x

Iklan

Noquba Z

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Siapa yang tak mengenal minuman berkhasiat satu ini. Ya, madu. Madu merupakan minuman penunjang kesehatan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Siapa yang tak mengenal minuman berkhasiat satu ini. Ya, madu. Madu merupakan minuman penunjang kesehatan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Sudah selazimnya seorang ibu hamil, harus selalu berada dalam kondisi badan yang prima, karena kesehatan ibu hamil juga bakal berpengaruh kepada kesehatan bayi atau janin.

 

Madu sangat banyak kandungan gizinya yaitu vitamin, asam amino, zat gula glukosa dan fruktosa, riboflavin, thiamin, asam pantotenat, niasin, asam askorbat, piridoksin, dan kandungan mineral antara lain zat besi, kalsium, kalium, magnesium, natrium, phosphor, sulfut, dan mangan. Selain itu, madu juga dilengkapi dengan keunggulan lain seperti kandungan antibiotick yang ada dalam setiap tetesnya. Itulah kenapa madu merupakan salah satu sumber energi yang amat dianjurkan bagi ibu hamil.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pemakaian Madu Sejak Dahulu

Dalam catatan Mesir kuno ( 1553-1550 SM) madu telah digunakan sebagai resep untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti mengobati luka, merangsang pengeluaran kemih, mengobati sakit perut dan sebagainya.

inilah khasiat madu untuk kesehatan ibu dan janin yang dapat kami rangkum:

1. Meringankan sakit mulas yang dialami ibu hamil

Sakit Mulas adalah gangguan yang sering dialami yang sering terjadi. Hormon yang dikeluarkan selama masa kehamilan menyebabkan sphincter diantara lambung dan kerongkongan menjadi lunak. Ketika keadaaan seperti ini terjadi maka zat asam lambung kembali lagi ke kerongkongan yang dapat menyebabkan rasa terbakar. Keadaan seperti ini dapat terjadi sampai pada bulan-bulan akhir kehamilan.

Hal ini disebabkan karena bayi mendorong organ-organ ke atas. Oleh karena itu menyebabkan rasa mulas pada ibu. Sakit mulas tersebut dapat diringankan dengan cara mengkonsumsi susu yang ditambah dengan madu. Percampuran antara madu dan susu bisa menetralkan kelebihan asam lambung. Minum segelas susu setiap malam menjelang tidur dengan madu hamil, bisa mengatasinya.

2. Menjaga Sistim Kekebalan Ibu Hamil

Pada masa hamil kadang terserang pilek, karena wanita hamil lebih rentan terhadap penyakit. Saat terserang penyakit pilek, ibu hamil akan mengalami hal yang mana membrane mukosa terjadi pembesaran yang menyebabkan sulit bernafas. Ibu hamil harus meningkatkan konsumsi makanan dan minuman yang kaya serat misalnya jus untuk ibu hamil. Wanita hamil dapat membuat teh dengan tambahan madu untuk meringankan sakit tenggorokan yang tidak nyaman.

3. Meringankan Morning Sickness (Emesis Gravidarum)

Morning Sickness (Emesis Gravidarum) dialami oleh sebanyak 70 persen ibu hamil di seluruh dunia. Mual dan muntah pada trimester awal masa kehamilan menjadi gangguan juga. Pada kasus yang berat morning sickness dapat menurunkan berat badan, kekurangan nutrisi atau komplikasi kesehatan, sehingga bisa memengaruhi perkembangan bayi dalam kandungan.

Dalam pengobatan tradisional, untuk wanita hamil yang mengalami muntah dan mual biasanya kerupuk dan soda, akan tetapi ini hanya sedikit membantu. Untuk itu ibu hamil dapat menyeduh jahe hangat dan madu untuk mengobatinya.

4. Meningkatkan Hemoglobin (Sel Darah Merah) pada Wanita Hamil

Manfaat madu untuk ibu hamil, mengandung Fe atau Zat besi, yang dapat menambah kuantitas eritrosit pada ibu hamil Wanita hamil sering kali mengalami anemia, dengan meningkatnya sel darah merah maka dapat meningkatkan kadar hemoglobin.

5. Membantu Mengurangi insomnia pada wanita hamil.

Diantara madu yang dapat mengurangi insomnia adalah madu. Disamping dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh juga bisa membantu ibu hamil untuk cepat tidur.

6. Membantu Memperkuat Kandungan ibu hamil

Madu apel bisa mengobati mual yang biasa dialami oleh ibu hamil. Disamping itu, madu apel bisa membantu memperkuat kandungan wanita hamil. Madu dari pohon juga dapat membantu menguatkan aliran darah sehingga dapat membantu mempersiapkan persalinan.

7. Membantu Mengobati Penyakit Maag Selama Masa Kehamilan

Untuk mengobati maag selama masa kehamilan, ambil kunyit sebesar 2 kali ibu jari dan temu putih sebanyak 1 batang. Lalu kunyit dan temu putih direbus ke dalam setengah liter air sampai menjadi berkurang setengahnya. ambil air rebusannya setelah panasnya berkurang dimasukkan madu secara perlahan. Akan tetapi perlu tahu dulu bedanya mual karena hamil atau maag, sebelum melakukan pengobatan ini.

8. Aman Bagi Wanita Hamil

Tak perlu khawatir untuk meminum madu untuk wanita hamil. Di dalam jurnal Canadian Family Physician menjelaskan sistem pencernaan orang dewasa terdapat bakteri yang bisa melindungi dari botulisme atau penyakit yang menyebabkan otot kaku setelah kelahiran anak dan berpotensi menyebabkan kematian. Namun toksin dari botulisme sendiri tidak akan sampai kepada plasenta.

Sumber : http://madukandungan.com/

Ikuti tulisan menarik Noquba Z lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 jam lalu

Terpopuler