x

Sejumlah anak mengayu perahu sampan saat bermain di kawasan kampung pinggiran pelabuhan Paotere Sabutung, Makassar, Sulawesi Selatan, 13 April 2016. Perkampungan Pesisir Sabutung ini di huni ratusan nelayan yang hidup memanfaatkan rumah panggung deng

Iklan

Oky Handoko

Seorang yang hobi menulis
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Korupsi: Kisah Jono dan Pak Kades (Analogi)

Cerita Jono dan Pak Kades

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di pagi hari, di sebuah desa pesisir pantai, laut mengombak dengan deras. Suara pagi yang bercampur dengan suara laut menjadi lirih dirasa. Di satu sisi laut, ada Jono yang sedang asik memancing ikan. Sambil menggerutu, Jono masih menunggu ikan memakan kailnya.

"Mana sih ini ikannya? Jangan-jangan pada hilang dibom semua"

Tak berapa lama, Joni, adiknya Jono, memanggil untuk pulang ke rumah. Jono bergegas karena takut terjadi apa apa dengan keluarganya. Dengan wajah panik Jono kembali ke rumah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sampai di rumah, ibu dan bapak memintanya untuk duduk dan bersama-sama menonton acara berita. Tema acara itu sedang membahas kasus korupsi yang menjerat salah satu petinggi pemerintahan provinsi mereka. 

"Korupsi itu apa sih, pak? Kok kita nonton tentang korupsi?", Tanya Jono, seorang anak umur 13 tahun.

"Bapak juga tidak tahu, Jon. Tapi, sebagai generasi penerus, kamu harus tahu sehingga bisa jadi pria yang bijak dalam hidup", ujar Bapak.

Jono yang penasaran langsung saja bergegas ke rumah Pak Kades untuk bertanya mengenai arti dari korupsi. Penuh tanda tanya di hatinya, Jono terus berlari menuju ke rumah Pak Kades. 

"Pak Kades! Pak Kades!", Teriak Jono.

Pak Kades keluar, "Ada apa, Jon? Ada Maling di siang bolong?".

"Bukan Pak Kades, Jono mau tanya, Korupsi itu apa sih? Ibu Bapak nonton korupsi di televisi".

"Oh, Yasudah, kamu masuk dulu! Nanti bapak jelaskan."

Sambil mengambil segelas teh hangat, Pak Kades menghampiri Jono di ruang tamu yang rapi dan Indah

"Jadi, gini Jon," Ujar Pak Kades memulai,"Korupsi itu adalah tindakan tidak terpuji dan tindakan yang tidak mulia. Mereka yang korupsi telah mengambil uang yang bukan haknya."

"Berarti mencuri dong, Pak Kades!"

"Tepat sekali, jadi kamu harus menjadi seorang generasi muda yang bijaksana dan anti-korupsi, seperti bapak Kades. Korupsi bukan cuma kejahatan, tapi hal yang sudah menyalahgunakan kepercayaan orang lain. Kehidupan koruptor tidaklah manis.Dengan tidak korupsi, berarti kamu cinta negara ini."

Jono mengangguk mengerti. Tak lupa, Jono yang kehausan menghabiskan segelas teh yang dihidangkan.

Beberapa hari kemudian, Jono lewat rumah pak Kades. Banyak orang berkerumun di depan rumah pak Kades. 

"Ada apa ya?", Tanya Jono penasaran. Ia kemudian menghampiri.

"Kang, ada apa?", tanya Jono pada seseorang. "Anu, Pak Kades ditangkep polisi katanya korupsi dana hibah desa. Saya nggak nyangka."

"Hah? Korupsi? Padahal baru kemaren Pak Kades bilang jangan korupsi, tapi kok malah tidak bijaksana dan korupsi?". Jono terdiam dan termangu kebingungan. 

Ikuti tulisan menarik Oky Handoko lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler