Rayakan Milad Bersama Masyarakat - Analisis - www.indonesiana.id
x

Andik Setyawan (PB)

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jember
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Rayakan Milad Bersama Masyarakat

    HMI untuk Rakyat, Karya Nyata untuk Indonesia

    Dibaca : 946 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Jember - Puluhan Kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jember Komisariat Pertanian melangsungkan seremonial perayaan memperingati MILAD HMI KE-71 bersama dengan masyarakat yang tingggal di sekitar Sekretariat/kantor. Kemarin (07/02) atas undangan kader HMI Komisariat pertanian, masyarakat yang dalam hal ini kebanyakan di wakili oleh adik-adik (putra-putri masyarakat, red) bersillaturahmi bersama para kader HMI di Sekretariat yang berlokasi di Jl. Jawa 07 No.138, Sumbersari Jember. Masyarakat nampak masih canggung berbaur dengan para mahasiswa yang sudah sejak siang sengaja menyiapkan tumpeng untuk di santap bersama dengan masyarakat itu.

    Sebagai momentum bahagia bagi seluruh kader HMI se-Indonesia, MILAD KE-71 ini oleh para kader Komperta dimanfaatkan untuk dapat berbagi kebahagian bersama dengan masyarakat. “Sudah saatnya HMI melebur bersama masyarakat, menjadi asset yang memberikan manfaat untuk umat”, ungkap Kordinator Acara Lili Akbar. Meminjam istilah kanda M. Arief Rosyid Hasan (Ketum PB HMI Periode 2013-2015) yang pernah menuliskan judul di salah satu karyanya yang bertuliskan “HMI untuk Rakyat, Karya Nyata untuk Indonesia” menjadi tema yang di ambil oleh pengurus HMI Komisariat Pertanian dalam penyelenggaraan perayaan ini.

    Pelaksanaan acara berlangsung khidmat dan lancar, dimulai dengan sillaturahmi dan mengantarkan nasi kuning kerumah warga sekitar pada sore hari kemudian dilanjutkan dengan sillaturahmi masyarakat ke sekretariat HMI Komisariat Pertanian. Dipimpin langsung oleh Ketua Umum Komisariat, acara sillaturahmi diisi dengan berbagai macam agenda, mulai dari do’a bersama dan dilanjutkan pemotongan tumpeng. Selain itu, kader HMI juga menggunakan kesempatan ini sebagai ajang untuk memberikan motivasi kepada putra-putri dari masyarakat sekitar untuk semangat untuk belajar dan meneruskan pendidikan sampai dengan perguruan tinggi. Karena sebagaimana kegiatan yang sudah beberapa kali dilaksanakan bersama dengan masyarakat yang bertempat tinggal hanya berjarak sekitar 100 meter dari tembok Universitas Jember ini, masih banyak pemuda yang tidak melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Andik Setyawan, Ketua Umum HMI Cabang Jember Komisariat Pertanian mengungkapkan, “sebagaimana Eyang B.J. Habibie yang pernah dikisahkan dalam buku Rudy Habibie karya Ginatri S. Noer, beliau senantiasa memegang prinsip menjadi “mata air”. Mata air yang memberikan kehidupan dan keindahan pada ekosistem sekitar. HMI juga harus menjadi lokomotif yang tidak saja memberikan nilai keindahan, tetapi juga menjadi penggerak menuju kebaikan-kebaikan ditengah masyakat”. Sebagai wujud ucapan terima kasih sekaligus semangat untuk menyebarkan budaya literasi, sillaturahmi MILAD HMI KE-71 di sekretariat diahiri dengan pemberiaan hadiah berupa alat tulis oleh para kader HMI kepada adik-adik yang turut datang. “Semoga kegiatan silaturahmi semacam ini bisa dengan Istiqomah kami jalani, sebagai wujud bakti untuk negeri”, pungkas Ketua Umum.

    Ikuti tulisan menarik Andik Setyawan (PB) lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.