x

Iklan


Bergabung Sejak: 1 Januari 1970

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Indramayu Kota Wisata Penuh Pesona di Pantai Utara

Indramayu Kota Wisata Penuh Pesona di Pantai Utara

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indramayu Kota Wisata Penuh Pesona di Pantai Utara - Kabupaten Indramayu adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Indramayu yang merupakan pusat pemerintahan, sedangkan titik keramaian justru berada di kecamatan Jatibarang dan Haurgeulis, hal ini dikarenakan di Jatibarang terdapat pusat Pasar dan memiliki akses yang mudah seperti Jalur Pantura dan Stasiun Kereta Api, hal yang sama juga terjadi untuk Kecamatan Haurgeulis meski tak dilewati secara langsung oleh Jalur Pantura, namun Kecamatan ini dilalui oleh Jalur Kereta Api. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Cirebon di tenggara, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang di Selatan, serta Kabupaten Subang di barat.

Tempat Wisata di Indramayu Sangat Menarik Untuk Dikunjungi

Kabupaten Indramayu terdiri atas 33 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 315 desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Indramayu. Hari jadi Kabupaten Indramayu ditetapkan pada tanggal 7 Oktober 1527.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Indramayu dilintasi jalur pantura, yakni jalur utama dan terpadat di Pulau Jawa, terutama pada musim mudik lebaran. Kabupaten ini juga dilintasi oleh jalur kereta api lintas utara Pulau Jawa, dengan salah satu stasiun terbesarnya adalah Stasiun Jatibarang yang berada di kota Jatibarang, sekitar 19 km ke selatan dari pusat Kota Indramayu.

Beberapa kecamatan-kecamatan penting di Wilayah Kabupaten Indramayu di antaranya adalah Indramayu, Jatibarang, Haurgeulis, Patrol, Karangampel, dan Terisi.

Walaupun Indramayu berada di Jawa Barat yang notabene adalah tanah Pasundan yang berbudaya dan berbahasa Sunda, namun sebagian besar penduduk Indramayu mempergunakan Bahasa Cirebon dialek Indramayu, masyarakat setempat menyebutnya dengan Basa Dermayon, yakni dialek Bahasa Cirebon yang hampir serupa dengan Bahasa Cirebon yang dipergunakan di wilayah pusat Keraton Cirebon di Kota Cirebon, dalam Bahasa Cirebon dialek Indramayu tata bahasanya terbagi menjadi dua yakni Basa Besiken (dipergunakan untuk berbicara dalam tatanan resmi dan menghormati lawan bicara) dan Basa Ngoko (dipergunakan sehari-hari dalam pergaulan). Di bagian selatan dan barat daya kabupaten ini, beberapa wilayah menggunakan bahasa Sunda, mengingat sejarah kabupaten Indramayu yang dulu pernah masuk kedalam wilayah Kerajaan Galuh dan Sumedang Larang di Wilayah Selatan, sehingga mempengaruhi masyarakatnya berbahasa Sunda Khas Indramayu yang disebut Sunda Parean.

Tempat Wisata di Indramayu Jawa Barat

Kabupaten Indramayu Kota Wisata Penuh Pesona di Pantai Utara merupakan kabupaten yang terletak di propinsi Jawa Barat yang memiliki banyak tempat wisata yang patut anda kunjungi diantaranya adalah :

Pulau Biawak

Keindahan alam di Pulau Biawak ini menjadi sebuah anugrah terindah dan tantangan tersendiri untuk para penumpang yang telah terombang -ambing di tengah Laut Jawa selama kurang lebih 5 jam. Kejernihan dan gemercik air laut, serta putihnya pasir pantai, dan pesona pulau biawak ini mampu menghipnotis para pengunjung.

Selain itu ada sebuah mercusuar yang menjulang tinggi, bagaikan seseorang yang siap menerima para wisatawan. Ketika kita sampai dipulau ini banyak biawak pun keluar yang menyambut kita dari balik pepohonan menuju hamparan pasir putih.

Pantai Tirtamaya

Pantai Tirtamaya adalah salah satu tempat di indramayu kota wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisata, selain sebagai laut yang aman untuk kegiatan mandi, pantai ini juga mempunyai panorama yang indah, terutama pada saat terbit dan terbenamnya matahari pasti kan menampilkan senja yang sangat indah. Pantai Tirtamaya ini tepatnya terletak dijalur Jalan Raya Indramayu – Cirebon, ± 17 Km dari kota Indramayu atau ± 39 Km dari kota Cirebon.

Situ BojongSari

Bagi teman-teman mungkin yang ingin melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari, bisa mampir juga ke setu bojongsari ini.Situ yang alami ini mempunyai keindahan yang luar biasa indah dan airnya yang bening berwarna biru kehijau hijauan Pokoknya pas deh untuk muda-mudi yang ingin bermesraan, tapi inget ya mesranya jagan klewat batas. Bagi yang jomblo harap bersabar.

Pantai Balongan

Indramayu kota wisata sebenarnya memiliki banyak potensi obyek wisata yang menarik pengujung seperti pantai, situ dan pulau, hingga wisata buatan seperti kolam renang atau sarana hiburan serta wisata sejarah. Salahsatunya Pantai Balongan Indah ini terletak di Kecamatan Balongan dengan pemandangan pantai indah dan bibir pantau yang luas serta kalian bisa menikmati matahari terbit dan terbenam. Di Pantai ini sudah tersedia berbagai tempat pemandian untuk wisatawan yang habis berenang.

Situs Buyut Banjar

Situs buyut banjar ini terletak di Desa Bulak Kidul Kec. Jatibarang Kab. Indramayu. Di tempat ini masyarakat sekitar pasti mengetahui tentang legenda monyet banjar yang berjumlah tidak pernah kurang atau lebih hanya 41 ekor. Makam ini dikeramatkan oleh penduduk sekitar dan ramai dikunjungi pada waktu-waktu tertentu seperti malam Jumat kliwon, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Penduduk sekitar makam percaya bahwa 41 ekor monyet ini adalah penghuni situs Banjar tadalah yang terkena kutukan.

Taman Cimanuk

Jalan-jalan ke Indramayu kota wisata jangan lupa mampir ke taman ini. Taman Cimanuk ini berada dibantaran kali cimanuk, tepatnya dibawah jembatan cimanuk atau persis dibelakang Masjid Agung Indramayu yang terletak dipusat kota Indramayu. Selain menambah kecantikan kota, dengan adanya taman ini juga memberikan ruang hijau yang memang untuk membantu memulihkan udara yg tercemar. Disisi lain, keberadaan Taman Cimanuk memberikan alternative baru bagi seluruh warga indramayu untuk nongkrong atau sekedar bersantai, baik bersama keluarga maupun teman.

Pantai Karangsong

Wisata hutan mangrove di Karangsong Kabupaten Indramayu seolah menjadi daya magnet yang luar biasa untuk menarik pengujung. Banyak sekali wisatawan lokal yang berasal dari Indramayu sendiri maupun luar indramayu untuk mengunjungi pesisir pantai karangsong sambil menikmati indahnya hutan mangrove dengan menggunakan perahu kecil, banyak yang mengabadikannya melalui berfoto ria dan tidak lupa juga sambil foto selfie. Masuk ke tempat wisata ini parkir mobil dikenakan biaya Rp.10.000, parkirnya luas guys. Pantai di Indramayu memang bukan pantai pasir putih, jangan bayangkan kalau lautnya berwarna biru bening ya karena air laut disini berwarna coklat.

Nah, itu dia sobat indonesiana.tempo.co/ddsobirin sedikit informasi yang bisa admin bagikan. Semoga bermanfaat buat sobat semuanya. Jangan lupa untuk mengunjungi juga artikel tentang mmajukan peternakan indonesia bersama ilmuhewan.com. Demikianlah mengenai Indramayu Kota Wisata Penuh Pesona di Pantai Utara.

Sumber foto: https://wisatapulaubiawak.wordpress.com/

Ikuti tulisan menarik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu