x

Iklan

Fathur Rozi

Selain aktif di SPORTS EVENT, saya ingin Berbagi Inspirasi & Solusi kepada sesama melalui WWW.SILATURAHIM.CO.ID untuk masa depan yang lebih baik.
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Sehat Dengan Susu Kambing

Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, susu kambing masih terasa asing kedengarannya. Dibanding dengan susu sapi, memang susu kambing jauh kalah populer.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, susu kambing masih terasa asing kedengarannya. Dibanding dengan susu sapi, memang susu kambing jauh kalah populer. Padahal kalau dilihat dari kandungannya, susu kambing memiliki banyak keunggulan dibanding susu sapi. Mengkonsumsi susu kambing akan membuat tubuh lebih sehat.

Tak heran bila sejak beberapa abad yang lalu, susu kambing menjadi minuman favorit Nabi Muhammad Saw. Seperti diriwayatkan sahabat Ibnu Abbas, Aku bersama Rasulullah Saw dan Khalid bin Al-Walid masuk ke rumah Maimunah. Maimunah menyuguhkan kepada kami satu wadah berisi susu kambing. Rasulullah lantas meminumnya. Aku berada di sebelah kanan Rasulullah sedang Khalid berada disebelah kirinya. Rasulullah bersabda, “Jika minum susu maka ucapkanlah ‘Allahumma barik lana fihi wa zidna minhu’ (Ya Allah, berkahilah kami pada susu ini dan tambahkanlah untuk kami lebih dari itu). Karena tidak ada makanan dan minuman yang setara dengan susu.” (HR. Al-Baihaqi).

Seperti diketahui, Rasulullah Saw menjadi teladan juga untuk soal kesehatan. Beliau memiliki kesehatan yang prima. Mengapa beliau lebih memilih susu kambing dibanding susu sapi atau unta? Pastilah ada keistimewaan dibanding susu lainnya. Sebagai umatnya kita akan mendapat pahala bila mengikuti sunnahnya. Sayangnya, masyarakat kita masih belum terbiasa minum susu kambing. Berbeda dengan masyarakat di Eropa Barat dan Eropa Timur, seperti Perancis, Spanyol, Italia, Yunani dan Rusia, mereka sudah terbiasa mengkonsumsinya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Apa sebenarnya kelebihan susu kambing dibanding susu sapi? Menurut Balai Penelitian Veteiner Bogor, kandungan protein susu kambing lebih tinggi dari susu sapi. Ini baik untuk anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangan yang memerlukan protein tinggi.

Khasiatnya susu kambing lainnya adalah:

- Memiliki kandungan laktosa lebih tinggi sehingga cukup manis bila diminum langsung tanpa gula. Ini menghindarkan dari resiko terkena diabetes.

- Memiliki resiko lebih kecil terkena alergi. Ukuran molekul susu kambing lebih kecil sehingga mudah diserap oleh usus.

- Kandungan vitamin dan zat gizi lainnya, seprti Vitamin A, Lemak, Vitamin B1, Riboflavin dan Kalsium, lebih tinggi dibanding susu sapi.

Karena berbagai khasiat yang dikandungnya, Journal of American Magazine menjelaskan bahwa susu kambing merupakan salah satu minuman yang memiliki gizi lengkap, seperti vitamin, meineral, elektrolit, unsur kimia, enzim, protein dan lemak. Kemudian seorang dokter dan ahli nutrisi Amerika, Bernard Jensen, mengatakan bahwa kandungan gizi yang baik pada susu kambing bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan berbagai manfaat dan khasiat di atas, seyogyanyalah kita mulai beralih mengkonsumsi susu kambing dari sekarang.

Ikuti tulisan menarik Fathur Rozi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

23 jam lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

23 jam lalu