x

Iklan

Fadh Ahmad Arifan

Alumnus MI Khadijah kota Malang
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tradisi Muslim di Kampung Chau Doc-Vietnam

Agama Islam masuk ke negara berpaham Komunis ini pada abad 10 M

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kapankah Islam mulai bersemi di Vietnam? Islam masuk ke negara berpaham Komunis ini pada abad 10 M. Islam di mata mereka adalah agama yang membawa perubahan. Muslim banyak tersebar di sepanjang delta sungai Mekong dan sisanya di kota Ho Chi Minh.

Ambil contoh di Vietnam Selatan, ada satu kampung bernama Chau doc. Letaknya di perbatasan antara vietnam dan Kambodja. Mayoritas disitu dihuni suku champa. Dulunya daerah ini pernah dibawah koloni Perancis. Di kampung itu Muslimnya pakai sarung, di masjid jami'nya ada bedug dan kolam untuk cuci kaki.

Kemudian mereka punya tradisi baca doa sapujagat dan surah Yasin di hari rabu pada bulan shafar. Mengutip liputan acara "Khazanah", melakukan tradisi seperti ini dipercaya menolak bala'. Jamaah masjid juga berebut air doa. Maksudnya air teh yang sudah didoakan oleh ustadznya. Dipercaya akan memperoleh barokah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain itu terdapat ritual Aqiqah. Ritual yang saya saksikan di liputan acara "Jazirah islam" tersebut persis dengan Aqiqah ala warga Nahdliyin. Bayi disambut lantunan sholawat dan kesenian marawis. Bedanya di menu makanan, untuk para tamu/undangan. Disamping itu, dijamu sate kambing, mereka disuguhi kue khas vietnam.

Soal pesta pernikahan, biasanya warga di sana menggelar saat idul adha. Hidangan pesta pernikahan memakai daging hewan qurban. Meski posisinya minoritas di vietnam, disana amat mudah mencari kuliner halal. Rumah potong hewan juga tersedia. Hanya saja tempatnya masih terbatas.

Ikuti tulisan menarik Fadh Ahmad Arifan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB