x

Iklan

dsmoviehd

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Sejarah dan Tempat Wisata Candi Mendut

Candi mendut adalah salah satu candi Budha yang cukup penting peranannya di Jawa. Candi Mendut terletak di sebuah desa bernama Mendut

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Candi mendut adalah salah satu candi Budha yang cukup penting peranannya di Jawa. Candi Mendut terletak di sebuah desa bernama Mendut, di kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Letaknya sangat strategis yaitu kurang lebih 3 kilometer dari Candi Borobudur. Letaknya yang sangat strategis membuat candi mendut cukup ramai dikunjungi para wisatawan domestik dan mancanegara setiap hari. Pada hari raya Waisak, candi Mendut akan sangat ramai sekali karena candi ini merupakan pusat prosesi awal acara peringatan Waisak sebelum prosesi bergerak menuju candi Borobudur.

Sejarah Candi Mendut belum lah jelas karena sampai saat ini sebenarnya belum ada data yang akurat mengenai waktu persisnya candi mendut dibangun. Namun berdasarka beberapa penelitian arkeologi kemungkinan besar candi mendut didirikan pada tahun 824 Masehi. Tidak ada bukti sejarah Candi Mendut ang ditemukan di lokasi candi mendut yang menyebutkan tahun pembuatan candi ini.

Namun pada suatu ketika ada seorang arkeolog Belanda bernama J.G. de Casparis menyebutkan bahwa pada Prasasti yang ditemukan di desa Karang Tengah yang ditemukan dan berangka tahun 824 Masehi, disana disebutkan bahwa Raja Indra telah membangun sebuah bangunan suci bernama Venuwana. Oleh Casparis kata venuwana diartikan sebagai hutan bambu. Hutan bambu ini kemudian diperkirakan adalah kawasan desa Mendut yang pada waktu itu masih berupa hutan bambu. Maka lalu disimpulkan bahwa bangunan suci yang dibangun Raja Indra dari dinasti Syailendra tersebut adalah Candi Mendut. Dan menurut perkiraan, sejarah candi mendut ini usianya jauh lebih tua dari Candi Borobudur.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik dsmoviehd lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu