x

Iklan

Heldi Prasetya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Maret 2022

Senin, 20 Mei 2024 14:52 WIB

LKPD Interaktif Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran IPS

Kegiatan pembelajaran yang menyesuaikan minat belajar siswa dapat merangsang semangat siswa untuk memperhatikan proses pembelajaran salah satunya dengan memberikan Lembar Kerja Siswa (LKPD) yang inovatif dan tetap mengedepankan pemikiran yang kritis.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kegiatan belajar mengajar di lembaga pendidikan dari jenjang SD, SMP, hingga SMA, perlu memperhatikan minat siswa dalam pelaksanaanya. Perhatian guru terhadap minat siswa dalam proses pembelajaran sangat mempengaruhi suasana kelas yang mana suasana kelas ini dapat menciptakan motivasi belajar siswa dan meningkatkan semangat siswa dalam menunutu ilmu.

Begitu  juga sebaliknya apabila suasana kelas kondusif dan baik untuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar maka guru juga akan lebih mudah dalam mengajar peserta didik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

LKPD interaktif_Kelas 9F SMP Negeri 12 Purworejo

Menciptakan suasana kelas selain dengan berbagai metode dan model pembelajaran bisa juga dengan pemberian LKPD atau Lembar Kerja Peserta Didik yang interaktif bukan hanya soal pilihan ganda maupun soal essay yang membosankan bagi siswa. Perlunya kreatifitas guru dalam membuat LKPD interaktif yang sesuai dengan minat siswa namun pembuatanya tetap berlandaskan materi yang akan diajarkan kepada siswa. 

Seperti yang dilakukan siswa-siswi kelas 9F SMP Negeri 12 Purworejo saat pembelajaran IPS dimana guru IPS memberikan LKPD interaktif yang tidak biasa bagi siswa, dimana LKPD berisikan peta lokasi kilang minyak yang ada di Indonesia. Selain itu siswa disajikan gambar batik dan harus bisa mencari dari mana asal daerah batik tersebut dengan melihat motifnya.

LKPD interaktif ini pelaksanaanya lebih baik dilakasanakan secara berkelompok untuk menanamkan nilai gotong royong dan kerja sama selain itu juga untuk mengasah siswa dalam berpendapat dan berfikir kritis.

 

Ikuti tulisan menarik Heldi Prasetya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler