x

Zaskia Sungkar belajar membuat kain tenun di Desa Sade, Lombok. Ia akan menampilkan busana muslim dalam show bertema From Lombok to New York. Instagram.com/@Zaskiasungkar15

Iklan

AltaLindaBarbara

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Mengenal Suku Sasak Desa Sade Lombok Lebih Dekat

Ayooo wisata ke Lombok dan kenali diri Anda lebih dekat dengan Suku Sasak di Desa Sade Lombok

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Wisata ke Pulau Lombok belum akan terasa lengkap jika belum mengunjungi Desa Sade. Dikenal sebagai perkampungan Suku Sasak, di sini kita akan melihat bagaimana suku asli Pulau Lombok tersebut tinggal dan bersosialisasi antar sesamanya. Suasana desa yang tradisional pun kental terasa di sini, lengkap dengan rumah beratap rumbia yang khas Suku Sasak.Desa Sade sendiri hanya dihuni oleh seratus lima puluh kepala keluarga dan empat ratus jiwa, serta semua penghuninya masih memiliki kekerabatan, yakni hubungan darah sesama sepupu. Jumlah penghuni yang sedikit ini memberikan nuansa sepi dan alami pada desa, menjadikannya cocok sebagai tujuan pilihan wisata untuk melepas penat dari keramaian kota.

Rumah penduduk Desa Sade terdiri dari dua ruangan.Ruangan pertama berada di bagian dalam sebagai tempat untuk anggota keluarga yang berjenis kelamin wanita serta merangkap dapur. Ruangan kedua berada di bagian luar rumah serta diperuntukkan bagi anggota keluarga yang lain. Yang unik adalah, lantai rumah para penduduk Desa Sade ini dibersihkan menggunakan kotoran kerbau supaya licin, mengkilat dan terlindung serangga. Suku Sasak sendiri mayoritas beragama Islam.Namun, praktek agama Islam di Suku Sasak sedikit berbeda, di mana mereka menganut Islam Watu Telu. Beberapa warga Suku Sasak juga menganut kepercayaan sebelum Islam dengan nama Sasak Boda.

Jika tertarik untuk Wisata Lombok dan mengunjungi Desa Sade, cara mencapainya harus ditempuh dari Kota Mataram dengan waktu sekitar dua jam menggunakan mobil pribadi. Jika memakai angkutan umum, maka pilih angkutan jurusan Mataram-Kuta.Dan jika datang dari arah Bandara Internasional Lombok, Desa Sade bisa ditempuh dengan menggunakan taksi sekitar dua puluh sampai tiga puluh menit lamanya.Lokasi ini sendiri tepatnya berada di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut yang termasuk Kabupaten Lombok Tengah. Berwisata ke desa wisata Sade akan memberikan begitu banyak pengalaman menarik untuk Anda, di antaranya adalah mengenal secara lebih dekat mengenai budaya dan adat istiadat masyarakat lokal.

Jika masih merasa kurang dengan Desa Sade, Anda bisa menambah panjang daftar objek wisata yang dikunjungi di Pulau Lombok antara lain Desa Sukarara yang merupakan sentra tenun Lombok, Desa Banyumulek sebagai sentra gerabah, hingga ikon wisata Lombok yaitu pantai-pantainya yang terkenal, mulai dari Tanjung Ringgit yang masih asri hingga Pantai Tangsi yang tersohor akan keindahannya. Begitu banyak lokasi wisata di Pulau Lombok hingga sayang untuk dilewatkan, terutama bagi Anda yang gemar travelling atau fotografi, maupun ingin melepaskan diri dari penat serta kesibukan sehari-hari. Destinasi wisata seperti Desa Sade juga telah menjadi incaran turis mancanegara karena keindahan yang ditawarkannya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera susun itinerary untuk berlibur ke Pulau Lombok.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik AltaLindaBarbara lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler