Blogger yang berumah maya di www.mugniar.com
UKM Melakukan Rangkaian Solusi Digital dan Efisien Biaya
Jumat, 11 Juli 2025 18:30 WIB
Saatnya UKM bertransformasi cepat dengan solusi digital efisien dengan harga terjangkau
Lelaki tua berwajah oriental itu kelihatan tak senang ketika suami saya ingin mentransfer uang pembelian spare part untuk kebutuhan mesin percetakan ke rekening miliknya. “Biasanya yang transfer itu kalau di atas seratus ribu rupiah. Kalau di bawah itu, cash saja,” ujar lelaki berambut putih itu sembari berlalu.
Untungnya uang cash yang saya bawa bisa menambahkan uang cash yang dibawa suami saya saat itu. “Nanti saya ganti,” ucap pak suami kepadaku. Suami memberikan uang kontan kepada lelaki berwajah oriental itu. Seketika air muka lelaki itu berubah. Dia terlihat lebih ramah. Kemudian terjadi percakapan yang akrab antara suami dan lelaki itu, disertai dengan candaan khas bapak-bapak.
Sebenarnya sayang juga ya, toko itu tak memudahkan konsumennya dalam moda pembayaran. Toko sekarang kan biasanya mengikuti kemauan konsumen. Kalau bisa, sebanyak mungkin moda pembayaran disediakan untuk memudahkan konsumennya. Seperti petshop di dekat rumah kami itu, bisa kok kami membayar belanjaan makanan kucing seharga dua puluh ribuan rupiah saja dengan menggunakan QRIS.
Berbeda halnya dengan toko yang tergolong konvensional ini. Hanya saja, toko seperti ini langka di kota kami, pelanggannya bahkan scope areanya seprovinsi namun sulit menemukan toko dengan kekhasan dan ketersediaan seperti ini jadinya ya … diikuti saja kemauan si pemilik toko.
Mengapa Akses Terhadap Teknologi Informasi Penting bagi UKM?
Sampai sekarang saya masih menyayangkan moda pembayaran di toko milik lelaki tua berwajah oriental itu karena memiliki akses terhadap teknologi informasi (TI) itu tuh sangat penting untuk UKM karena ini bukan lagi sekadar alat, melainkan KUNCI DAYA SAING dan keberlanjutan usaha. Berikut penjelasan sederhana tentang kebutuhan akan akses terhadap teknologi informasi bagi UKM:
1. Meningkatkan Efisiensi Operasional
Dengan TI, UKM dapat melakukan otomatisasi berbagai fungsi dasar - seperti pencatatan keuangan, manajemen stok, dan proses kasir yang sebelumnya memakan banyak waktu. Hasilnya: lebih sedikit kesalahan, lebih sedikit pekerjaan manual, dan proses bisnis jadi lebih cepat dan hemat.
2. Memperluas Jangkauan Pasar
Teknologi seperti media sosial, marketplace, dan e-commerce membuka akses bagi UKM untuk menjual produk tidak hanya di pasar lokal, tapi juga ke seluruh Indonesia, bahkan mancanegara. Ini memungkinkan UKM meningkatkan penjualan dan membangun brand lebih luas dengan biaya yang lebih rendah.
3. Data dan Analitik untuk Pengambilan Keputusan
Platform TI memungkinkan UKM mengumpulkan data, baik soal penjualan, pelanggan, maupun tren pasar yang bisa dianalisis untuk mengetahui produk mana yang laris, kapan momen terbaik promosi, atau bagaimana mengoptimalkan stok[1].
4. Transaksi Cepat dan Aman
Pembayaran digital seperti QRIS, e-wallet, dan transfer memudahkan transaksi sehari‑hari, lebih cepat, dan memberikan catatan otomatis. Ini meningkatkan kepercayaan pelanggan dan memudahkan pengelolaan keuangan usaha[2].
5. Mendukung Inovasi dan Produktivitas
Teknologi seperti cloud computing dan AI sederhana (misalnya chatbot untuk customer service atau rekomendasi produk) dapat meningkatkan produktivitas hingga 27 hingga 133 persen[3]. AI juga dapat membantu tugas rutin seperti marketing otomatis dan penjadwalan.
6. Akses ke Pembiayaan dan Kerjasama
UKM yang menggunakan TI dan memiliki data lengkap lebih dipercaya oleh bank, investor, dan mitra usaha—karena mereka terlihat lebih profesional, transparan, dan mudah diaudit[4].
Well, akses terhadap TI adalah fondasi penting bagi UKM di era digital. Dengan mengadopsinya, mereka dapat menjadi lebih efisien, inovatif, dan luas jangkauannya dalam menjawab tantangan global dan memanfaatkan peluang pasar yang lebih besar.
Tujuan Pemanfaatan TI bagi UKM
Sebelumnya sudah saya bahas secara umum tentang pentingnya akses teknologi informasi bagi UKM. Penggunaan Ti bagi UKM tentunya berbeda dengan penggunaan rumahan. UKM cocoknya menggunakan Indibiz yang diprakarsai oleh Telkom Group untuk pemanfaatan berikut ini:
1. Koneksi Internet dan Jaringan (HSI B2B / Astinet)
Internet cepat dan stabil serta paket unlimited tanpa FUP atau paket unlimited dengan FUP[5] dari koneksi internet dan jaringan (HSI B2B / Astinet) ini digunakan untuk:
Mendukung transaksi online seperti ecommerce, kasir digital, CCTV dan layanan streaming.
Menghindari gangguan saat transaksi penting-misalnya saat promo atau Belanja Online Nasional-karena koneksi tetap lancar.
Peningkatan kepercayaan pelanggan karena OTENTIK koneksi cepat dan stabil.
Menariknya nih, sedang ada promo eksklusif HUT Telkom ke 60 saat ini. Tersedia beberapa paket pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Dibanderol dengan harga mulai 300 ribuan rupiah untuk kecepatan 50 Mbps hingga 1 jutaan rupiah untuk kecepatan 300 Mbps[6].
2. Sistem Operasional dan Manajemen
Sistem operasional dan manajemen dari Indibiz berfokus pada bertumbuh tanpa pusing soal pengelolaan stok, notifikasi transaksi, dan pencatatan keuangan. Memudahkan akses cepat ke data usaha harian, mingguan, atau bulanan - praktik analitik kecil untuk optimasi usaha.
Indibiz menyediakan akses ke berbagai solusi digital modular seperti POS, manajemen inventori, hingga sistem sekolah yang disediakan mulai dari 40 ribu rupiah per bulan[7]. By the way, jika baru akan berlangganan, ada kesempatan besar mendapatkan potongan biaya pasang baru hingga 70% dan sudah mendapatkan perangkat seperti optical network terminal (ONT) resmi dari Indibiz, lho[8]!
3. Komunikasi dan Promosi (OCA dan Message Blast)
Komunikasi dan promosi dengan menggunakan internet tepat bagi UKM bermanfaat untuk memperoleh jangkauan promosi ke pelanggan tetap dan calon pelanggan yang lebih tepat sasaran. Selain itu, penyampaian informasi penting seperti promo diskon, reminder pembayaran, atau informasi stok juga bisa disampaikan dengan cepat.
Untuk hal ini, Indibiz menyediakan platform komunikasi terpadu, termasuk WhatsApp, SMS, email yang terintegrasi dalam satu dashboard. Fitur Message Blast untuk promosi massal pun mudah, cepat, dan profesional penggunaannya, mulai dari puluhan ribu rupiah per bulan saja, lho[9].
4. Pelatihan dan Pengembangan
Pelatihan dan pengembangan dibutuhkan untuk meningkatkan kompetensi digital pemilik usaha dan karyawan. Selain itu juga dibutuhkan untuk memperkuat kemampuan memanfaatkan teknologi untuk pengembangan usaha.
Untuk hal ini, Indibiz pernah menyediakan paket bundling seperti RAFI Pijar Mahir yang menyediakan pelatihan terkait pemasaran digital dan pengembangan usaha online, termasuk koneksi dan aplikasi[10].
Kabar baiknya, saat ini ada promo eksklusif dari Indibiz berlaku hingga 31 Juli 2025 lho. Tersedia “promo eksklusif” produk solusi digital, untuk memudahkan proses bisnis pelanggan B2B. Salah satu produk solusi digital tersebut adalah Pijar yang juga digunakan untuk digitalisasi proses belajar mengajar di sekolah dan universitas.
5. Internet dan Layanan Tambahan
Indibiz menyediakan pengelolaan jaringan WiFi ramah-pengguna, pemantauan lalu lintas internet, dan monetisasi jaringan melalui voucher. Bentuknya adalah Wifi Managed Service dengan dashboard monitoring penggunaan dan fitur voucher management. Juga ada layanan WiFi untuk lingkungan toko atau kantor untuk meningkatkan pengalaman pelanggan[11].
Indibiz Paket Basic dan solusi digital dari Indibiz merupakan pilihan tepat bagi para UKM yang menginginkan percepatan yang signifikan dalam era digital ini. Promo HSI Bisnis Basic yang diberikan merupakan bentuk kontribusi nyata Telkom Indonesia untuk membantu transformasi digital pelaku usaha di Indonesia, khususnya pelaku SME yang tersebar di seluruh daerah.
***
Sudah saatnya memanfaatkan koneksi cepat dan stabil khusus untuk bisnis yang telah hadir dengan harga sangat terjangkau ini. Niscaya solusi digital cerdas untuk usaha tetap produktif dengan harga hemat menjadi milik pelaku UKM yang visioner. Adapun informasi lengkap soal harga bisa dilihat di laman resmi indibiz.co.id.
UKM sebaiknya menggunakan Indibiz sebagai “all-in-one digital ecosystem”, bukan sekadar internet. Koneksi kuat dari modul HSI/Hight Speed memastikan operasional berjalan, platform operasional dan promosi mendukung efisiensi dan penjualan, sementara pelatihan membangun kapabilitas digital kesemuanya dibungkus paket terjangkau. Dengan begitu, UKM bisa lebih fokus pada pengembangan produk dan layanan, sementara Indibiz mendukung teknologi yang efektif, aman, dan profesional.
[1] https://umkm.ac.id/umkm-digital-manfaat-digitalisasi-bagi-bisnis-kecil/
[2] Idem
[3] https://www.thetimes.co.uk/article/small-companies-are-using-ai-to-improve-efficiency-enterprise-network-jhvssm2zm
[4] Idem
[5] https://indibiz.co.id/article/indibiz-sediakan-solusi-digitalisasi-bisnis-dunia-usaha-1
[6] https://indibiz.co.id/flash/promoHUTtelkom
[7] https://indibiz.co.id/article/indibiz-sediakan-solusi-digitalisasi-bisnis-dunia-usaha-1
[8] https://indibiz.co.id/flash/promoHUTtelkom
[9] https://inet.detik.com/telecommunication/d-7685839/mengenal-hsi-unlimited-paket-internet-indibiz-buat-ukm
[10] https://www.liputan6.com/islami/read/5560335/telkom-tebar-promo-berlangganan-indibiz-untuk-100-ukm-di-bulan-ramadan
[11] https://www.indotelko.com/read/1746193942/indibiz-hadirkan-promo-menarik-untuk-transformasi-digital-ukm

Blogger
0 Pengikut

Kenapa Dukungan ICT Jadi Nyawa Baru Bisnis di 2025?
Selasa, 19 Agustus 2025 14:19 WIB
UKM Melakukan Rangkaian Solusi Digital dan Efisien Biaya
Jumat, 11 Juli 2025 18:30 WIBBaca Juga
Artikel Terpopuler