x

Iklan

Heldi Prasetya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Maret 2022

Kamis, 23 Mei 2024 19:08 WIB

Seni Mendidik dan Transformasi Guru Sebagai Seniman Pendidikan di Era Digitalisasi

Pembelajaran yang baik adalah yang bisa menciptakan suasana kelas menyenangkan, sehingga murid tidak merasa tertekan. Ini memang menyangkut seni mendidik dengan snag guru sebagai senimannya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Era digital yang menerjang semua sektor kehidupan, begitu juga dengan sektor pendidikan yang tak luput dengan terjangan badai digitalisasi, membuat semua yang terlibat dalam sektor pendidikan harus bisa beradaptasi dengan adanya perubahan yang ada. Terutama seorang guru yang peranya sangat krusial dalam dunia pendidikan, sangat disarankan untuk beradaptasi setiap zamanya untuk bisa mengikuti bagaimana cara mengajar yang baik dan benar sesuai dengan perkembangan yang ada. Hal ini dikarenakan setiap zaman terdapat generasi penerus bangsa yang memiliki karkateristik yang berbeda-beda pula.

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru untuk melaksanakan transfer ilmu kepada peserta didik juga perlu dimodifikasi dari pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran kontekstual yang berbasi teknologi digital. Hal ini perlu dilakukan supaya siswa-siswi yang berada di era digital mau dan minat untuk belajar, karena kita tahu kenyataan yang ada di lapangan banyak anak zaman sekarang mulai dari yang masih bersekolah di TK, SD, bahkan SMP sudah pandai dalam mengoperasikan teknologi seperti gadget dan smartphone dalam kehidupan sehari-harinya.

Modifikasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dapat disebut juga seni dalam mendidik siswa, seni ini bukan berarti guru menciptakan seni berupa gambar, tulisan, dan sebagainya, namun seni yang dimaksud adalah seni dalam menciptakan suasana pembelajaran baik berupa media pembelajaran, strategi pembelajaran, model pembelajaran, dan lain sebagainya yang masih berhubungan dengan kegiatan pembelajan. Sehingga apabila guru dapat menciptakan suatu seni dalam pembelajaran yang dapat menarik minat dan meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dengan sendirinya dan bukan dari paksaan ataupun perintah orang lain.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dapat dipastikan bahwa seni yang diciptakan seorang guru memiliki daya tarik bagi siswa tersebut. Seperti seniman yang menggelar karyanya di pameran, dari berbagai banyak seni yang ditampilkan pasti ada beberapa karya yang sangat mencolok dan dapat menarik orang-orang untuk melihat dan memahami makna yang terkandung dalam seni yang dipamerkan tersebut.

Maka dari itu pentingnya perubahan yang dilakukan oleh guru di era digital ini, selain menjadi tenaga pendidik guru juga harus bisa menjadi orang yang kreatif dan inovatif atau dapat disebut seniman pendidikan dalam pembelajaran. Dikarenakan meningkatnya kualitas pendidikan dan kualitas peserta didik juga berawal dari seorang seniman pembelajaran yaitu guru.

Ikuti tulisan menarik Heldi Prasetya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler