x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Jumat, 29 Maret 2024 12:55 WIB

Ngalap Berkah Ramadan, Sediakan Buka Puasa Anak-anak Taman Bacaan

Hadirkan berkah Ramadan, Bank Sinarmas gelar buka puasa bersama 130 pengguna layanan Taman Bacaan Lentera Pustaka di Bogor, komit mendidik akhlak anak

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Siapapun yang memberi makan kepada orang yang sedang berpuasa, maka mendapat pahala sebesar pahala orang yang berpuasa. Berangkat dari kepedulian sosial dan mengokohkan kegemaran membaca, Bank Sinarmas menggelar buka puasa bersama dan ngabubu-read di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor (28/3/2024). Dihadiri 130 anak pembaca aktif, ibu, dan relawan, acara bukber diawali dengan sholawatan, lalu diikuti tadarusan. Ikut hadir di acara ini Epul Saepuloh dan Carlos dari Bank Sinarmas dan Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka. Bank Sinarmas hadirkan berkah Ramadan di taman bacaan.

Menariknya, hikmah puasa di acara ini disampaikan oleh Danang, anak pembaca aktif kelas V SD sekaligus yatim binaan TBM Lentera Pustaka. Selain memberi tausayah, Danang pun menyajikan “pupuh” puisi lisan tradisional Sunda sebagai pelestarian budaya di kalangan anak-anak. Setelah berdoa bersama dan setelah azan maghrib, buka puasa bersama Bank Sinarmas ditandai dengan menikmati takjil yang tersedia. Setelah itu, tim Bank Sinarmas memberikan nasi box untuk anak-anak dan beberapa orang tua yang hadir.

“Luar biasa, banyak sekali yang hadir di buka puasa bersama Bank Sinarmas kali ini. Inilah sarana silaturahim sekaligus kepedulian sosial kami kepada anak-anak TBM Lenrera Pustaka. Sebagai taman bacaan binaan, Bank Sinarmas senang bisa ikut berkontribusi untuk meningkatkan kegemaran membaca masyarakat di sini,” ujar Epul Saepuloh dari Corporate Secretary Bank Sinarmas dalam sambutannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Atas komitmen terhadap dunia pendidikan dan gerakan literasi, Bank Sinarmas sudah 5 tahun terakhir membina TBM Lentera Pustaka melalui kemitraan CSR koprorasi. Selain optimalisasi rooftop baca, Bank Sinarmas pun memfasilitasi Tabungan SIMPEL (SIMpenan PELajar), menambah 1 unit motor baca keliling “Simobi” dan menjadi sponsor operasional sepanjang tahun 2024 ini. Hal ini sekaligus menegaskan komitmen Bank Sinarmas dalam mendukung aktivitas taman bacaan dan kegemaran membaca Masyarakat.

Apalagi dari tahun ke tahun, jumlah pengguna layanan TBM Lentera Pustaka meingkat terus. Kini mencapai 200 pengguna layanan setiap minggunya, yang beroperasi 6 hari seminggu.  Melalui dukungan ke TBM Lentera Pustaka, Bank Sinarmas membuktikan sebagai salah satu bank swasta nasional yang memiliki komitmen tinggi dalam mengkampanyekan gerakan literasi dan taman bacaan ke masyarakat.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi untuk Bank Sinarmas. Hari ini kita buka puasa bersama dan antusias anak-anak pun luar biasa. Memberi makan orang puasa berpahala sangat besar. Semoga menjadi berkah untuk kemajuan Bank Sinarmas dalam bisnisnya.” kata Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka di Bogor.

Untuk diketahui, sejak berdiri 7 tahun lalu, TBM Lentera Pustaka kini mengelola 15 program literasi yaitu 1) TABA (TAman BAcaan) dengan 130 anak pembaca aktif dari 4 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajaya, Sukajadi), 2) GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) dengan 9 warga belajar, 3) KEPRA (Kelas PRAsekolah) dengan 40 anak usia prasekolah, 4) YABI (YAtim BInaan) dengan 14 anak yatim yang disantuni dan 4 diantaranya dibeasiswai, 5) JOMBI (JOMpo BInaan) dengan 12 jompo usia lanjut, 6) TBM Ramah Difabel dengan 2 anak difabel, 7) KOPERASI LENTERA dengan 28 kaum ibu agar terhindar dari jeratan rentenir dan utang berbunga tinggi, 8) DonBuk (Donasi Buku), 9) RABU (RAjin menaBUng), 10) LITDIG (LITerasi DIGital) untuk mengenalkan cara internet sehat, 11) LITFIN (LITerasi FINansial), 12) LIDAB (LIterasi ADAb),  13) MOBAKE (MOtor BAca KEliling) yang sediakan akses bacaan di 3 kampung, 14) Rooftop Baca, dan 15) Berantas Buta Aksara Al Quran. Di dukung oleh 6 wali baca dan 12 relawan, TBM Lentera Pustaka kini mengoleksi lebih dari 10 ribu buku bacaan.

Menyadari taman bacaan tidka bisa bergerak sendiri, kolaborasi TBM Lentera Pustaka dan Bank Sinarmas menjadi bukti pentingnya partisipasi swasta dalam membangun budaya literasi dan kegemaran membaca anak-anak, apalagi yang berada di wilayah prasejahtera dan masih besarnya angka putus sekolah. Salam literasi #TamanBacaan #BacaBukanMaen #TBMLenteraPustaka #BankSinarmas

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan