Fakta Unik Indonesia

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content
Iklan

Iklan Rokok tetapi Tidak Menampilkan Orang Merokok: Fakta Unik Iklan Rokok Indonesia

Tentu anda pernah bertanya-tanya mengapa iklan rokok di Indonesia berbeda dengan iklan produk lainnya yang menampilkan model iklan mengonsumsi produk atau jasa yang digunakan. Hal ini terkait dengan regulasi iklan merokok di Indonesia. Berikut beberapa fakta iklan rokok di Indonesia.

  • Ditayangkan pada malam hari

Penayangan iklan rokok pada malam hari merupakan salah satu kebijkan pemerintah yang bertujuan untuk menghindari perokok usia dini, terutama anak-anak dan remaja. Malam hari dianggap sebagai waktu tidur bagi anak-anak dan penayangan iklan rokok pada jam ini akan meminimalkan iklan ditonton anak-anak. Hal ini sesuai regulasi Etika Pariwara Indonesia (EPI) bahwa iklan rokok dan produk dewasa hanya boleh disiarkan pada pukul 21.30 - 05.00 waktu setempat.

  • Tidak menampilkan adegan merokok
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Penyebab tidak adanya adegan orang merokok pada iklan rokok Indonesia adalah adanya larangan adegan dan penggunaan produk rokok atau produk dewasa di seluruh media, termasuk televisi.Kebijakan ini bertujuan untuk mengurangi kekhawatiran bahwa anak kecil akan mengonsumsi rokok tanpa mengetahui resikonya.Selain itu, hal ini juga diatur dalam EPI tentang Tata Krama Iklan Rokok dan Produk Tembakau yang melarang menampilkan produk,atribut, dan peragaan rokok.

  • Bertema lifestyle

Bertema lifestyle dan dipenuhi quote merupakan ciri khas iklan rokok Indonesia. Biasanya berupa adegan menaiki gunung, kesuksesan dalam hidup, ataupun tantangan lainnya. Tema-tema ini disisipi dengan makna tersirat yang disampaikan produk pada penonton.

  • Slogan bahaya merokok

Slogan bahaya merokok selalu disisipkan pada akhir iklan yang diatur di dalam EPI. Iklan rokok harus mencantumkan peringatan kesehatan dalam bentuk gambar dan tulisan sebesar paling sedikit 10% dari total durasi iklan dan atau 15% dari total luas iklan.

  • Tidak mengandung ajakan merokok

Larangan ini tercantum pada regulasi EPI bahwa penyiaran iklan rokok atau produk tembakau tidak boleh memengaruhi atau merangsang khalayak untuk merokok.Hal ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah akan kesehatan masyarakat.

Fakta-fakta tentang iklan rokok di Indonesia hadir sebagai bentuk kepedulian pemerintah untuk memelihara masyarakat dengan kehidupan bebas rokok. Merokok dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti serangan jantung dan diabetes melitus yang dapat berakibat fatal. Selain itu banyak orang tidak menyukai bau rokok yang menempel dan tajam. Hal ini dapat diminimalkan dengan konsumsi rokok yang tepat, salah satunya Dunhill Ultra. Inovasi Less-Smell Smoke rokok ini, mampu mengurangi bau rokok yang tidak diinginkan. Komposisi rokok ini juga sudah di desain khusus untuk menciptakan aroma yang lebih rendah bau bagi lingkungan.

 

 

 

Bagikan Artikel Ini
img-content
rwp siska

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Fakta Unik Indonesia

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler