x

Desain kios yang menarik di sudut kota

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Rabu, 17 April 2024 07:57 WIB

Milan Design Week Dibuka dengan Acara dan Pameran di Salone del Mobile dan di Seluruh Kota

Saat “Milan Design Week” dimulai, kota Italia ini berubah menjadi tempat perayaan desain global terbesar.Jalanan dan banyak tempat penuh acara budaya, pameran, instalasi berskala besar, diskusi, dan konferensi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di Rho Fiera, edisi ke-62 dari Salone del Mobile Milano mempertemukan para desainer, arsitek, produser, dan tokoh-tokoh terkemuka di dunia desain, dengan lebih dari 1950 peserta pameran yang akan tetap dibuka selama 6 hari ke depan. Selain itu, di seluruh kota, Fuorisalone membuka lokasi di seluruh kota dengan program budaya yang menarik dan beragam.

Untuk edisi Salone del Mobile kali ini, program ini mencakup pameran terfokus seperti EuroCucina bersama dengan lebih dari 1900 peserta pameran. Pameran ini berfokus pada keramahan, kesejahteraan, dan keberlanjutan, dengan menampilkan instalasi yang imersif seperti "Ruang Berpikir" karya David Lynch.

Tata letaknya memprioritaskan rute yang berpusat pada manusia, mengintegrasikan ilmu saraf untuk meningkatkan pengalaman pengunjung. Instalasi karya Formafantasma dan lainnya memancing refleksi, sementara ceramah yang dikuratori oleh Annalisa Rosso menampilkan tokoh-tokoh ternama seperti Francis Kéré dan Jeanne Gang, yang membahas kecerdasan buatan dan desain perhotelan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lokasi-lokasi penting seperti DropCity, Porta Venezia Design District, dan Alcova menawarkan platform untuk eksplorasi desain alternatif, diskusi keberlanjutan, dan pameran kerajinan kontemporer. Brera Design Week mengubah lingkungan bersejarah ini menjadi pusat pameran dan instalasi yang beragam, sementara Isola Design Festival menantang para desainer untuk mengatasi isu-isu global melalui kolaborasi dan inovasi. Università degli Studi di Milano juga membuka halamannya untuk pameran, termasuk instalasi dari MAD Architects dan Kengo Kuma & Associates.

Selain tempat-tempat yang sudah mapan, ruang-ruang yang tidak konvensional di seluruh Milano menjadi tuan rumah pameran dan instalasi, memperluas keterlibatan publik dengan desain. Triennale Milano menampilkan retrospeksi dan instalasi, sementara Prada Frames Symposium mengeksplorasi interaksi antara desain dan lingkungan.

Maria Cristina Florian dalam archdaily.com mengemukakan, intervensi penting termasuk instalasi oleh Diébédo Francis Kéré dan Google Design Studio, di antaranya. Di seluruh kota, instalasi dari Grohe SPA dan seniman terkenal JR mengubah landmark bersejarah, menampilkan perpaduan desain dengan ruang publik.

Saat Milan Design Week 2024 dibuka, acara ini menawarkan konvergensi kreativitas dan inovasi yang dinamis. Mulai dari Salone del Mobile yang luas hingga tempat-tempat yang sudah mapan dan permata tersembunyi di seluruh kota, acara ini memberikan kesempatan bagi para arsitek untuk mengeksplorasi beragam suara dan dialog interdisipliner. ***

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler