x

Iklan

Syahna Selinda

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Mengenal Tanggulangin Surga Kerajinan Kulit Sidoarjo

Produk kerajinan kulit Tanggulangin perlu mendapat perhatian lebih dari pemerintah, mengingat kualitasnya yang telah mendunia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kota Sidoarjo di Jawa Timur ternyata tidak hanya terkenal karena sambal petis atau lumpur lapindonya saja, siapa sangka disebuah kecamatan yang hanya berjarak 9 km dari pusat kota ini berjajar showroom kerajinan kulit berkualitas yang sudah mulai menembus pangsa Internasional. Tanggulangin sebuah kecamatan di selatan Kota Sidoarjo ini memang telah menjadi surganya kerajinan kulit, bagi anda pecinta Tas, Dompet, atau kerajinan Jaket Kulit bisa mencoba mengunjungi tempat ini yang rata-rata buka dari pagi sampai pukul 10 malam, banyak produk kerajinan kulit bermerk yang mengambil produk dari sini. Tidak jarang terlihat Tas Kulit, Jaket Kulit ataupun Dompet Kulit dirak-rak pertokoan mewah yang di display di beberapa Mall besar di Surabaya hingga Jakarta adalah merupakan produksi Tanggulangin.

Jarak perjalanan ke kecamatan ini tidak terlalu jauh dari Kota Surabaya, lokasinya yang berbatasan langsung dengan Porong ini hanya memakan waktu tempuh sekitar 30 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi. Semenjak musibah lumpur lapindo yang terjadi beberapa tahun silam, industri kerajinan kulit didaerah ini memang mulai sedikit redup, dikecamatan Tanggulangin sendiri ada desa yang terkena dampak dari luapan lumpur lapindo yakni desa kedungbendo, tidak hanya itu saja salah satu penyebab menurunnya industri kerajinan kulit didaerah ini juga karena masuknya produk-produk tas kulit imitasi dari china yang sangat murah dan lebih diminati pembeli. Tanggulangin memang tidak lagi seramai dulu meskipun masih ada UKM pengerajin jaket kulit yang bertahan hingga saat ini. Meskipun begitu Tanggulangin masih memiliki potensi yang luar biasa akan industri kerajinan kulitnya. Menurut kami Pemerintah Kota Sidoarjo dan Pusat perlu lebih mempromosikan lagi tempat ini mengingat Sidoarjo telah memproklamirkan diri sebagai Kota UKM Indonesia, dengan perhatian dari pemerintah bukan tidak mungkin Tanggulangin bisa menjadi pusat kerajinan kulit di Indonesia.

Saya memiliki beberapa langganan produsen Jaket Kulit disini, salah satunya adalah Syafa pengerajin kulit yang tokonya berada tepat di depan retail Alfamart Jl. Raya Kludan Kecamatan Tanggulangin. Umumnya harapan mereka adalah agar lokasi ini bisa mendapat perhatian lebih dan semakin dipercantik lagi. Dengan kondisi lokasi yang bagus diharapkan akan semakin banyak pengunjung dan mengenal pusat kerajinan kulit di Jawa Timur ini. Apalagi mengingat bahwa profesi warga masyarakat disini selain sebagai petani dan mengolah tambak juga sebagian besar sebagai pengerajin kulit.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik Syahna Selinda lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB