantul) – Siswa MTsN 4 Bantul datang dari berbagai macam latar belakang. Sebagian sudah ada yang bisa membaca al-Qur’an dengan baik dan sebagiannya belum dan bahkan ada beberapa yang baru mengenal huruf hijaiyyah.

Salah satu tujuan orang tua menitipkan anak mereka di MTsN 4 Bantul adalah agar anak-anak bisa mengaji dengan baik. Harapan orang tua disambut baik oleh guru-guru MTsN 4 Bantul khususnya guru agama. Mereka dengan senang membimbing anak-anak agar dapat membaca al-Qur’an dengan baik Ilmu Tajwid-nya dan Makharijul huruf-nya.

Pembimbingan kepada anak sudah berjalan setiap hari. Pada bulan Ramadhan ini menjadi momentum yang tepat untuk memberantas buta huruf di MTsN 4 Bantul. Panitia Ramadhan membuat kegiatan tadarus khusus untuk peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari setelah pelajaran selesai. Durasi yang disediakan adalah 45 menit sebelum pulang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada Kamis (21/3/224) para siswa terlihat di Mushalla sedang serius mengikuti pembimbingan baca al-Qur’an. Dari jumlah siswa sebanyak 720 lebih dibagi sesuai kategori. Bagi siswa yang sudah lancar membaca al-Qur’an, mereka membaca dengan disimak oleh guru. Bagi siswa yang belum lancar, mereka dituntun oleh pendamping. Siswa yang masih berat dalam membaca al-Qur’an, mereka mengaji dengan jilid dan dituntun oleh guru.

Kepala MTsN 4 Bantul Sugeng Muhari mendukung kegiatan tadarus yang di rancang oleh panitia Ramadhan. Semua guru dan pegawai turun bersama-sama untuk mensukseskan pemberantasan buta huruf di madrasah mereka. “Kami meminta bantuan seluruh guru dan pagawai untuk mendampingi anak-anak dalam kegiatan tadarus. Target kami adalah lulusan MTsN 4 Bantul harus bisa membaca al-Qur’an dengan baik,” ujar Sugeng.

“Ramadhan menjadi momentum yang pas untuk belajar al-Qur’an. Sehingga kami bersepakat bahwa siswa harus mengikuti pembimbingan setiap hari sebelum pulang. Siswa harus bisa baca al-Qur’an seperi harapan banyak orang tua,” tutur Kepala MTsN 4 Bantul.

Tidak hanya membaca al-Qur’an, bagi siswa yang sudah lancar didorong untuk menghafalkanya. Sehingga MTsN 4 Bantul memiliki kelas khusus yang diberi nama kelas unggulan Tahfizh. Para siswa juga disiapkan untuk menjadi pendakwah sehingga membaca al-Qur’an dengan baik menjadi syarat wajibnya. (uun)

  

 

Ikuti tulisan menarik Uun Nashikhun lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan