Analisis Media Daring Instagram dan Facebook
Rabu, 26 Februari 2025 14:39 WIB
***
analisis sederhana mengenai dua media sosial favorit, Instagram dan Facebook, dalam berbagai aspek:
1. Pengguna dan Demografi
Instagram : Mayoritas pengguna adalah generasi muda Milenial dan gen Z dengan dominasi usia 18-35 tahun populer dikalangan kreator, influencer dan bisnis yang mengandalkan visual.
Facebook: Memiliki basis pengguna yang lebih luas dan beragam, termasuk orang dewasa dan lansia. Banyak digunakan untuk komunitas, bisnis, dan komunikasi keluarga.
2. Jenis konten
Instagram : berfokus pada konten visual seperti foto video pendek (reels) dan stories. Algoritma lebih mendukung interaksi tinggi pada konten kreatif.
Facebook : Lebih fleksibel dengan post teks, foto, video panjang, artikel, dan grup komunitas. Berfungsi sebagai platform diskusi dan berbagi informasi.
3. Kelebihan & Kelemahan antara Instagram dan Facebook
Kelebihan Instagram: tampilan visualnya menarik cocok untuk brand dan influecer kelemahannya : algoritma sering berubah
Kelebihan Facebook: jangkauan luas, banyak fitur komunikasi (grup, marketplace). Kelemahannya : Cenderung lebih lambat
Instagram lebih cocok untuk brand, influencer, fashion, makanan dan travel sedangkan Facebook unggul dalam hal komunitas, bisnis, dan pemasaran berbasis diskusi
Kedua platform bisa saling melengkapi tergantung tujuan penggunaannya mana yang lebih sering mamu pakai?
*) Tugas mata kuliah Komunikasi Digital dengan dosen pengampu Rachma Tri Widuri, S.Sos.,M.Si.

Penulis Indonesiana
0 Pengikut

Data Never Sleeps
Rabu, 24 September 2025 10:38 WIB
Ikhtiar TVOne Menghadapai Disrupsi Teknologi
Senin, 17 Maret 2025 09:07 WIBBaca Juga
Artikel Terpopuler