x

Iklan

dian basuki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Temukanlah dan Kelola Ritmemu

Mengenali diri sendiri maupun ritme aktivitas yang pas amat diperlukan bila kita tak ingin beraktivitas tanpa arah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

“Sudah satu jam saya duduk di sini, tapi tak satupun gagasan keluar dari kepala saya,” kata saya sedikit berkeluh kesah kepada rekan kerja. Sementara itu, waktu tenggat terus membayangi kemana pun saya bergerak. Laporan sudah ditunggu oleh atasan esok hari. Seorang kawan menasihati, “Sudah sana, tidur saja dulu. Dua jam lagi aku bangunkan.” Apa, tidur? Gak salah tuh sarannya?

Kawan saya rupanya berhasil menemukan resep dari pengalamannya sendiri bahwa orang tidak bisa memaksakan diri untuk membuahkan hasil kerja yang bagus kecuali ia mengikuti ritmenya sendiri. Sebagian orang mungkin semakin ‘membara’ ketika beban kerja bertambah banyak atau waktu tenggat semakin mepet. Tatkala tekanan meningkat, ide-ide briliannya justru bermunculan. Kali lain, ia malah mengantuk ketika pekerjaan sudah beres.

Orang lain barangkali harus mengangsur pekerjaan, bagian demi bagian, sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit dan selesai. Tekanan waktu merupakan persoalan yang kerap sukar diatasi oleh orang seperti ini. Karena ia sadar diri ihwal hal ini, iapun mengatur jadwal kerja dengan tertib. Hasilnya, ia tak pernah melanggar tenggat penyelesaian pekerjaan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Orang lain lagi punya cara untuk mengatasi ketegangan, seperti yang dinasihatkan teman saya tadi, tidur dulu barang 2-3 jam. Saat bangun, tenaga dan pikiran lebih segar, maka diripun siap untuk menuntaskan pekerjaan. Mengapa harus teman yang memberi tahu? Ini berarti self-awareness saya kurang. Saya tidak begitu mengenali ritme kerja yang cocok bagi diri saya sendiri.

Untuk meraih kinerja terbaik, termasuk dalam soal kepemimpinan, semakin disadari peran penting self-awareness—mengenali betul diri sendiri: kebiasaan baik, tabiat buruk, kesenangan, apa yang mudah bikin kesal, dan seterusnya.  

Manajer yang sukses, pengusaha yang berhasil, maupun pemimpin yang hebat menyebut self-awareness sebagai kapabilitas yang penting untuk dimiliki agar bisa berkembang. Orang perlu mengenali kecenderungan dirinya agar ia bisa mengatur pola kerjanya dan menyesuaikan dengan pola kerja tempatnya bekerja.

Agar tidak terjebak oleh kebuntuan pikiran atau tertimbun oleh beban kerja yang menumpuk, mengenali ritme diri sendiri akan sangat membantu. Misalnya, kapan Anda merasa sangat bersemangat untuk bekerja: pagi hari ketika tubuh masih bugar, siang hari ketika ‘mesin’ Anda sudah panas, atau malah malam hari? Apakah semangat Anda terpompa saat bekerja sendiri ketimbang berkelompok? Cara kerja seperti apa yang paling cocok untuk Anda? Bagaimana Anda harus menyesuaikan diri dengan kemauan atasan?

Apakah Anda lebih suka menyelesaikan pekerjaan betapapun lelahnya dan kemudian baru bisa tidur? Ataukah Anda justru memperoleh energi baru setelah tidur sebentar untuk kemudian menyelesaikan pekerjaan dalam tempo singkat? Andalah yang paling tahu. Saya dan Anda dapat belajar dari pengalaman diri sendiri maupun orang lain.

Ritme beraktivitas yang tidak pas dapat membuat kita kesal saat bekerja, menggerutu, dan kemudian bekerja asal-asalan. Bila kinerja kita tidak sebagus yang kita inginkan, bolehlah kita periksa apakah kita bekerja tanpa mempedulikan ritme yang cocok untuk diri kita. Nasihat kawan saya: “Temukan ritmemu, maka satu advantage sudah kamu raih. Setelah itu, atur dan kelolalah.” (foto: tempo.co) ***

Ikuti tulisan menarik dian basuki lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB