x

Iklan


Bergabung Sejak: 1 Januari 1970

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

5 Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Tubuh

Kita sering mendengar kata kolagen tapi apakah anda tahu apa sebenarnya kolagen itu, apa manfaatnya untuk kesehatan?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jika anda wanita, tentu sudah tidak asing lagi sama yang namanya kolagen. Ya, nutrisi ini sering dikaitkan dengan kecantikan kulit. Akan tetapi, kolagen sebenarnya bukan hanya bermanfaat untuk kulit, tapi banyak manfaat-manfaat lainnya yang belum banyak kita ketahui. Dalam artikel ini akan coba uraikan menjadi 7 manfaat kolagen untuk kesehatan? efek samping jelly gamat walatra

Apa Sebenarnya Kolagen Itu?

Kolagen merupakan bentuk protein yang paling banyak di tubuh kita. Ini ditemukan pada otot, tulang, kulit, pembuluh darah, sistem pencernaan dan tendon.

Inilah yang membantu memberi kekuatan dan elastisitas kulit kita, bersamaan dengan mengganti sel kulit mati.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Produksi kolagen dalam tubuh akan berkurang seiring bertambahnya usia. Maka dari itu mulailah muncul tanda penuaan, seperti keriput, kulit kendur dan nyeri sendi karena tulang rawan yang lemah atau menurun. bahaya jelly gamat walatra

Faktor gaya hidup lainnya seperti mengonsumsi makanan tinggi gula, merokok dan paparan sinar matahari yang tinggi juga berkontribusi pada berkurangnya tingkat kolagen.

Telah ditemukan bahwa penyakit terkait kolagen paling sering timbul dari kombinasi cacat genetik, asupan makanan kaya kolagen yang buruk, kekurangan gizi dan masalah pencernaan yang mempengaruhi produksi (sintesis) kolagen.

Inilah 7 Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen menurun. Meningkatkan kadar kolagen dapat membantu kulit Anda terlihat lebih kencang, meningkatkan kelancaran, dan membantu sel kulit Anda tetap memperbarui dan memperbaiki secara normal.

Sebuah studi menunjukan bahwa, asupan 2,5-5 gram kolagen hidrolisat yang digunakan pada wanita berusia 35-55 sekali sehari selama delapan minggu secara signifikan dapat memperbaiki elastisitas kulit, kelembaban kulit, kehilangan air transepidermal, dan kekasaran kulit. Hal inilah mengapa kolagen menjadi salah satu bahan perawatan kulit alami terbaik yang tersedia.

Kolagen yang terkandung dalam jelly gamat juga mengurangi selulit dan stretch mark. Ketika kulit kehilangan elastisitasnya akibat penurunan kolagen, ada efek samping lain. jelly gamat walatra rasa jeruk

2. Mengurangi Nyeri Sendi Dan Degenerasi

ketika kita kehilangan kolagen, tendon dan ligamen kita mulai bergerak dengan mudah, menyebabkan kekakuan, persendian bengkak dan banyak lagi.

Dengan strukturnya yang menyerupai gel dan halus yang menutupi dan menahan tulang kita, kolagen memungkinkan kita bergerak tanpa rasa sakit.

Kolagen ibaratnya sebuah pelumas yang melumasi engsel pintu rumah anda. Hal yang sama terjadi pada kolagen sebagai pelumas persendian, Ini membantu sendi Anda bergerak lebih mudah, mengurangi rasa sakit yang sering dikaitkan dengan penuaan dan bahkan mengurangi risiko kerusakan sendi.

Tidak mengherankan jika sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa kolagen adalah pengobatan yang efektif untuk mengobati osteoarthritis dan nyeri sendi dan kelainan lainnya.

3. Membantu Menyembuhkan Usus Bocor

Jika Anda mengalami suatu kondisi dimana racun buruk bisa masuk melalui saluran pencernaan Anda, kolagen bisa sangat membantu. Ini membantu memecah protein dan menenangkan lapisan usus Anda, memperbaiki dinding sel yang rusak dan menanamkannya dengan asam amino penyembuhan. hendiherbal

Manfaat kolagen untuk pencernaan adalah dapat membantu membentuk jaringan ikat dan menyembuhkan lapisan pelindung saluran pencernaan.

Studi telah menemukan bahwa pada pasien dengan penyakit inflamasi usus, konsentrasi kolagen serum menurun. Ini dikarenakan asam amino dalam kolagen membangun jaringan yang melapisi saluran usus besar dan usus, ditambah dengan kolagen dapat membantu mengatasi gejala dan gangguan gastrointestinal, termasuk sindrom usus bocor, IBS, acid reflux, penyakit Crohn dan kolitis ulserativa.

Selain membantu menyembuhkan usus yang bocor, kolagen juga membantu penyerapan air di dalam usus, menjaga agar benda bergerak lebih leluasa keluar dari tubuh.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Dorongan dalam kolagen dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda dengan menambahkan massa otot ke bingkai dan membantu konversi nutrisi penting.

Salah satu peran paling penting dari glisin adalah membantu membentuk jaringan otot dengan mengubah glukosa menjadi energi yang memberi makan sel-sel otot. Dan ingat bahwa mempertahankan massa otot sangat penting seiring bertambahnya usia, karena membantu menopang postur tubuh, kesehatan tulang dan membakar lebih banyak kalori daripada lemak. walatra

Saat mengonsumsi kolagen, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari mengkonsumsi vitamin C juga untuk memastikan tubuh Anda bisa mengubah kolagen menjadi protein yang bisa digunakan. Ini bisa mulai mengembalikan sumber atau energi dan vitalitas Anda.

Penelitian menunjukkan glisin juga memiliki peran penting dalam kedua fungsi sistem saraf pencernaan dan pusat, yang berperan besar dalam menjaga tubuh yang sehat dan awet muda. Glisin tampaknya membantu memperlambat efek penuaan dengan memperbaiki penggunaan antioksidan tubuh dan juga digunakan dalam proses membangun sel sehat dari DNA dan RNA.

Selain itu, telah ditemukan bahwa arginine meningkatkan kemampuan tubuh untuk membuat protein dari asam amino lain yang penting untuk memperbaiki jaringan otot, menyembuhkan luka, meningkatkan metabolisme, dan membantu pertumbuhan dan perkembangan yang tepat.  jellygamatwalatra.over-blog.com

5. Memperkuat Kuku, Rambut dan Gigi

Pernah mengalami kuku mengelupas? Nah, kekurangan kolagen bisa jadi penyebabnya. Protein kolagen adalah blok bangunan kuku, rambut dan gigi Anda. Menambahkan kolagen ke dalam diet Anda dapat membantu menjaga kuku Anda tetap kuat.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology menemukan bahwa ada hubungan "esensial antara matriks ekstraselular (ECM) dan regenerasi folikel rambut, yang menunjukkan bahwa kolagen bisa menjadi target terapeutik potensial untuk rambut rontok dan penyakit terkait kulit lainnya.

6. Meningkatkan Kesehatan Hati

Jika Anda ingin detoksifikasi zat berbahaya dari tubuh Anda, memperbaiki aliran darah dan menjaga jantung Anda tetap muda, kolagen sangat membantu. Itu karena glisin membantu meminimalkan kerusakan pada pengalaman liver Anda saat menyerap zat asing, toksin atau alkohol yang seharusnya tidak melewatinya. songjoong.bcz.com

Salah satu cara termudah untuk membersihkan hati yang cepat adalah dengan kaldu tulang. Hal ini dapat membantu tubuh Anda melepaskan diri dari bahan kimia dan "mengatur ulang" usus Anda, meningkatkan fungsi kekebalan secara keseluruhan. Studi bahkan menemukan bahwa glisin dapat digunakan untuk membantu mengurangi kerusakan hati akibat alkohol dan bentuk cedera hati akut atau kronis lainnya.

7. Melindungi Kesehatan Kardiovaskular

Proline diperlukan untuk memperbaiki jaringan di dalam sendi dan arteri, ditambah lagi membantu mengendalikan tekanan darah. Sebagai bagian dari kolagen yang ditemukan di dalam sendi, ia menyangga tubuh kita dari efek getaran atau kejutan dan membantu kita berpegang pada tulang rawan yang berharga seiring bertambahnya usia. qncjellygamat

Ini juga terkait dengan pencegahan arteriosklerosis (pengerasan arteri) karena membantu arteri kita tetap bersih dari penumpukan plak berbahaya.

Selain itu, arginin membantu produksi nitrit oksida, yang memungkinkan vasodilatasi lebih baik, yang berarti pelebaran arteri dan relaksasi sel otot dan pembuluh darah yang memungkinkan sirkulasi lebih baik. 

kolagen untuk kulit wajah dapat digunakan sebagai obat herbal jerawat batu. Selain itu, kolagen bermanfaat untuk meregenerasi sel-sel kulit mati.

Ikuti tulisan menarik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terkini