x

Iklan

Syarif Yunus

Pemerhati pendidikan dan pekerja sosial yang apa adanya
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Trik Investasi Di Tahun Politik

Tahun politik bukan hanya tidak pasti. Tapi juga penuh risiko. Bagaimana trik investasi pada tahun politik?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Politik memang bikin heboh. Panggung sepakbola Piala Presiden pun digiring jadi “panggung politik”. Dari total 14 partai peserta pemilu; 4 partai baru lolos verifikasi sementara 2 partai lama tiddak lolos. Panggung politik ke depan, makin ramai makin seru. Gimana gak? Tahun 2018 adalah tahun politik. Pasalnya, ada 171 daerah yang akan menggelar Pilkada serentak di bulan Juni 2018 nanti plus bersiap Pilpres untuk tahun 2019. Tapi di saat yang sama, politik pun mempunyai risiko. Risiko yang paling jelas adalah terjadinya “ketidakpastian”. Sehingga menyebabkan meningkatnya biaya, berkurangnya pendapatan di berbagai sektor ekonomi, hingga money politic. Keadaan menjadi semakin tidak pasti, bila stabilitas politik terganggu.

Sejalan dengan dinamika politik di Indonesia, risiko keuangan dan risiko investasi juga bisa “menghantui” setiap individu atau investor. Potensi risiko, tentu, akan selalu ada pada setiap orang. Uang di tabungan yang tadinya tergolong cukup, tiba-tiba “ludes” akibat adanya biaya tak terduga yang harus dikeluarkan untuk urusan keluarga. Begitu pula investasi di properti atau rumah pun mengandung risiko. Karena susahnya menjual kembali properti atau rumah pada saat dananya diperlukan.  

Bagaimana dengan investasi di saham? Memang benar, ada istilah investasi di saham katanya high risk high return. Tapi nyataya, imbal hasil atau return-nyayang diperolehlebih kecil dari deposito sekalipun. Jika ini terjadi, maka di situlah risiko investasi di saham.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seperti politik, investasi di mana pun pasti ada risikonya. Bahkan setiap produk investasi pasti memiliki potensi risiko. Masalahnya, mampu atau tidak, kita mengendalikan risiko atau menata ulang risiko yang mungkin terjadi. Maka prinsip dalam investasi adalah pengendalian. Semakin kita mampu mengendalikan investasi. Maka potensi risiko pun semakin berkurang.

Lalu, investasi apa yang bisa dilakukan di tahun politik?

Tidak perlu khawatir. Banyak alternatif investasi yang bisa dilakukan. Sesuai dengan pilihan dan profil risiko yang Anda miliki. Salah satunya adalah reksadana. Melalui reksadana, Anda dapat menempatkan dana ke dalam instrumen investasi yang tersedia di market, baik berupa saham, obligasi, pasar uang atau lainnya. Tentu, dengan bantuan pengelolaan dari manajer investasi profesional yang Anda pilih.

Reksadana, belakangan ini menjadi produk investasi yang berkembang pesat. Namun, masih banyak masyarakat yang belum paham. Oleh karena itu, reksadana patut menjadi pilihan investasi yang dapat memastikan tujuan keuangan Anda. Sekalipun di tahun politik.  

Maka seiring dinamika politik yang terjadi. Nyali untuk membuat keputusan investasi yang cerdas tidak mungkin ditunda lagi. Jangan takut investasi di tahun politik. Karena risiko ketidakpastian keuangan Anda akan lebih besar akibat terlambat investasi.

 

Sekalipun di tahun politik, Anda harus tetap berani membuat keputusan investasi yang tepat, Untuk memastikan target investasi dan tujuan keuangan ke depan. #CIPTAinvestasi #ReksadanaCAM

 

Ikuti tulisan menarik Syarif Yunus lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu