Kader HMI Eksakta Se-Jember Gelar Buka Puasa Bareng - Analisis - www.indonesiana.id
x

Andik Setyawan (PB)

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jember
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Kader HMI Eksakta Se-Jember Gelar Buka Puasa Bareng

    Puluhan kader HMI padati Komisariat Milik Kompeta

    Dibaca : 2.770 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Jember - 08 Juni 2016, nampak Puluhan kader HMI Cabang Jember padati Komisariat (sekretariat, red) milik HMI Cabang Jember Komisariat Pertanian. Kader yang datang tersebut berasal dari pengurus dan anggota HMI Eksakta (Pertanian, MIPA, dan Teknologi Pertanian, red) di Lingkungan Cabang Jember. Kedatangan mereka disambut hangat oleh para pengurus dan anggoa HMI Komperta sebagai tuan rumah. Para kader sengaja datang sore itu (08/6) untuk merealisasikan berbagai agenda selama bulan suci Ramadhan hasil kesepakatan ketiga komisariat.

    Kegiatan berlangsung secara hikmat. Dimulai dengan Tadarus Al-ur’an menjelang adzan magrib. Buka bersama yang sudah menjadi agenda rutin komisariat turut digelar pada kesempatan itu, menu spesial hasil karya kader disajikan sebagai menu berbuka pada kesemapatan itu. Pada kesempatan tersebut nampak ketua umum dari Komisariat TP dan MIPA turut hadir dan memberikan sambutan untuk para peserta buka bersama. Kasang Heru, Ketum HMI Komisarian TP dalam sambuatannya mengungkapakan, “Momen remadhan ini sudah selayaknya di gunakan sebagai ajang untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah, dan bagi kita sebagai kader HMI juga sudah sekiranya mengisi bulan suci ini dengan kegiatan positif dan lebih mempererat jalinan ukhuwah sesama umat Islam, sesama kader HMI.” Usai sambutan yang diberikan menjelang berbuka puasa takjil dan menu berbuka yang sudah disiapkan dibagikan kepada peserta buka bersama dilanjutkan dengan Shalat Magrib.

    Selain buka bersama dan tadarus Al-qur’an dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan Sholat Isya’ dilanjut dengna shalat Tarawih berjamaah di tempat yang sama. Gotong royong mempersiapkan lokasi jamaah yang suci sebagai salah satu syarat sholat wajib dilakukan secara solid oleh tuan rumah dibantu dengan tamu dari ketiga komisariat. Rasa kekeluargaan dan tolong menolong dalam hal kebaikan menjadi satu slogan para kader untuk meningkatkan semangat berjamaah dalam kebaikan.

    Usai sholat tarawih kegiatan dilanjutka dengan rama tama dan musyawarah penentuan kegiatan lanjutan pasca acara bukber. Diskusi yang dipandu langsung oleh Hidayati (Sekum HMI Komisariat Pertanian) ditujukan sebagai tindak lanjut hasil diskusi sebelumnya antar ketua umum ketiga komisariat. Yongki, Ketua umum HMI Komisariat MIPA mengungkapkan,”Berdasarkan kopdar dan diskusi yang sidah diakukan antar ketua umum sudah dirumuskan beberapa program di bulan ramadhan ini untuk direalisasikan secara berjamaah semua kader dari Komisariat eksakta ini. Program tersebut antara lain Buka bersama, sosisalisasi bahaya seksual anak kepada ibu PKK. Namun itu baru wacana dan akan kita putuskan di sini”. Setelah melalui diskusi panjang ahirnya dirumuskan jenis kegiatan, bentuk, sasaran, waktu dan kepanitian untuk kegiatan selanjutnya. Istilah sekali mendayung 2 pulau terlampaui coba diwujudkan oleh para kader HMI pada kegiatan ini dimana tidak hanya satu kegiatan dalam satu undangan namun beberapa kegiatan. Akbar, Koordinator acara saat di temui mengungkapkan, “Semoga kegiatan ini bisa kontinu dan tidak hanya berhenti dan selesai di komisariat pertanian saja, namun bisa diagendakan bergilir di komisariat lain” (Andik PB).

    Ikuti tulisan menarik Andik Setyawan (PB) lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.