x

Iklan

Djohan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Presiden Gagal Hadiri Peringatan HKSN di Jambi

Jokowi JK gagal menghadiri puncak peringatan Hari Kesetiawakanan Sosial Nasional di Jambi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Puncak peringatan Hari Kesetiawakanan Sosial Nasional (HKSN) yang dilaksanakan Sabtu (20/12) di eks Arena MTQ kota Jambi gagal dihadiri Presiden RI. Rangkaian peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di Kota Jambi berlangsung antara 17-20 Desember 2014.

Acara yang bertajuk 'Bersatu untuk Sesama' tersebut dibuka oleh Menteri Sosial Khofifah Indra Para wansa dan dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesi lo, dan  Menteri Pertanahan serta tampak pula Ketua Komisi VIII DPR RI.

Peringatan HKSN itu sedianya dihadiri oleh seluruh gubernur di Indonesia. Namun, karena Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia batal hadir, beberapa gubernur turut pula membatalkan kehadirannya. Di antara yang hadir, tampak Gubernur Sumatra Barat, Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo bersama Kadis Sosial Provinsi Lampung, Satria Alam dan Gubernur Sulawesi Tengah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam acara ini, walikota Jambi Syarif Fasha menerima penghargaan atau tanda kehormatan Satya Lencana Kebaktian Sosial. Penghargaan itu diberikan atas jasanya dalam kegiatan kemanusiaan. Penghargaan lain juga dianugerahkan kepada beberapa pejabat provinsi Jambi, seperti Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar, Ketua tim PKK Provinsi Jambi Yusniana Hasan Basri, Bupati Merangin Al Haris, Bupati Bangko Cek Endra, Bupati Bungo Sudirman Zaini dan Bupati Tanjung Jabung Timur Zumi Zola.

Selain itu, sejumlah kepala daerah lain di Indonesia juga menerima pengharga an tersebut. Tanda Penghargaan itu diserahkan oleh Menteri Koordinator bid ang Kemaritiman Indroyono Soesilo atas nama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Khofifah mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada semua pihak yang ikut pada kegiatan Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS) di empat provinsi.

"Kami mengapresiasi pemda yang dilintasi tim LKBS, media massa, dan mitra terkait dan dunia usaha yang mengimplementasikan rasa bernegara melalui CSR," ungkapnya.

Sebelum kegiatan puncak peringatan HKSN juga dilakukan seminar Kesetiaka wanan Sosial Nasional (KSN), Bulan Bhakti Kesetiakawanan Sosial, Pengusulan penghargaan, Satyalancana kebaktian sosial dan piagam kesetekiawanan sosial, Pembangunan karakter bangsa, Pembentukan Satgas Kesetiakawanan Sosial.

Untuk Membangun kesadaran kolektif tentang nilai kepekaan sosial terhadap sesama dan memperkuat kedaulatan sosial masyarakat, Pemkot Jambi mem bentuk tugas Panitia Daerah HKSN 2014. Membentuk Satuan Tugas (SATGAS) Kesetiakawanan Sosial Nasional di Tingkat Kelurahan sebanyak 62 Satgas (620 orang). Membentuk Komite Kesetiakawanan Sosial Nasion al (KSN) di Tingkat Kecamatan sebanyak 8 Komite (80 orang). Membentuk Komite Kesetiakawanan Sosial Nasional (KSN) di Tingkat Kota sebanyak 1 Komite (35 orang).

Melakukan Pembinaan, Penataan dan Peningkatan Sarana Prasarana Kampung BANTAR  (Bersih, Aman dan Pintar) di Kelurahan Eka Jaya Kecamatan Jambi Sel atan dalam rangka Kunjungan Presiden RI Menyelenggarakan Bulan Bhakti Kes etiakawanan Sosial Tingkat Kota Jambi Tahun 2014. Menyiapkan Sarana Prasa rana Lounching Kampung BANTAR di Rt.14 Kel. Eka Jaya Kec. Jambi Selatan, Kota Jambi.

Menyiapkan Areal Panen Lele oleh Presiden RI di di Rt.14 Kel. Eka Jaya Kecama tan Jambi Selatan–Kota Jambi, Menyiapkan WC umum, Membersihkan Lokasi Puncak Acara HSKN (Eks. Arena MTQ) Menyiapkan Lampu Penerangan di Loka si Puncak Acara HKSN (Eks. Arena MTQ) Menyiapkan Petugas Parkir, Melakuk an Penataan Pedagang Kaki Lima di lokasi Puncak Acara HKSN. Memfasilitasi Akomodasi di rumah-rumah Penduduk bagi Tamu Daerah yang tidak mendapat kan fasilitas penginapan. Memfasilitasi Transportasi (Rental Mobil) bagi Tamu Daerah yang membutuhkan Sarana Transportasi. Melakukan Penyebarluasan Informasi dan Publikasi Pelaksanaan Peringatan HSKN di Media Cetak dan Elektronik serta Mobil Keliling. Memasang Spanduk dan Umbul-umbul dilokasi yang telah ditentukan.

Melakukan Pengerahan Masa pada Acara Puncak Peringatan HKSN tgl. 20 Dese mber 2014 di Lokasi Eks. Arena MTQ yang terdiri dari  : 1.  Forkompinda Kota Jambi, 2. Anggota DPRD Kota Jambi, 3. Kepala SKPD Kota Jambi, 4. Camat se-Kota Jambi, 5. Lurah se-Kota Jambi, 6. Tim Penggerak PKK Kota Jambi, 7. Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kota Jambi, 8. Tim Penggerak PKK Kelurahan se-Kota Jambi.

Sebelum dilaksanakannya peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2014 di Kota Jambi.  Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa  meng gelar pertemuan di Silang Monas, Jakarta, Sabtu (13/12/2014). Sekaligus melepas Tim Lintas Batas (TLB) ke lima provinsi di Tanah Air. yaitu Provinsi DKI Jakarta, Banten, Sumatera Selatan, Lampung dan Jambi. "Saya lepas Tim Lintas Batas kita untuk memberikan bantuan ke lima provinsi," kata Khofifah

Tim ini diutus oleh Kementerian Sosial, untuk memberikan bantuan secara langsung kepada lima Provinsi tersebut. Mensos mengatakan, acara HKSN di Monas hari ini Sabtu (13/12/2014).   merupakan bagian dari rangkaian acara yang puncaknya akan digelar di Jambi pada 20 Desember mendatang yang akan langsung dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Djohan)

Ikuti tulisan menarik Djohan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu