x

Iklan

Dra. Djunini, MM

Seorang Guru fisika di SMUN 5 Palembang
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Inovasi dan Siswa

Memotivasi siswa dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk memahami dunia secara global, adalah salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk memberikan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan manusia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Zaman terus berkembang, demikian pula penemuan-penemuan baru akan terus bermunculan. Dunia modern menuntut manusia untuk pula berpikir modern. Dalam modernitas tersebut, manusia berlomba-lomba untuk berinovasi menemukan hal-hal baru yang solutif bagi permasalahan sehari-hari.

Sebagai contoh, Jerman mengembangkan kereta api dengan menggunakan tenaga magnet, sehingga bebas polusi. Perusahaan mobil terkemuka mengembangan mobil pintar, sehingga mampu mengendalikan dirinya sendiri dengan bantuan minimal dari manusia. Hingga varietas tanaman padi dikembangkan dengan teknologi nuklir. Inovasi tersebut telah mengkaitkan bidang-bidang ilmu untuk kegunaan kesejahteraan manusia, termasuk di dalamnya ilmu fisika.

Beragam inovasi yang dilakukan telah memberikan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan manusia. Lalu, bagaimanakah generasi muda Indonesia dapat ikut serta dalam inovasi tersebut?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Memotivasi siswa dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk memahami dunia secara global, adalah salah satu usaha yang dapat dilakukan.

Pertama, tentu saja siswa perlu diberi stimulasi berupa informasi terbaru mengenai trend inovasi di dunia sekarang ini. Akses internet di sekolah dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk mengakses informasi-informasi tersebut. Situs web seperti texnologist atau techcrunch adalah beberapa contoh situs yang menyediakan trend inovasi terbaru.

Kedua, siswa perlu diberi kesempatan untuk melakukan eksperimen aplikasi ide terkait inovasi yang akan mereka ciptakan. Sekolah dapat memfasilitasi siswa dengan beragam eksperimen baik di dalam maupun luar laboraturium. Hal ini bertujuan menumbuhkan kemampuan siswa untuk mencoba dan memuaskan rasa ingin tahu melalui pengaplikasian ide mereka secara nyata, seperti menciptakan energi ramah lingkungan.

Terakhir, siswa perlu diberi kesempatan untuk mengikuti perlombaan-perlombaan, baik dalam taraf internasional ataupun lokal. Mereka diikutkan dalam loma agar mereka dapat belajar dari orang-orang di sekelilingnya. Melalui perlombaan, para siswa dilatih menumbuhkan mental juara, terutama dalam menghadapi sesama siswa yang menjadi kompetitor. Perlombaan ini diharapkan dapat mendorong mereka untuk dapat lebih termotivasi dalam berinovasi, terutama setelah berinteraksi dengan lebih banyak inovator muda lainnya.

Perkembangan teknologi tidak akan pernah berhenti, dan sudah menjadi tugas kita bersama untuk turut serta menjadi bagian dari perkembangan tersebut. Jika kita tidak bersiap diri, kita akan tertinggal dan dilibas oleh kemajuan, terutama mendekati berlangsungnya era pasar bebas. Kita hanya akan jadi penonton dan tertinggal dari segala aspek jika kita tidak berbenah mulai dari sekarang, mulai dari usia muda.

Siswa sebagai generasi muda yang menjadi tulang punggung bangsa, sudah seharusnya di  berikan kesempatan seluas mungkin untuk mencoba hal-hal baru yang dapta meningkatkan kemampuan akademis, kemampuan sosial, dan kemampuan menghadapi dunia nyata. Bukan tidak mungkin apabila para siswa diberi kesempatan, mereka akan tampil  membawa bangsa ini menjadi bangsa yang terdepan dalam inovasi.

Ikuti tulisan menarik Dra. Djunini, MM lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler