x

Alan Brownjohn

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Selasa, 2 April 2024 06:33 WIB

Alan Charles Brownjohn: Penyair, Novelis, dan Kritikus yang Produktif  

Alan Charles Brownjohn, yang meninggal pada usia 92 tahun, adalah seorang penyair, novelis, dan yang produktif. Penerima penghargaan Cholmondeley pada 1979 ini juga menulis novel yang diterima baik dan memenangkan hadiah Authors Club untuk novel pertamanya, The Way You Tell Them (1990).

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Alan Charles Brownjohn, yang meninggal pada usia 92 tahun, adalah seorang penyair, novelis, dan yang produktif. Meskipun terkenal sebagai penyair, penerima penghargaan Cholmondeley pada tahun 1979, ia juga menulis novel yang diterima dengan baik dan memenangkan hadiah Author's Club untuk novel pertamanya, The Way You Tell Them (1990).

Novel yang ditulis Alan Charles Brownjohn berkisah ihwal satir para tokohnya dengan latar sosial dunia komedi standup. - dan dua buku anak-anak, berkolaborasi dalam penulisan naskah, serta bekerja sebagai penulis dan kritikus lepas.

Alan Charles  Brownjohn adalah editor puisi untuk New Statesman dari tahun 1968 hingga 1974. Kemudian menjadi kritikus puisi untuk Sunday Times selama lebih dari 20 tahun. Dia juga seorang juru kampanye yang rajin atas nama puisi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Brownjohn adalah ketua Poetry Society (1982-88) dan bekerja di panel sastra Arts Council. Itu dilakukan dengan memanfaatkan pengalaman dan minatnya terhadap pelayanan publik, yang pertama kali ditunjukkan ketika ia dan istri pertamanya, penyair Shirley Toulson, terpilih sebagai anggota dewan Partai Buruh di Wandsworth, London barat daya, pada tahun 1960-an.

Mengutip dari theguardian.com, dalam karier menulisnya yang panjang, Brownjohn termasuk langka. Dia menghasilkan karya terbaiknya, ketika sudah memasuki usia 70-an. Di antara sederet koleksi yang teramati dengan baik, beragam, dan cepat, “Ludbrooke & Others” (2010) mungkin yang paling berhasil mewakili perpaduan antara kecerdikan emosional, ketegasan, dan pembedahan karakter yang dilakukan dengan jenaka.

Ditulis dalam 13 baris soneta untuk mereka yang tidak beruntung, dalam frasa penyair Peter Reading, kumpulan 60 puisi ini menunjukkan upaya Ludbrooke yang mengalahkan diri sendiri dalam merayu, menggugah, dan membangkitkan rasa empati. Puisi-puisi tersebut bernada antara suasana metropolitan dari puisi Robinson karya Weldon Kees dan Dream Songs yang riuh dan kacau dari John Berryman.

Terlepas dari kemungkinan pengaruh kedua penyair Amerika Utara tersebut, Ludbrooke adalah ramuan khas Inggris: raffish dan sangat peka terhadap perbedaan kelas dan perilaku sopan santun. Rangkaian puisi Ludbrooke berbicara tentang banyak keprihatinan dan kelemahan Brownjohn sendiri. Akan tetapi, diiringi dengan tawa yang terkadang pedih dan semacam pengakuan yang terluka.

 

Akar Ludbrooke dapat ditemukan dalam beberapa karya Brownjohn sebelumnya, terutama proto-Ludbrooke yang dikenal sebagai "Rubah Tua", yang pertama kali muncul dalam puisi beberapa dekade sebelumnya, meskipun dengan sisi yang lebih jahat.

Kehidupan puitis awal Brownjohn sangat erat kaitannya dengan The Group, sebuah lokakarya yang telah lama dijalankan oleh penyair dan guru Philip Hobsbaum. Komunitas ini kerap dihadiri sesama penyair, seperti Peter Redgrove dan Peter Porter yang memiliki gaya yang berbeda, untuk mendiskusikan dan membedah karya baru satu sama lain.

Mereka terutama dipandu oleh semangat pembacaan yang cermat, berdasarkan kritik baru dari guru Hobsbaum di Cambridge, FR Leavis. Kelompok ini memiliki prinsip-prinsip panduan "rasionalisme, demokrasi, dan kemanusiaan".

Selama Brownjohn menjadi anggota, karyanya sangat dipengaruhi oleh Movement, sebuah pengelompokan longgar penyair yang terkait, termasuk Philip Larkin dan Kingsley Amis, yang kemudian menjadi kekuatan yang mendominasi dalam puisi Inggris pada tahun 50-an. Larkin akan tetap menjadi pengaruh yang bertahan lama bagi Brownjohn.

Brownjohn lantas menerbitkan sebuah studi kritis tentang penyair Hull pada tahun 1975. Ia belajar banyak tentang bentuk, sikap diam, dan komedi yang terkadang tidak disengaja yang dapat ditemukan dalam upaya untuk menavigasi kehidupan di Inggris modern, sekuler, dan kelas menengah.

Brownjohn lahir di Catford, London Tenggara, putra dari pasangan Dorothy (nee Mulligan) dan Charles Brownjohn, dan menempuh pendidikan di sekolah daerah Brockley dan Merton College, Oxford, tempat ia belajar sejarah. Sebagian besar masa kerjanya dihabiskan di bidang pendidikan, sebagai asisten guru di sekolah tata bahasa Beckenham dan Penge dari tahun 1958 hingga 1965; dosen di Battersea College of Education (sekarang London South Bank University); dan dosen puisi, dan kemudian menulis kreatif, di Politeknik London Utara (sekarang London Metropolitan University).

Pengalamannya sebagai seorang guru tercermin dalam puisi-puisinya, terkadang secara langsung sebagai materi pelajaran. Ia juga menunjukkan ketertarikannya pada politik sayap kiri, dan secara aktif terlibat dalam Partai Buruh. Ia terpilih menjadi anggota Dewan Borough Wandsworth Metropolitan pada 1962. Ia menjadi kandidat Partai Buruh untuk Richmond pada pemilihan umum tahun 1964, tetapi tidak memenangkan kursi.

Brownjohn, pada tahun-tahun awalnya, dan membawa jejak sensibilitas biasa-biasa saja dari Gerakan Buruh, menulis puisi dari kehidupan sehari-hari yang tampak biasa. Ia biasanya dalam bait-bait yang tertata rapi, secara teratur menggunakan sajak dan diksi sehari-hari yang suram. Namun, puisi-puisinya lebih tertarik - bahkan sejak awal - daripada puisi-puisi Gerakan pada cita-cita sayap kiri dan ditembus oleh rasa pentingnya melakukan tugas sosial.

"Seperti Larkin, dia telah menghabiskan sebagian besar karirnya untuk merenungkan kontradiksi antara keinginan dan kewajiban,” ujar rekan sastrawannya,  Sean O'Brien.

Dia juga bisa menjadi inovatif secara formal, bermain dengan bentuk-bentuk pidato, lagu, dan balada yang dilaporkan dan teknik-teknik yang lebih postmodern seperti catatan kaki dan bentuk-bentuk komentar yang sadar akan diri sendiri. Dia memiliki mata yang tajam dan terlatih dalam kehidupan kerja, ekosistem kantor, yang ditampilkan dengan sangat baik dalam salah satu puisinya yang luar biasa di tahun 60-an, Office Party. Dalam lariknya puisi tersebut ia menulis

"gadis dengan cicitan / Datang melintas" dan narator yang diabaikan dengan kejam diakhiri dengan nada keputusasaan yang masam: "aku tak pernah begitu mendambakan / ada rasa kurang ajar merasuk//.

Brownjohn terbukti mahir dalam menulis urutan narasi jauh sebelum perjuangan Ludbrooke, dengan sorotan lain termasuk The Automatic Days, dari The Observation Car (1990). Perebutan kekuasaan dan desak-mendesak mendapatkan giliran kerja dari para pegawai di sebuah toko serba ada menjadi pusat perhatian, serta Sea Pictures dari buku yang sama, dengan 40 lirik bergaya snapshot yang membangun atmosfer, tampilan bernuansa sepia pada ingatan dan pelarian.

Kehidupan Brownjohn, dalam banyak hal, merupakan versi teladan dari tokoh sastra kontemporer - seorang pengurus yang patuh dan pejuang bagi para penulis lain, yang melihat ke Eropa dan dunia sastra yang lebih luas untuk mendapatkan inspirasi dan menyoroti tokoh-tokoh yang terabaikan, serta menjelajahi berbagai bentuk seni sebagai bahan.

Ketika diminta untuk menyebutkan kutipan puisi favoritnya untuk mengiringi rekaman yang dibuat untuk Poetry Archive, Brownjohn mencatat,  "puisi adalah yang utama".

Bagi Brownjohn, terlepas dari berbagai kewajiban lain yang dilakukannya dengan penuh semangat dan tindakan pengabdian yang tekun, puisi adalah - dan tetap menjadi jantung dari semuanya, sebagai cara untuk meneliti dan mendokumentasikan Inggris pascaperang serta kehidupan intelektual dan emosionalnya. ***

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB