x

Iklan

Handoko Widagdo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Perempuan-perempuan Ibu Kota

Gambaran perempuan-perempuan tajir Ibukota yang mencoba menegakkan martabat dan pandai berakrobat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Judul: Nyonya Besar Bermartabat dan Pandai Akrobat

Penulis: Threes Emir

Tahun Terbit: 2013

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama                                                                         

Tebal: 217

ISBN: 978-602-03-0031-3

Bergosip itu mengasyikkan tetapi tak ada manfaatnya. Alih-alih memberi manfaat, bergosip sering malah menimbulkan masalah. Jika si tergosip tidak terima, maka pastilah perang bharatayuda yang menimbulkan prahara akan melanda dunia pertemanan kita. Namun Threes Emir bisa mengubah sesuatu yang berpotensi menjadi gosip menjadi sebuah cerita yang elegan tanpa menimbulkan kedukaan. Malah kita bisa belajar dari tokoh-tokoh yang dikisahkannya.

Lihatlah cerita-ceirta tentang nyonya-nyonya besar metropolitan ini. Threes Emir bercerita dengan renyah tokoh-tokoh perempuan yang disebutnya nyonya-nyonya besar dengan segala perilakunya. Saya yakin para nyonya besar di buku ini adalah tokoh-tokoh nyata yang berada di sekitar penulisnya. Setidaknya tokoh-tokoh yang memang ada dan dalam radar pengamatan Threes Emir.

Ada nyonya besar yang teguh pendiriannya dan berhasil menghadapi kanker karena semangatnya untuk berbuat baik bagi orang lain. Ada nyonya besar yang tabah dikhianati suaminya di setiap repelita. Ada nyonya besar yang begitu halus dalam menghadapi kenakalan sang suami, namun nasipnya sungguh (selalu) malang.

Ada pula nyonya besar yang menyebalkan yang perilakunya selalu memanfaatkan teman-temannya. Ada juga yang begitu cinta diri sehingga melupakan ibu dan saudara-saudarinya. Ada juga yang percaya dirinya kebesaran sehingga merasa bisa menyanyi padahal suaranya pas-pasan saja. Ada juga nyonya yang sembarangan dalam menjalani hidup sampai suatu waktu tersandung seorang mahasiswa muda yang tergiur kepadanya.

Perempuan dalam pandangan Thees Emir adalah seorang manusia tabah, pandai mengendalikan perasaan, selalu berupaya menyenangkan suami dan anak-anaknya, halus tutur bahasanya. Nyonya Welas Asih dan Nyonya Sepuh adalah dua contoh perempuan sempurna yang dimunculkan dalam dalam buku ini. Sedang perempuan yang suka berburu tas-tas bermerek dan berharga mahal, yang suka menonjolkan diri, seperti sang penyanyi adalah jenis-jenis perempuan yang tidak cocok menjadi nyonya besar. Pandangan seperti ini jelas dipengaruhi oleh pandangan Jawa tentang perempuan. Meski para perempuan tokoh-tokohnya semuanya hidup di kota metropolitas Jakarta, namun latar belakang pandangan Jawa tak hilang dari sifat-sifat yang disandangnya.

Namun Threes Emir tidak hanya menulis tentang perempuan yang hanya menjadi kanca wingking (teman pelengkap) lelaki saja. Ia mengisahkan betapa gigihnya perempuan dalam bekerja dan berusaha. Threes Emir juga membangun citra perempuan yang cerdas dan mempunyai tanggungjawab keluarga dan sosial. Ia tidak menampilkan perempuan yang cengeng yang bisanya hanya menghabiskan harta suaminya. 

Threes Emir sendiri adalah seorang nyonya besar. Itulah sebabnya dalam berkisah, ia betul-betul paham bagaimana para nyonya besar tersebut hidup sehari-hari. Merk-merk tas, pakaian, tempat-tempat makan, tempat bersosialita dan tempat-tempat wisata para nyonya besar dan lagu-lagu yang biasa didengarkan oleh para istri ini dibawanya masuk dalam kisah-kisahnya.

Jadi, jika anda ingin menjadi nyonya besar yang bermartabat dan pandai akrobat, bacalah buku ini. Anda akan dituntun untuk menjadi seorang perempuan sempurna yang elegan tinggal di ibu kota. Anda tak perlu ikut kursus kepribadian. Dengan membaca buku ini sambil minum teh pelangsing di tepi kolam renang, pastilah anda akan mendapatkan beberapa tips bagaimana menjadi nyonya besar yang berhasil. Tentu saja anda tetap harus berolah raga dan mengurangi makan karbohidrat.

Ikuti tulisan menarik Handoko Widagdo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB