Ikhtiar yang Dilakukan Media Massa untuk Bertahan 

Minggu, 16 Maret 2025 19:35 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content
Wartawan Sedang Bekerja
Iklan

BBC yang  telah melakukan transformasi digital dengan menghadirkan versi online. Hal ini memungkinkan mereka menjangkau audiens yang lebih luas

***

1. Transformasi Digital 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mengambil contoh dari perusahaan media luar negri yauitu BBC yang  telah melakukan transformasi digital dengan menghadirkan versi online. Hal ini memungkinkan mereka menjangkau audiens yang lebih luas tanpa terbatas oleh distribusi fisik koran. Langkah-langkah yang mereka lakukan meliputi: 

  • Mengembangkan platform digital dan aplikasi berita. 

  • Menyediakan konten berbasis multimedia (teks, video, podcast, infografis). 

  • Menerapkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk personalisasi berita. 

2. Disverkasi Model Bisnis 

Untuk mengatasi penurunan pendapatan dari iklan cetak, media massa mengembangkan berbagai sumber pendapatan lain seperti: 

  • Sistem Berlangganan (Paywall): Menghadirkan konten premium berbayar seperti Kompas.id

  • Pendapatan dari Iklan Digital: Memanfaatkan programmatic advertising dan kerja sama dengan platform seperti Google Ads. 

  • Penyelenggaraan Event & Konferensi: Mengadakan seminar, diskusi publik, dan pelatihan yang berbasis industri media. 

 
3. Peningkatan Kualitas Konten 

Di tengah maraknya informasi di media sosial, media konvensional tetap menjaga kredibilitasnya dengan: 

  • Menyajikan berita berbasis fakta dan riset yang mendalam. 

  • Menerapkan standar jurnalisme yang ketat. 

  • Melakukan verifikasi informasi untuk menangkal berita hoaks. 

4. Optimalisasi Media Sosial dan SEO 

Agar tetap relevan, perusahaan media memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan YouTube untuk menjangkau audiens muda. Selain itu, mereka mengoptimalkan SEO agar berita mereka lebih mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google. 

5. Kolaborasi dengan Teknologi dan Start-up 

Media besar bekerja sama dengan perusahaan teknologi untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Contohnya, kerja sama dalam penyediaan berita berbasis AI, penggunaan data analytics untuk memahami audiens, serta eksperimen dengan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dalam penyajian berita. 

 
3. Peningkatan Kualitas Konten 

Di tengah maraknya informasi di media sosial, media konvensional tetap menjaga kredibilitasnya dengan: 

  • Menyajikan berita berbasis fakta dan riset yang mendalam. 

  • Menerapkan standar jurnalisme yang ketat. 

  • Melakukan verifikasi informasi untuk menangkal berita hoaks. 

4. Optimalisasi Media Sosial dan SEO 

Agar tetap relevan, perusahaan media memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan YouTube untuk menjangkau audiens muda. Selain itu, mereka mengoptimalkan SEO agar berita mereka lebih mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google. 

5. Kolaborasi dengan Teknologi dan Start-up 

Media besar bekerja sama dengan perusahaan teknologi untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Contohnya, kerja sama dalam penyediaan berita berbasis AI, penggunaan data analytics untuk memahami audiens, serta eksperimen dengan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dalam penyajian berita. 

*) Artikel ini tugas dari Mata Kuliah Komunikasi Digital di Politeknik Tempo, dengan dosen pengampu Rachma Tri Widuri, S.Sos.,M.Si.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Muhamad Zano

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler