Mahasiswa KKN UNEJ Gelar Workshop Hidroponik - Analisis - www.indonesiana.id
x

Andik Setyawan (PB)

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jember
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Mahasiswa KKN UNEJ Gelar Workshop Hidroponik

    suatu program inovatif yang memanfaatkan limbah botol plastik menjadi media tanam untuk sayuran

    Dibaca : 2.015 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Probolinggo - Puluham siswa MTs Irsyaduddiniyah Patokan Yayasan Irsyaduddiniyah mengikuti program workshop (pelatihan, red) hidroponik metode sumbu atau wick yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN (kuliah kerja nyata,red) Universitas Jember Kelompok 20 Desa Patokan, Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo. Pada Selasa (01/08/2017).

    Teknik bercocok tanam secara higienis dan modern akan menjadi teknik pertanian yang dibutuhkan di masa depan. Salah satu teknik bercocok tanam modern tersebut adalah teknik hidroponik, dimana teknik bertanam ini adalah menggunakan air sebagai media tumbuhnya. Berbagai teknik hidroponik dapat diterapkan, tapi system sumbu dipilih oleh KKN 20 untuk diajarkan kepada masyarakat karena selain mudah juga bahan-bahan yang digunakan merupakan limbah dan botol bekas yang banyak ditemui didesa. 

    Hidroponik system wick membutuhkan beberapa pengetahuan dan keterampilan khusus mulai dari cara penyediaan alat dan bahan sampai dengan perawatan tanaman. Sedangkan pengetahuan tersebut belum semuanya dimiliki oleh masyarakat utamanya masyarakat dipedesaan.  

    Hal tersebutlah yang menjadi pertimbangan mahasiswa KKN 20 untuk menginisiasi program pelatihan teknik hidroponik ini. Eugen Isaka W.Y., Kordinator Desa Patokan mengatakan bahwa “kegiatan ini dimaksudkan untuk menambah keterampilan warga desa dalam bidang pertanian”(01/08). Dampak dari Kegiatan tersebut diharapkan tidak selesai dalam satu hari itu, tetapi mampu dilanjutkan oleh para peserta workshop. Pengetahuan yang didapat, nangntinya bisa diimplementasikan di Patokan maupun di Desa asal masing-masing. Mengingat asal peserta yang juga santri berasal dari berbagai tempat di Probolinggo. Rio Fanta, Koordinator Kecamatan Bantara yang juga Hadir menjelaskan bahwa “sengaja teman-teman KKN 20 melaksanakan kegiatan ini di salah satu pesantren yang ada di Patokan karena pertimbangan asal santri yang berasal dari berbagai tempat”(01/08).  

    Kegiatan yang juga dijadikan salah satu program kerja bidang lingkungan di masing-masing posko sekecamatan Bantaran tersebut dilaksankan di aula gedung MTs Irsyaduddiniyah dan mendapat sambutan baik dari pihak sekolah. 

    Kegiatan berlangsung meriah dengan hadirnya seluruh siswa MTs Irsyaduddiniyah dan juga perwakilan mahasiswa dari semua posko di Kecamatan Bantaran, dimeriahkan pula oleh Bantaran Band yang membawakan beberapa lagu untuk meningkatkan semangat di forum Workshop.  

    dimulai dari Opening Ceremony, workshop dihadiri langsung kepala sekolah yang juga memberikan sambutan dan ucapan selamat datang kepada para mahasiswa. Dewi, Kepala Sekolah MTs Irsyadudiniyah menyampaikan, “pihak sekolah akan bersedia memfasilitasi program semacam ini untuk memberikan pengalaman baru kepada adik-adik siswa MTs”. Siswa yang juga bagian dari masyarakat ini nantinya diharapkan mampu meneruskan pesan dan pengetahuan tentang hidroponik ini kepad masyarakat lainnya, baik itu keluarga maupun masyarakat desa lainnya. Kegiatan yang menjadi salah satu program unggulan posko Patokan tersebut dilanjutkan dengan penyampaian materi dari mahasiswa dan disambung praktik langsung pembuatan media hidroponik sekaligus pemasangan media yang sudah dibuat disekitaran gedung sekolahan untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa sekaligus memperindah bangunan. Dewi menambahkan “kegiatan hidroponik semacam ini memang lebih tepat kalau langsung dibarengi praktik, karena selain mereka mendengar juga akan dapat pengalaman bagaimana cara membuat, merawat sampai dengan memanen”(01/08). Pungkasnya. 

      

     

     

    Ikuti tulisan menarik Andik Setyawan (PB) lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.