x

Iklan

Elfa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Menjaga Kesehatan Mental Sang Buah Hati

Menjaga kesehatan mental sang buah hati untuk menghindari dari penyakit jasmani

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Masa remaja dan pertumbuham psikologis anak merupakan masa yang kritis dalam siklus perkembangan seseorang. Di masa ini banyak terjadi perubahan dalam diri seseorang sebagai persiapan memasuki masa dewasa. Hal ini terjadi karena di masa ini penuh dengan gejolak perubahan baik perubahan ehabili, psikologik, maupun perubahan sosial yang mengakibatkan terjadinya gangguan mental.

Gangguan mental merupakan gangguan otak yang ditandai oleh terganggunya emosi, proses berpikir, perilaku, dan persepsi. Beberapa faktor yang berkaitan dengan perkembangan dan pertumbuhan mental anak yang orang tua tidak menyadari itu terjadi pada anak diusia remaja; Faktor individu atau yang lebih dikenal dengan sebutan faktor yang cukup nyata seperti gangguan tingkah laku, kepribadian dan psikologi lainnya. Kurangnya anak dalam keterampilan sosial seperti menghadapi rasa takut, rendah diri, dan rasa tertekan cenderung memicu perilaku risiko tinggi bagi anak. Yang kedua adalah faktor psikososial seperti ketidakharmonisan antara anak dan orang tua dan bullying.

Orang tua harus lebih waspada akan gangguan mental pada anak yang secara langsung maupun tidak langsung akan berubah menjadi penyakit fisik. Wujud kepedulian yang kita bisa lakukan dengan tindakan preventif (mencegah). Banyak aktivitas atau cara untuk mencegah anak dari ganggaun mental seperti mengajak anak untuk melakukan pendekatan dan beribadah keapada Tuhan Yang Maha Esa, melakukan hobi yang mereka senangi, berolahraga, mendengarkan tanpa menghakimi dan memberi dukungan postif dan informasi yang tepat, menerapkan konsep disiplin yang konsisten pada anak, berkomunikasi yang baik dan efektif antara anak dan orang tua, mendampingi anak ketika menghadapi masa-masa sulit dalam mengambil keputusan bagi anak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Oleh karena itu, jadikanlah kesehatan mental yang sama pentingnya dengan kesehatan fisik menjadi salah satu perhatian kita semua untuk meminimalisirkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti bunuh diri, psikosomatis dan gangguan mental lainnya agar buah hati kita bisa optimal dan sehat selalu dalam menjalankan berbagai aktivitas dan terhindar dari berbagai penyakit

Ikuti tulisan menarik Elfa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu