6 Makanan Jepang yang Asyik untuk Camilan

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

artikel tentang makan jepang yang bisa kita makan untuk menjadi cemilan mengganjal perut saat menunggu waktu makan tiba.

Jarum jam menunjukkan pukul 4 sore. Waktu makan malam masih lumayan lama, tapi keringat dingin meluncur, perut sudah keroncongan. Anda ingin makan camilan untuk sekedar mengganjal perut? Ini dia beberapa makanan Jepang yang sedap untuk camilan di sore maupun pagi hari.

  1. Dorayaki

Siapa tak suka dorayaki? Kue manis ini menjadi sangat populer di Indonesia setelah disiarkannya film kartun Doraemon di televisi. Robot kucing Doraemon sangat suka makan kue tradisonal Jepang ini.

 

Dorayaki banyak disukai oleh anak anak maupun orang dewasa karena rasanya manis dan teksturnya lembut, karena adanya madu di dalam adonan. Aslinya, kue ini diberi isian kacang merah. Namun sekarang banyak sekali penjual yang memodifikasi isinya, sehingga ada dorayaki isi cokelat, selai buah buahan, dan juga keju.

 

Kue bulat ini dinamakan dorayaki karena bentuknya yang mirip dengan gong (dalam bahasa Jepang disebut dora). Walaupun pada awalnya dorayaki berbentuk kotak, karena satu bundaran kue dilipat empat dan diberi selai kacang azuki. Sekarang dorayaki terdiri dari dua pancake bulat dan tengahnya diisi pasta kacang merah atau isian manis sesuai dengan selera pembeli.

  1. Taiyaki (Kue Ikan)

Hampir sama dengan dorayaki, taiyaki juga diisi dengan pasta kacang merah. Bedanya, taiyaki dicetak dengan panggangan yang berbentuk ikan. Jika kita memakannya hangat hangat, seolah olah sedang makan ikan yang manis dan lembut.

 

Awalnya taiyaki bernama imagawayaki, kue manis yang dicetak dalam berbagai bentuk binatang. Dalam bahasa Jepang, tai adalah salah satu ikan yang harganya sangat mahal. Ikan istimewa ini lalu dipercaya bisa membawa keberuntungan. Mungkin para pengemar taiyaki juga berharap bisa sukses dan beruntung setelah memakannya.

  1. Es Krim Ogura

Ogura alias kacang merah menjadi salah satu bahan favorit untuk dijadikan camilan khas Jepang. Ternyata kacang merah juga bisa diolah menjadi es krim. Kacang merah yang dicampur susu cair, kuning telur, gula putih, dan krim kental, dimasak jadi satu, lalu setelah suhunya mendingin, dimasukkan ke dalam freezer. Keruk minimal dua kali, dan jadilah es krim ogura yang lembut dan manis, dengan sensasi kacang merah di setiap gigitan.

 

Selain enak, kacang merah mengandung gizi tinggi, ada karbohidrat, serat, vitamin B, dan protein, dan mangan. Para ibu hamil juga bisa mengonsumsi es krim ogura sebagai cemilan, karena mengandung asam folat yang baik untuk perkembangan janin.  

 

Walaupun ogura (kacang merah) mengandung gizi tinggi, namun jangan memakan es krim ogura terlalu sering, apalagi jika anda sedang diet. Karena ada kandungan gula dan susu di dalam es krim ogura, yang mengandung kalori sangat tinggi.

  1. Mochi

Kue imut imut ini teksturnya sangat kenyal karena terbuat dari beras ketan. Mochi tradisional Jepang ditumbuk hingga lengket dan lembut. Namun sekarang banyak yang membuat mochi dari tepung ketan.

 

Sebuah mochi bisa diisi dengan kacang tanah atau selai rasa buah. Agar tidak lengket, mochi dibalur dengan tepung maizena. Jangan takut untuk memakannya, karena tepungnya sudah disangrai, sehingga aman untuk dikonsumsi.

  1. Takoyaki

Camilan bulat ini cukup unik karena diisi dengan potongan gurita. Satu bungkus takoyaki bisa berisi 5 sampai 10 bulatan, lalu diberi saus okonomiyaki. Dengan mencapitnya memakai tusuk gigi, kita bisa merasakan gurih dan lembutnya kue ini. Belakangan, pedagang takoyaki membuat takoyaki berisi cumi cumi atau sosis yang lebih murah dan mudah didapat daripada gurita.

  1. Edamame Rebus

Anda sedang diet, tapi ingin makan camilan? Edamame jawabannya. Kacang kedelai dari Jepang ini bisa direbus lalu dijadikan hidangan di sore hari. Saat diet, anda tak boleh melawan rasa lapar, karena jika semakin ditahan, akan semakin lapar. Lalu kalap makan macam macam. Lebih baik makan edamame rebus daripada membuka sebungkus roti manis yang bisa menggagalkan program diet anda.

 

Edamame mengandung sedikit sekali kalori sehingga bagus untuk diet. Selain itu, edameme mengandung protein tinggi. Protein berfungsi untuk membangun kekuatan otot sehingga bagus untuk para olahragawan.

 

Para lansia bisa juga mengonsumsi edamame karena bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan mengontrol kadar gula dalam darah. Bagi para wanita, edamame rebus sangat bagus untuk diasup karena menurunkan gejala menopause, mengurangi risiko kanker payudara dan mengandung asam folat yang bagus sekali untuk pembentukan janin di trimester pertama kehamilan. Edamame juga mengandung kalsium yang bagus untuk kesehatan tulang.

 

Berbagai macam camilan khas jepang yang rasanya manis maupun asin bisa jadi pilihan untuk snack sore. Tak hanya enak, mereka juga bergizi dan berkhasiat tinggi. Tak perlu jauh jauh ke Jepang, sudah banyak penjual camilan kahs Jepang di Indonesia.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Andintya Kusumaningtyas

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

6 Makanan Jepang yang Asyik untuk Camilan

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua