x

Iklan

L Murbandono Hs

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Pendidikan Praktis Ibu dan Anak: Sejak Hamil sampai Anak 6 Tahun (1)

Pendidikan Praktis Bagi Ibu dan Anak - Sejak Hamil Sampai Anak Enam Tahun adalah pedoman praktis dan mudah berdasar referensi tulisan para pakarnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

(Ilustrasi: pinterest.com)

 

S A T U

Sebelum Bayi Lahir

           

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Calon Ibu dan Ayah yang berbahagia,

 

Belum lama anda diberitahu, mungkin oleh dokter spesialis kandungan atau bidan dan siapapun yang memahami ihwal kandungan, anda berdua tak lama lagi bakal menjadi orangtua, menjadi ayah dan ibu. Dengan khabar ini mulailah anda berdua bersama-sama mengarungi kancah kehidupan manusia yang paling menarik dan penuh tantangan.

 

Ya. Anda menanti kelahiran dan mulainya pendidikan putri atau putra anda. Anak anda.

 

Gunakan waktu-waktu dalam penantian ini sebaik-baiknya. Untuk diskusi, bertukar pikiran, demi kebaikan anak anda. Dengan saling membagi pengetahuan dan pemahaman tentang calon anak anda, anda berdua sebagai suami istri akan mengerti bagaimana cara  terbaik demi perkembangan anak anda. Akan menyadari betapa cinta anda mencapai puncak dan pemenuhannya di dalam kelahiran anak anda.

 

 

Mukjijat Kehidupan

 

Bayangkan dan fahami, mudah-mudahan anda mampu, betapa dramatis awal hidup pertama kehidupan makhluk yang paling kecil: sebuah sel.

 

Sel tersebut, dalam pengamatan mikroskop ternyata masih mengandung berjuta-juta sel lagi. Sel itulah awal mula bayi anda, yang kelak berkembang menjadi rambutnya, kuku, kulit, otak, mata, dan semua organ lainnya yang tak terhitung. Tiap langkah proses kreatif itu  menghadirkan banyak hal yang sangat halus, lembut, dan begitu rumit.

 

Hampir setiap mahasiswa biologi merasa wajib untuk menerangkan kenyataan hidup tersebut. Para peneliti juga telah berusaha, toh merasa kurang puas. Mereka merasa hanya mampu mengamati garis-garis besar saja.

 

Para ilmuwan telah berjuang sebaik mungkin. Mereka memeriksa rahim dengan sinar X untuk mengetahui gejala perkembangan kehidupan tersebut. Kegiatan elektris otak lalu bisa dicatat. Berbagai hasil penyelidikan menunjukkan berbagai periode kehamilan. Dari situ anda tahu, terjadi langkah-langkah perkembangan janin, calon anak anda.

 

Ovulasi

           

Ovulasi adalah saat terlepasnya sel telur dari folikel yang sudah masak. Ini terjadi di hari ke-14 sebelum menstruasi berikutnya, sekitar hari ke-13 saat menstruasi. Meski sel telur hidup hanya sekitar 12 jam, namun sekitar 24 sampai 48 jam dalam setiap bulan, seorang wanita subur akan selalu bisa hamil.

 

Setiap bulan, sekitar satu atau dua kandung telur wanita, sangat kecil, sekitar 1,5 inci panjangnya,  kelenjar-kelenjar yang menggantung di sisi-sisi pinggul, menghasilkan sebutir telur. Telur ini sangat kecil. Ukurannya cuma bergaris tengah 1/200 inci, hampir mustahil bisa dilihat dengan mata telanjang.

 

Sperma yang dihasilkan pria juga sama kecil. Sperma pria bisa hidup beberapa hari, namun tingkat kesuburannya hanya 48 jam. Toh, sperma ini tetap menakjubkan. Jumlahnya berjuta-juta sel, sekitar 225 juta sel. Jutaan sel dari sperma tersebut hilir-mudik kian ke mari, satu sama lain tidak saling mempengaruhi, seperti tidak saling gubris. Sifat unik lain mengenai sperma tersebut adalah, sel-sel tersebut berbiak hanya satu kali, lalu langsung mati. Dan, mirip mukjijat, di antara jutaan sel itu, hanya satu sel saja bisa terus hidup, yakni yang akan membuahi sel telur wanita.

 

 

Sperma Menentukan Jenis Kelamin

 

Proses pembuahan sel jantan dengan betina dalam tubuh hewan telah lama diselidiki. Ditemukan, misalnya, masa bunting tupai 11 hari sampai melahirkan. Adapun gajah, 600 hari. Secara analog, penelitian itu dikembangkan dalam diri manusia, antara lain oleh John Rock dan Arthur T Hertig dari Universitas Havard. Lewat mikroskop, mereka mengamati sel-sel sperma yang telah dipertemukan dengan sel telur wanita.

 

Dari situ diketahui, sperma tertentu yang diterima sel telur menentukan jenis kelamin bayi yang akan lahir 266 hari kemudian. Sperma pria mengandung kromosom X dan Y. Kromosom X menghasilkan bayi perempuan. Kromosom Y menghasilkan bayi lelaki. Sel telur hanya mengandung kromosom X. Apabila kromosom X masuk telur, akan lahir bayi perempuan; apabila Y, lahir bayi lelaki. Jadi, jenis kelamin tergantung sperma ayah.

 

 

Perubahan dan Perkembangan Dalam Kandungan

 

Perubahan atau perkembangan kandungan bisa ditentukan waktunya hampir secara tepat. Itu diawali saat indung telur mengeluarkan suatu hormon, namanya estrogen, yang bermanfaat bagi organ-organ tubuh sang ibu di masa kehamilan. Estrogen berfungsi penting bagi kelenjar-kelenjar peranakan, sebagai sumber makanan bagi kehidupan baru yang akan menggerakkan mekanisme kerja dalam kandungan. Estrogen juga berfungsi sebagai penenang dalam kontraksi kandungan, bila tidak, sel-sel yang rapuh bisa rusak dan dicampakkan.

Mekanisme kerja berkat esterogen itu ibarat mempersiapkan sebuah rumah, yakni rahim, bagi tamu terhormat, sel telur yang telah matang. Ini membuat kelenjar-kelenjar yang tak berguna lebur dan dibuang. Maka sang tamu bisa datang tepat waktu.

 

Bila sel telur telah masak sampai di rahim, bentuknya masih sangat kecil. Ia bergerak-gerak mengembara tanpa tujuan selama 6 hari. Mengikuti arus dan gerakan cairan dalam rongga rahim, ia terus mengapung-apung dalam keadaan terlindung. Calon makhluk baru itu tak akan bisa diganggu oleh sosok asing yang masuk di dalam rahim.

 

 

Embrio, Sang Calon Bayi

 

Memang, suatu saat sel telur yang telah masak itu berada dalam situasi genting saat ia mengapung-apung selama enam hari hidup tanpa tujuan. Saat itu persediaan makanannya hampir terkuras habis. Untunglah! Si telur mengadakan reaksi atas keadaan ini. Ia lalu memilih tempat yang lembut, di dinding rahim berwarna merah. Ia menyimpan semacam enzim yang kemudian sedikit menggerogoti rongga dinding. Dengan itu muncul sungut-sungut kecil, yang akan menggiring makanan. Maka selamatlah sang embrio! Ia memiliki sarang. Dan terjaga persediaan makanannya.

 

Akhir minggu ketiga, mahluk kecil itu masih sekecil tahi lalat. Ia sudah memiliki hati, peredaran darah, otak, jantung, dan syaraf. Semuanya masih sangat sederhana.

 

Akhir minggu keenam, bentuk-bentuk tulang belum tampak muncul. Bahkan bentuknya belum bisa dibedakan dari embrio makhluk menyusui lain. Saat ini mulai terbentuk kepala. Minggu-minggu berikutnya diikuti dengan munculnya jari-jemari. Dan pada akhir minggu kesembilan, seraut miniatur wajah mulai terbentuk. Si bayi masih begitu kecil, dengan berat 1/15 ons.

 

Akhir bulan ketiga, hampir semua organ tubuh menjadi lengkap dan mulai berfungsi. Tetapi dia samasekali belum siap menghadapi dunia luar. Dan saat inilah ibu mulai merasakan adanya makhluk baru berada dalam tubuhnya, dengan pengaruh-pengaruh tertentu dalam tubuhnya pula.

 

Semua organ si bayi mulai terbentuk dan mulai menunjukkan perkembangan pada pertengahan bulan keempat. Pada saat ini pertama kalinya ibu merasakan adanya gerakan-gerakan di dalam tubuhnya, karena tendangan-tendangan lembut tangan dan kaki si bayi.

 

Pada bulan kelima, dia telah mempunyai rambut, alis, bulu mata, dan beratnya mendekati satu kilo. Dan saat ini bisalah dikatakan bahwa secara keseluruhan si bayi benar-benar mulai merupakan individu. Dari awalnya yang berupa sel tunggal itu, kini dalam perkembangannya dia telah menjadi makhluk hidup penuh dengan sel-sel syaraf lengkap yang berjumlah 12 miliar.

 

Pada bulan ketujuh, bayi telah cukup kuat seandainya dia mesti lahir prematur. Namun kelahiran yang paling aman adalah pada bulan kedelapan dan kesembilan. Bayi memang bisa dan ada kemungkinan lahir sebelumnya. Namun lebih baik bila ada kesempatan dua bulan lagi, di mana dia memiliki kesempatan untuk lebih memperkembangkan kekuatannya dalam tubuh ibu.

 

Dalam masa-masa tersebut, si bayi beranjak siap sebagai seorang pribadi. Ia mengadakan gerakan nafas dengan dadanya, bisa menyedot jempolnya, dan sesekali semacam tersedu. Gerakan-gerakan awal sebagai pribadi yang berkembang ini bisa dan akan dirasakan oleh ibunya.

 

Calon bayi tersebut bisa bereaksi atas pengaruh dari luar. Bila ibu merokok, nikotin yang mengalir dari darah ibu akan bisa mempengaruhi jantung si bayi. Maka sebaiknya ibu perokok hendaknya berkonsultasi dengan dokter. Begitupun pengaruh bunyi. Bunyi-bunyian bisa mengakibatkan perangsangan, atau setidak-tidaknya membuat bayi terkejut. Beberapa penyelidikan menunjukkan bahwa bunyi dan suara membuat tangan dan kaki-kaki si bayi bergerak-gerak lebih cepat.

 

Selama hidup dalam tubuh ibu, tampaknya bayi merupakan makhluk yang hanya mementingkan dirinya sendiri. Tanpa mempedulikan kesejahteraan ibu. Ia menyedot protein-protein utama bagi dirinya sendiri. Ia mendesak organ-organ ibunya untuk mendapatkan ruangan yang aman bagi dirinya sendiri. Untuk memenuhi kebutuhan darahnya, ia menyerap persediaan yang ada dalam tubuh ibu. Ia merampas kalsium ibunya untuk memperkuat tulang-tulangnya sendiri. Dia mengambil glycogen dari hati ibunya untuk memupuk tenaga bagi dirinya sendiri. Dia berbuat semaunya sendiri untuk kepentingan dirinya sendiri.

 

Tampaknya si bayi begitu rakus. Namun justru kerakusan inilah kebijaksanaan alam sebab hanya dengan cara itulah ia akan bisa hidup terus. Ibu masih bisa mencari banyak sumber untuk tubuhnya. Tetapi bayi hanya menggantungkan sumbernya pada seorang; yakni pada anda: kaum ibu! Dan dengan cara-cara sedemikianlah dia mempersiapkan saat penting dalam hidup: kelahirannya!

 

 

Menjaga Tubuh Demi Persalinan

 

Dalam rangka kelahiran sang anak, tubuh ibu secara menyeluruh melakukan pelbagai persiapan. Plasenta ibu bekerja terus membuahkan hormon sampai surplus yang berguna bagi buah dadanya dalam menghadapi tugas yang menanti. Begitulah, air susu di dalam buah dada cukup tersedia. Di samping itu segala sesuatu tampak berjaga-jaga. Produksi air susu misalnya, belum akan mulai bekerja sebelum kelenjar otak sang ibu beraksi. Beberapa jam setelah kelahiran, kelenjar otak itu memberi tanda, dan buah dada ibu pun mulai menjalankan tugasnya.

 

Di samping itu, ada hal sangat menarik yang terjadi dalam tubuh ibu. Tubuh menyediakan jalan agar bayi bisa lewat. Lambung ibu yang biasanya normal menjadi sedikit lembik. Pembuluh-pembuluh darah dalam saluran kelahiran mengembang besar-besaran menambah persediaan darah untuk menopang kelahiran si bayi nantinya. Pinggul ibu menjadi lebih lentur hingga nanti kepala bayi akan mudah melewati liang saluran pinggul saat kelahirannya. Terjadinya perubahan-perubahan secara fisik maupun jasad ini, sungguh bagai mukjijat demi terselenggaranya kelahiran bayi anda.

 

Kemudian, apa yang terjadi dalam tubuh ibu saat sang bayi siap dilahirkan?  Berkenaan dengan ini, para ahli kedokteran masih terus mengadakan penyelidikan dan menghasilkan beberapa teori.

 

Teori yang pertama menyatakan bahwa rahim mengembang cepat mengatasi daya tahannya. Kemudian dengan daya tertentu rahim mendorong si bayi keluar. Teori lain mengatakan bahwa di saat-saat tersebut tubuh ibu memprodusir suatu zat kimiawi misterius sebagai pencipta daya tertentu. Namun zat apakah itu, sampai sekarang ternyata tak pernah bisa dipastikan. Sedang teori yang ketiga menyatakan bahwa sebelum terjadinya proses kelahiran, di dalam darah terjadi penambahan jumlah hormon seks secara besar-besaran. Dan hal ini memungkinkan plasenta menjadi lentur dan mampu menghasilkan hormon, dan selanjutnya membuat kandungan tinggal tetap tenang selama sembilan bulan. Pertambahan hormon dalam aliran darah ini adalah tanda mulainya persiapan menyambut kedatangan sang bayi.

 

Pada saat kelahiran hampir 95% dari bayi yang lahir kepalanya berada di bawah, mendorong lambung ibu yang menjadi lembik. Untuk terbukanya liang peranakan ini, liang harus bertambah sekitar 11 sampai 14 cm. Maka itulah demi tercapainya hal tersebut dibutuhkan tenaga ibu yang cukup besar. Namun untung saat kehamilan semakin berkembang, rahim ibu menjadi lebih kuat dan tebal dengan bertambahnya tunas-tunas baru jalinan urat. Begitulah maka bila saat kelahiran tiba, hal tersebut bisa dipergunakan sebagai tenaga ibu yang sangat dibutuhkan itu. Dan, suatu kehidupan baru muncul di bumi, dengan kedatangan si makhluk kecil menyentak udara yang pertama dalam tangis yang sehat.

 

 

D  U A

Perawatan Calon Ibu Selama Masa Menunggu

 

Calon  Ibu yang Berbahagia,

 

Perawatan yang baik bagi bayi anda, tidak dimulai saat ia lahir, tetapi saat anda sadar ia telah anda kandung. Meski belum sampai waktunya, tetapi kesehatan badan, gizi, dan perkembangan jasmani yang baik akan membantu pembentukan bayi anda yang sehat.

 

Perawatan bayi anda berarti anda mau mempersiapkan semuanya segera di bawah pengawasan dokter yang telah anda pilih. Kemudian anda mesti mengikuti petunjuk dokter, merawat kondisi badan anda, dan istirahat.

 

Perawatan sebelum melahirkan akan membuahkan kebahagiaan ganda. Pertama, anda memberikan sesuatu yang terbaik bagi kekuatan dan kesehatan bayi anda. Kedua, anda telah berusaha agar kandungan selalu menyenangkan dan kelak bisa melahirkan semudah mungkin.

 

Pemeriksaan sebelum minggu keenam, ada kecenderungan kurang tepat. Dokter biasanya akan membuat keputusan yang lebih tepat dengan tidak munculnya menstruasi pada bulan kedua. Ini disebabkan sulitnya menentukan kehamilan yang sangat bermacam-macam buat setiap orang. Pemeriksaan terlalu awal hanya akan mengakibatkan pengulangan pemeriksaan. Di samping itu, banyak kelainan serius, yang kadang-kadang bisa membuat kesalahan pada pemeriksaan yang terlalu awal.

 

Dalam pemeriksaan, dokter dengan teliti akan mengambil contoh darah untuk pemeriksaan awal kehamilan anda. Ia akan membuat catatan tentang berat badan, tekanan darah, ukuran tubuh, dan air seni anda. Data tersebut akan menjadi pedoman yang sangat berharga baginya pada bulan-bulan mendatang untuk menentukan kemajuan berat badan anda, apakah ada perubahan pada air seni anda dll. Semuanya itu bertujuan mengikuti dan demi kebaikan perkembangan kehamilan anda.

 

 

Tanda-tanda Kehamilan

 

Terhentinya siklus menstruasi biasanya merupakan tanda awal kehamilan. Terhentinya menstruasi  ini kadang-kadang diikuti dengan rasa mual di pagi hari, atau sering kali ingin kencing. Nah, sudah saatnya anda pergi ke dokter.

 

Ada juga tanda-tanda lain kehamilan. Misalnya seperti buah dada membesar, dan coklat puting payudara anda melebar. Namun tanda-tanda semacam ini sulit dipastikan sebelum kandungan berumur 3 bulan. Yang penting sebaiknya anda mendapatkan kepastian yang cermat dari seorang dokter.

 

Di masa-masa awal kehamilan, anda bisa mengunjungi dokter sebulan sekali. Sekitar pertengahan masa kehamilan, mungkin dokter akan meminta anda datang setiap 2 atau 3 minggu sekali, dan pada bulan-bulan akhir kehamilan, mungkin seminggu sekali. Tanyakan selalu mengenai perkembangan kehamilan anda.

 

Bila kehamilan anda normal, peranan dokter terhadap anda bukan lagi sebagai seorang yang mengobati pasien, namun sebagai pembimbing demi kebaikan kehamilan anda. Dengan petunjuk dan bimbingannya, anda akan merasa aman, tenang, siap, dan berbahagia dalam menghadapi kelahiran putra anda.

 

Perlu diketahui dan tidak usah kecewa, meski perkembangan ilmu kedokteran maju pesat namun toh belum diketahui secara persis detik-detik kelahiran bayi. Hanya dalam garis besar dokter sering memperkirakan sekitar 280 hari sejak akhir menstruasi anda. Anda mesti sabar dan tenang. Dengan kunjungan anda kepada dokter secara teratur, dan bila dokter telah merasakan detak-detak jantung bayi anda, dia akan memberitahu bahwa semuanya berjalan baik dan tibalah saat yang anda nantikan. Jangan memaksa dokter untuk mempercepat proses kelahiran. Bila dia merasa bahwa kelahiran perlu dipercepat, dengan kebijaksanaannya dia akan menentukan segalanya. Jangan gugup. Percayalah pada kemampuannya.

 

 

Kegiatan yang Baik Selama Mengandung

 

Selama mengandung, anda tetap bisa melakukan tugas anda sebagaimana biasa. Terpenting, harus dihindari jangan sampai tenaga anda terkuras hingga kecapaian. Sebagai dalil, berhentilah bekerja sebelum lelah, jangan sesudahnya.

 

Anda biasa melakukan pekerjaan di rumah? Itu bagus sekali. Anda malah bisa mengambil keuntungan dengan terus melakukannya. Dengan itu berarti anda terus melatih tubuh anda. Tentu saja hendaknya dipilih kerja yang ringan-ringan. Hindari membawa atau mengangkat barang berat-berat.  Bagi wanita pekerja, karyawati,  sebaiknya mengambil cuti. Benar-benar istirahat meski hanya dalam jangka pendek. Biasanya dokter menasehatkan anda cuti saat kandungan berumur 7 bulan.

 

Selanjutnya perlu diingat, membiasakan diri latihan jasmani tetap perlu sejauh anda mampu. Jalan-jalan di pagi hari sesuai kemampuan. Jangan sampai menjadi terlalu lelah. Ini sangat berguna. Disamping untuk menghirup udara segar, jalan-jalan di pagi hari membuat anda merasa lebih tenang dan lebih tentram.

 

Banyak ibu bertanya, apakah saat mengandung boleh bepergian? Untuk perjalanan tidak begitu jauh dan tidak memakan waktu sampai satu jam, umumnya bisa saja dilakukan. Namun untuk perjalanan cukup jauh, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anda lebih dahulu.  Kiranya lebih bijaksana bila dua bulan menjelang kelahiran, anda tidak pergi ke mana-mana, dan sudah siap sedia di suatu tempat di mana anda mesti melahirkan.

 

 

Yang Perlu Diperhatikan Saat Mengandung

 

Banyak pendapat menyatakan merokok berakibat jelek bagi wanita hamil. Dokter biasanya melarang, setidak-tidaknya bagi ibu perokok hendaknya mengurangi rokok. Begitu pula halnya dengan minuman-minuman keras. Nikotin dan alkohol biasanya dikatakan berakibat buruk bagi bayi dalam kandungan.

 

Akan halnya pemakaian obat tidur, obat bius, atau obat penenang, hendaknya hati-hati. Orang sebelumnya menyangka obat bius dan obat penenang otomatis berakibat buruk bagi wanita hamil. Meski sebenarnya tidaklah begitu, namun pemakaian obat tidur atau bius hendaknya harus sepengetahuan dan hanya seturut nasehat dokter.

 

Di masa-masa kehamilan, ada hal lain yang juga perlu diperhatikan secara serius. Yakni berkenaan dengan bercinta atau persetubuhan. Enam minggu menjelang saat bayi dilahirkan, hendaknya suami istri bisa menahan diri berkenaan dengan hal tersebut.

 

 

Makanan Selama Masa Kehamilan

 

Perkembangan bayi dalam kandungan anda tergantung dari apa yang anda makan. Maka itulah diet yang tepat merupakan syarat utama. Hal itu bukan berarti anda harus makan banyak-banyak, namun mutu makanan yang mesti lebih diperhatikan. Mutu yang diperlukan calon bayi agar berkembang normal.

 

Dengan mutu makanan yang baik, ada kemungkinan berat badan anda bertambah. Ini memang diperlukan pada saat persalinan. Namun sejauh manakah pertambahan berat yang ideal, harus anda perhatikan nasehat dokter anda.

 

Banyak penyelidikan menemukan, mutu makanan yang jelek membawa akibat buruk bagi ibu hamil dan bayinya. Bayi menjadi lemah, sakit-sakitan, bahkan juga bisa mengakibatkan keguguran. Perkembangan bayi yang sehat dan baik membutuhkan zat-zat makanan yang baik, secara ajeg, setiap hari dan tak boleh terputus.

 

Kemudian, makanan apa sajakah yang berkualitas baik? Tentu saja makanan yang mempunyai nilai-nilai gizi tinggi. Maka hendaknya anda harus cermat memilih makanan. Mengenai gizi yang diperlukan ini nanti akan diterangkan lebih lanjut.

 

Di samping perhatian terhadap nilai gizi, saat-saat kehamilan pun membutuhkan banyak vitamin. Vitamin merupakan syarat penting bagi perkembangan bayi dan tubuh anda sendiri selama anda mengandung. Adapun vitamin-vitamin yang anda perlukan antara lain misalnya vitamin C. tambahan vitamin C setiap hari tidaklah berbahaya. Di samping itu zat makanan penting yang pasti anda butuhkan yakni kalsium, protein, dan karbohidrat.

 

Di bawah ini terdapat daftar zat-zat makanan dan vitamin yang anda butuhkan selama kehamilan berikut kegunaannya.

 

 

GIZI

Kenapa kita butuhkan?

Terdapat Dalam:

Protein

Membentuk dan memperbaiki semua jaringan tubuh; penyediaan energi.

Daging, ikan, telur, ayam, dan nasi.

Lemak

Penyediaan sumber tenaga.

Margarine, keju, minyak kelapa dll.

Karbohidrat

Sebagai sumber tenaga dan membantu tubuh dalam mencerna gizi-gizi lain.

Nasi, umbi-umbian, dan kentang.

Kalsium

Membentuk tulang dan gigi.

Susu.

Zat besi

Bersama-sama dengan protein akan membentuk sel darah.

Hati, nasi, jagung, kuning telur, dan kerang.

Vitamin A

Menjaga organ-organ dalam tubuh, memupuk perkembangan syaraf, dan mata; pencegah infeksi.

Sayur-sayuran, hati, susu, dan kuning telur.

Vitamin B1

Menambah nafsu makan dan melancarkan pencernakan.

Ayam, nasi, daging, ikan, susu, dan kacang.

Vitamin B2

Berguna untuk nafsu makan dan pencernaan; untuk jalinan syaraf, kulit, dan mata.

Sayuran, daging, susu, dan nasi.

Vitamin C

Mencegah infeksi, melancarkan aliran darah, dan pernafasan.

Buah-buahan, kentang, dan sayuran.

Vitamin D

Memperkuat tulang dan gigi; membentuk pembentukan kalsium dan phospor.

Susu, telur, keju, berjemur di matahari.

Vitamin E

Menunjang perkembangan fetus dan lengkapnya kehamilan.

Selada, kecambah, gandum, harus diet seimbang.

Vitamin K

Menahan cucuran darah dan menjaga normalnya aliran darah.

Kuning telur, hati, tomat, bayam, kembang kol.

 

 

Makanan-makanan yang Perlu Diperhatikan

 

Anda memerlukan susu untuk mendapatkan kalsium yang begitu diperlukan bagi pembentukan gizi dan tulang-tulang bayi. Susu juga mengandung protein, karbohidrat, dan pelbagai vitamin penting lainnya yang sangat berguna bagi tubuh.

 

Maka itulah sebaiknya anda minum susu setiap hari. Bila anda tidak suka, usahakan dicampur atau dimasak sedemikian rupa di dalam makanan anda hingga anda menyukainya.

 

Berat badan anda pasti bertambah karena makanan-makanan baik yang anda makan selama kehamilan. Dan seandainya pertambahan berat anda melewati batas, konsultasilah dengan dokter anda. Tetapi yang jelas, dokter akan tetap mempertahankan susu, sementara anda boleh mengurangi makanan yang lain.

 

Perlu diketahui, wanita hamil memerlukan protein 50% lebih banyak daripada biasanya. Protein merupakan bahan-bahan yang bakal jadi organ dan jalinan pembentukan tubuh. Selain susu, sumber protein bisa didapat dari binatang dan tumbuh-tumbuhan. Yang berasal dari binatang antara lain seperti daging, telur, ikan laut, dan mentega. Sedang dari sumber lain bisa kita peroleh dari sayuran, roti, nasi, dan makanan lain.

 

Daging binatang dan telur  merupakan sumber-sumber yang kaya protein. Mereka juga mengandung mineral-mineral lain yang sangat berguna bagi tubuh. Maka daging, telur, dan ikan perlu diperhatikan dan menjadi kebutuhan utama bagi para wanita hamil. Bila kebutuhan protein tidak terpenuhi,  selama masa kehamilan ibu sering mengeluh kecapaian, anemia, dan sakit kepala.

 

Mineral lain yang juga penting selama masa kehamilan adalah  karbohidrat. Masalahnya, kebutuhan akan karbohidrat ini lebih terasa di saat kehamilan dibandingkan waktu-waktu yang lain. Karbohidrat terdapat dalam roti, nasi, tomat, dan makanan yang manis-manis. Dengan terpenuhinya karbohidrat berarti tubuh anda mendapatkan tambahan vitamin yang sangat bermanfaat bagi kehamilan anda.

 

Di samping itu perlu diperhatikan bahwa ada pelbagai makanan yang perlu dihindari selama masa kehamilan. Yakni makanan yang terlalu banyak mengandung lemak, gula dan kanji; seperti daging berlemak, macaroni, kue-kue, es krim, berondong jagung, lemak babi, ham dll. Juga hindari makanan yang terlalu banyak mengandung garam. Sebagai patokan, asal ada makanan yang diragukan, lebih baik jangan dimakan.

 

Inilah tujuh makanan dan minuman yang anda butuhkan selama kehamilan anda: (1) susu, (2) sayur-sayuran, (3) buah-buahan, terutama jeruk, (4) daging sapi atau ayam, ikan, setidak-tidaknya sekali dalam sehari, (6) sebutir telur, (6) nasi atau kentang atau roti tawar,  (7) vitamin D dengan nasehat dokter.

 

 

 

Bagian-bagian Tubuh yang Harus Dijaga

 

Perkembangan bayi anda tergantung dari perawatan dan penjagaan tubuh anda. Pertama yang perlu dijaga ialah perut. Bila anda mempunyai kecenderungan mudah sembelit, anda harus segera memperhatikan diet anda. Buah-buahan dan sayuran akan mengurangi sembelit, antara lain seperti sayuran hijau, buah-buahan yang direbus, jeruk, apel dll. Di samping memperhatikan makanan anda, sembelit juga bisa diatasi dengan keteraturan anda dalam pergi ke WC. Dan bila gangguan sembelit itu tiba, anda harus berlaku tenang. Jangan terlalu memaksa diri buang air besar.

 

Bila anda membutuhkan bantuan lain terkait sembelit, ada empat cara yang bisa anda lakukan: (1) minum segelas air hangat saat bangun tidur, (2) makan sedikit buah-buahan sebelum tidur, (3) makan yang lembik-lembik atau buah-buahan tertentu sebagai peluntur (yang bisa membuat murus), (4) bila tiga cara tersebut tidak menolong, sebaiknya anda pergi ke dokter untuk minta obat peluntur.

 

Di samping perut, yang juga perlu dijaga adalah ginjal. Ginjal berfungsi besar dalam air seni anda. Yang harus dijaga yakni agar air seni anda senantiasa bisa keluar lancar dan teratur. Kemudian, yang perlu anda lakukan berkenaan dengan hal ini tak lain hanyalah minum air 6 sampai 8 gelas, di samping susu, setiap hari. Bila air seni tiba-tiba menjadi sangat sedikit, sukar keluar, berwarna gelap, dan sangat berbau, harus segera menghubungi dokter anda.

 

Di samping itu, ada beberapa hal serius yang harus segera anda beritahukan pada dokter, sebab ada kemungkinan membahayakan kehamilan anda. Yakni apabila anda mengalami sembilan hal berikut:  (1) wajah, tangan, dan kaki terasa membengkak, (2) pandangan mata kabur, (3) Perut terasa sakit, (4) kedinginan, (5) Pendarahan vagina, (6) vagina mengeluarkan air cukup deras, (7) terus menerus muntah, (8) sakit kepala terus-menerus, (9) anda jatuh, bila jatuh cukup keras, cepat panggil dokter. Tetap di tempat tidur sampai dokter datang dan memeriksa.

 

Sembilan hal di atas perlu diperhatikan, sebab bisa membawa dampak kemungkinan terjadinya kelainan cukup serius dengan kehamilan anda. Hanya dokter yang berwenang menentukan apa dan bagaimananya.

 

Masih ada hal lain yang perlu dijaga berkenaan dengan bagian tubuh anda, selama masa kehamilan. Yakni, gigi.  Bagi wanita hamil, ada kecenderungan gigi-giginya mudah lapuk.  Agar tidak terjadi gangguan, lebih cepat anda berjaga-jaga dan merawat gigi anda,  akan lebih baik.

 

Perlu diketahui juga, kenyamanan bayi anda kelak, juga tergantung dari puting payudara anda. Bayi anda musti menyusu bukan? Puting payudara harus senantiasa dirawat, harus dibersihkan setiap hari.

 

Bila puting payudara terasa kaku atau keras, sebaiknya diulas dengan minyak atau mentega hangat. Seperti diketahui, puting sesekali mengeluarkan cairan. Bila cairan ini dibiarkan, membuat puting susu terluka. Cairan yang menempel ini harus senantiasa dibersihkan. Puting juga harus senantiasa terlindung dalam kain yang bersih. Jangan memakai BH  ketat hingga menekan puting susu. Hal ini hanya akan menyukarkan anda bila menyusui dan tidak baik akibatnya bagi puting payudara itu sendiri.

 

Dalam kehamilan sering terjadi kerutan-kerutan atau garis-garis di sekitar perut dan paha anda. Jangan terlalu bingung. Ini disebabkan tegangan-tegangan yang terjadi di dalam kulit anda. Kerutan-kerutan ini bisa dihindari. Untuk itu, setiap hari sebaiknya anda mempergunakan lanolin atau krim lembut di sekitar perut dan paha anda.

 

 

Kepribadian

 

Setiap wanita ingin tampak senantiasa menarik. Begitu pula mereka yang sedang mengandung. Itu wajar dan sehat. Tidak usah cemas wanita mengandung akan luntur daya tariknya. Tetap bisa diusahakan. Begitu pula, anda!

 

Daya tarik tergantung dari perawatan tubuh anda. Saat mengandung badan umumnya lesu. Namun dengan mandi teratur, dengan air hangat dan ramu-ramuan tertentu, akan membuat badan segar, wajah berseri, dan jiwa  tenang. Itu semua membuat penampilan kepribadian anda tetap menarik.

 

Di samping itu, pakaian yang tepat saat mengandung, juga menentukan penampilan ada. Pakaian yang tepat berarti adanya kesesuaian antara model dan kombinasi warna bagi diri anda. Yang perlu diperhatikan bahwa gaun hamil hendaknya longgar dan penuh lipatan yang bisa lentur mengikuti perkembangan kehamilan anda. Hindari gaun yang begitu ketat terutama yang melingkari pinggang dan kaki.

 

Pakaian dalam anda hendaknya benar-benar enak dan pas melingkari paha anda, namun tak boleh ketat di pinggang. Sedang ukuran BH anda, di saat mengandung sebaiknya dinaikkan satu sampai dua nomer. Hal ini untuk memberi kelonggaran bagi buah dada dan puting susu anda.

 

Bila dokter tidak menganjurkan hal lain, anda bisa memakai kendhit yang lentur, yakni kain lebar yang membelit pinggang. Hal tersebut bisa memberikan rasa nyaman bagi anda. Sedang sepatu yang baik selama masa kehamilan adalah sepatu bertumit pendek. Sandal atau sepatu bertumit tinggi hanya akan menyulitkan keseimbangan tubuh anda, yang jelek akibatnya bagi kehamilan anda.

 

Kemudian, seirama dengan perkembangan kehamilan anda, anda pun menjadi gemuk dan gembrot. Begitu pula sehabis kehamilan, perut anda akan menjadi lentur dan kendor. Dan anda dihantui kecemasan bahwa akan begitu selamanya. Dengan jalan-jalan, olah tubuh ringan, dan memperhatikan diet anda, bagian tubuh anda akan mengencang kembali. Itu berarti bahwa anda harus senantiasa memperhatikan pertambahan berat badan anda. Tanya dokter anda, sejauh mana pertambahan berat badan anda yang tidak melampaui batas, yang ideal!

 

 

Berhati-hati, Tetapi Tetap Hidup Biasa

 

Setiap wanita gembira menyadari diri mengandung. Dan bila itu kehamilan pertama, sering merupakan peristiwa yang luar biasa. Meski begitu, tak perlu masa kehamilan ini menjadikan anda seperti orang cacat atau tidak berdaya. Teruskan saja hidup anda sebagaimana biasa. Lihat! Banyak wanita pekerja, karyawati, tetap biasa bekerja di luar rumah selama masa kehamilan mereka. Biasa, gembira, dan bahagia sepanjang waktu, namun bayi-bayi mereka toh sehat dan montok saat dilahirkan.

 

Meski begitu, hidup hati-hati menjadi mutlak di masa kehamilan. Di samping mesti memakai gaun ekstra agar tidak kedinginan, ada banyak hal yang perlu anda perhatikan.

 

Di antara yang banyak itu, terpenting adalah sepuluh hal berikut:

 

Pertama, hindari penderita demam, khususnya mereka yang mengidap penyakit menular. Mungkin penyakit tersebut tidak begitu mempengaruhi anda, namun bisa berbahaya bagi bayi anda. Maka itulah umpama salah seorang anak anda sakit misalnya, serahkan perawatannya pada orang lain.

 

Kedua, anda mesti istirahat lebih banyak. Di samping siang hari istirahat, malam hari sekurang-kurangnya anda mesti tidur 9 jam. Bila anda bekerja dan kurang istirahat, tidur malam mesti tambah sekitar 1 jam.

 

Ketiga, perhatikan sungguh-sungguh nasehat dokter mengenai diet anda. Juga demi kesehatan anda, perhatikan timbangan tubuh anda sebelum dan sesudah kelahiran.

 

Keempat, hindari gerakan-gerakan tubuh yang makan banyak tenaga, seperti melompat, berjingkrak atau membawa beban-beban berat.

 

Kelima, jangan duduk atau berdiri terlalu lama.

 

Keenam, hirup udara segar dan nikmati sinar matahari sebanyak-banyaknya.

 

Ketujuh, menjaga tubuh jangan sampai demam.

 

Kedelapan, jangan bercinta atau bersetubuh di akhir bulan kehamilan atau 6 minggu menjelang kelahiran.

 

Kesembilan, teruskan saja hobi anda keluar rumah, seperti berkunjung ke rumah teman, sebanyak-banyaknya.

 

Kesepuluh, hendaknya teratur mengunjungi dokter sesuai waktu yang ditentukan, dan selalu langsung berbicara bila ada kelainan.

 

Di samping sepuluh hal di atas, anda tidak perlu kuatir seandainya ada dokter lain yang nasehatnya lain dengan dokter anda. Dokter anda yang paling tahu kehamilan anda. Juga jangan membandingkan hal-hal khusus kehamilan anda dengan ibu-ibu hamil yang lain. Hal-hal semacam ini hanya akan membuat kecemasan dalam diri anda.

 

 

Perhatian Khusus Bagi Karyawati

 

Kehamilan tampak nyata sejak kandungan berumur 4 bulan. Bila penampilan sungguh diperlukan dalam pekerjaan anda, anda mesti cuti dan bekerja di rumah saja.

 

Mungkin perut yang membesar tidak merupakan soal bagi pekerjaan anda, namun pekerjaan anda sendiri menuntut anda mesti berdiri terus-menerus. Jika demikian, anda sebaiknya minta cuti dua bulan menjelang kelahiran bayi anda. Dan bila pekerjaan menuntut anda duduk terus-menerus, anda mesti berhati-hati juga.

 

Jika berencana kembali bekerja, sebaiknya setelah bayi anda paling kurang berumur 6 minggu. Lebih-lebih bila anda mesti merawatnya. Meski pekerjaan anda begitu penting, mohon dipikirkan lebih dalam siapa yang tepat merawat bayi anda. Bayi anda sangat membutuhkan anda. Pekerjaan memang mendatangkan nafkah. Tetapi bayi anda tidak ternilai hanrganya.

 

 

Merencanakan Tempat Bersalin

 

Ada kemungkinan dokter menyarankan agar anda melahirkan di rumah sakit. Bila demikian, maka anda mesti memilih tempat bersalin yang sesuai dengan kemampuan anda. Hal ini harus sejak awal direncanakan. Biasanya setiap rumah sakit memiliki kelas-kelas, cara-cara perawatan dan biaya yang tertentu. Pilihlah yang paling terasa mantap di hati anda.

 

(Bersambung)

 

Gunung Merbabu, Juni 2016

 

 

*****

Ikuti tulisan menarik L Murbandono Hs lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler