x

Iklan

RiTx UMG Idealab

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

UMG Center of Excellence Akan Hadir di Indonesia

UMG Idealab berencana mendirikan UMG Center of Excellence di Indonesia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

UMG Idealab berencana mendirikan UMG Center of Excellence di Indonesia. Hal tersebut disampaikan CEO UMG Idealab, Kiwi Aliwarga dalam kunjungannya ke Kantor Pemerintah Daerah Sleman, DI Yogyakarta, kepada Kepala Dinas Lingkungan dan Kepala Dinas Perijinan Sleman, kemarin, Rabu (18/4).

"Disamping berkaitan dengan perijinan, kunjungan tersebut dimaksudkan pula untuk menjelaskan latar belakang pendirian UMG Center. Termasuk, tujuan dan fasilitas yang ada di dalamnya kepada seluruh jajaran Pemda Kabupate Sleman," kata CEO UMG, Kiwi Aliwarga.

Rencananya, lanjut ia, fasilitas ini akan dibangun di daerah Bangunkerto, Kecamatan Turi dan fasilitas ini merupakan yang pertama di Indonesia. Fasilitas ini akan difungsikan sebagai laboratorium untuk berbagai kegiatan penelitian Agro-Biotech, riset alat-alat pertanian, perikanan dan peternakan, serta penelitian berbagai hal lainnya terkait teknologi di sektor pertanian.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain memperkenalkan maksud dan tujuan UMG Center Excellence, Kiwi pun mengenalkan salah satu teknologi yang tengah dikembangkan UMG Idealab yaitu RiTx, FisTx dan LiTx. Bersama dengan beberapa akademisi dari Universitas Gajah Mada yang turut serta mengembangkan teknologi ini menjelaskan ketiga teknologi tersebut dengan seksama.

Pria yang memiliki 3000 lebih karyawan di Myanmar ini menjelaskan, RiTx merupakan aplikasi yang berbasis teknologi dengan fitur-fitur yang bermanfaat untuk petani. Sebut saja, fitur prediksi cuaca realitme hingga lima hari ke depan, info harga komoditas tiap daerah dengan realtime, membuka peluang member untuk jadi agen.

Selain itu, masih banyak fitur unggulan lainnya seperti, forum tanya jawab, produk e-commerce, marketplace untuk jual beli, internet of thing yang diintegrasikan dengan aplikasi, jual dan sewa alat-alat dan mesin pertanian, crowdfunding untuk membantu modal petani, hingga klinik biotek yang siap membantu masalah pertanian secara langsung.

"Kami pun berencana membangun laboratorium pusat untuk melakukan penelitian dan produksi seperti, Agro-Biogtech, IoT dan Agrivision, Drone dan Electric Vehicle," sebut Kiwi dihadapan perwakilan Pemda Kabupaten Sleman.

Ia menambahkan, sama halnya dengan teknologi yang tengah dikembangkan pada FisTx dan LiTx yang dapat dioperasikan secara gratis melalui HP Android. Tentunya, prioritas utama UMG Idelab adalah memberikan kemudahan pada nelayan melalui aplikasi FisTx dan peternak pada LiTx.

Nampak perwakilan Dinas Lingkungan Sleman dan Dinas Perijinan tersebut dengan serius mengamati yang dijelaskan CEO UMG Idealab ini. Bahkan, memberikan dukungan dan apresiasi positif maksud dan tujuan UMG Center serta teknologi yang tengah dikembangkan UMG Idelab saat ini.

Mereka pun berharap, dengan adanya UMG Center of Excellence ini, bisa menjadi cikal bakal kemajuan teknologi pertanian di Indonesia. Mengingat, Indonesia masih cukup tertinggal dengan negara tetangga lainnya.

 

 

 

Ikuti tulisan menarik RiTx UMG Idealab lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler