x

Iklan

Lana webmaster

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

6 Kandungan Susu Kambing Etawa Untuk Kesehatan dan Kebugaran yang Harus Kamu tau

Susu yaitu salah satu sumber utama kalsium yang diperlukan tubuh. Namun, jangan hanya terpaku pada susu sapi sebab susu kambing juga nggak kalah manfaatnya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Susu yaitu salah satu sumber utama kalsium yang diperlukan tubuh. Namun, jangan hanya terpaku pada susu sapi sebab susu kambing juga nggak kalah manfaatnya. Selain mengandung kalsium, susu kambing juga kaya antioksidan serta asam lemak baik, sehingga mampu memenuhi keperluan nutrisi pada tubuh.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Disamping itu, kandungan nutrisi yang ada pada susu kambing sama dengan yang terdapat pada Air Susu Ibu (ASI). Susu kambing juga mempunyai risiko alergi yang cukup rendah dibanding susu sapi. Hal ini disebabkan karena susu kambing mengandung lebih sedikit kandungan kasein alpha 1 yang merupakan salah satu penyebab alergi.

Dari kandungan nutrisinya, berikut beberapa manfaat susu kambing.

 

Sumber Kalsium dan Antioksidan

 

Seperti susu sapi, susu kambing pun kaya akan kalsium serta fosfor yang berguna bagi pembentukan tulang. Susu kambing juga mengandung zinc dan magnesium yang merupakan antioksidan serta untuk melindungi kita dari penyakit saraf.

 

Mengobati Anemia

 

Meminum susu kambing secara rutin dapat memperbaharui kondisi anemia defisiensi zat besi. Ini karena susu kambing bisa merangsang pemakaian zat besi pada tubuh dan merangsang perbaikan hemoglobin.

Berbeda dengan susu sapi, susu kambing meminimalisir interaksi antara kalsium dan zat besi dalam tubuh. Interaksi kedua zat mineral tersebut akan menyebabakan efek samping yang saling menghambat. Misalnya, sedangkan kalsium dalam susu sapi bisa meminimalkan penyerapan zat besi pada tubuh.

 

Sebagai Probiotik

 

Susu kambing mengandung oligosaccharides atau senyawa yang mengandung glukosa sederhana. Dengan senyawa yang sama dengan ASI, oligosaccharides dalam susu kambing berperan sebagai probiotik untuk tubuh kita. Senyawa ini mampu membersihkan usus besar dari jamur dan bakteri penyakit yang timbul dari sisa makanan.

 

Lebih Mudah Diserap Tubuh

 

Keuntungan lainnya adalah susu kambing bisa sedikit lebih baik bagi kita yang memiliki intoleransi terhadap laktosa. Ini karena susu kambing mengandung proporsi laktosa lebih rendah dibandingkan susu sapi, sehingga lebih cepat dicerna. Selain itu , gumpalan protein susu kambing yang dibentuk oleh aktivitas asam lambung lebih lembut sehingga akan lebih mudah dicerna. Ini bisa menguntungkan bayi yang sering gumoh atau memiliki gangguan pencernaan seperti refluks.

 

Mengandung Asam Lemak Baik

 

Susu kambing mempunyai asam lemak esensial seperti linoleat dan arakidonat yang lebih melimpah dibandingkan susu sapi. Asam lemak ini merupakan sumber kekuatan yang mudah diserap dan tidak mengendap pada tubuh sebagai lemak.

 

Lemak susu kambing bisa menurunkan kadar kolesterol total dan menjaga kadar trigliserida. Ini membuat susu kambing jadi satu-satunya pilihan sehat mencegah penyakit jantung.

 

Tips Mengonsumsi Susu Kambing

 

Susu kambing bisa dipertimbangkan sebagai menu alami yang bisa diminum secara rutin oleh semua orang, terlebih bagi mereka yang mempunyai alergi pada susu sapi, mempunyai masalah penyerapan nutrisi atau malabsorption, memiliki kadar kolesterol yang tinggi, anemia, atau osteoporosis.

 

Tetapi, secara umum meminum susu sapi dan susu kambing tidak disarankan untuk bayi berumur di bawah satu tahun. Hal ini karena pemberian susu selain ASI dalam bayi dapat menimbulkan berisiko iritasi usus dan anemia. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter bila ingin memberikan susu selain ASI untuk anak khususnya anak yang alergi akan susu formula berbahan dasar susu sapi atau kedelai.

 

 

Sebagai informasi tambahan, anda dapat memebeli dari penjual susu kambing murah di website-website google, salah satunya adalah infosiana.net. 

Sekian, semoga bermanfaat. 

Yuk berbagi kritik dan saran di kolom komentar.

(Disadur dari website: Jual susu kambing murah) 

Ikuti tulisan menarik Lana webmaster lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler