x

Iklan

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

5 Tips Tetap Produktif Meski Sedang Jalani Puasa

Meski sedang menjalankan ibadah puasa dengan menahan lapar dan haus, tidak berarti hidup boleh tidak produktif.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba. Bulan suci penuh berkah ini adalah saat bagi kita untuk menjalankan ibadah puasa. Meski sedang menjalankan ibadah puasa dengan menahan lapar dan haus, tidak berarti hidup boleh tidak produktif. Berikut ini tips agar kamu tetap produktif meski sedang menjalani puasa:

 

1. Penuhi asupan gizi saat sahur dan buka puasa

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagai pekerja yang harus tetap produktif di masa puasa, puasa tenti tidak bisa dijadikan alasan untuk bermalas-malasan sehingga tidak produktif. Untuk itu, untuk menjaga produktivitas selama puasa, tak ada salahnya kamu memilik asukan gizi saat sahur atau buka puasa. Menyeimbangkan asupan makanan yang mengandung protein, karbohidrat, zat besi serta kalsium sangat diperlukan. Tak hanya itu saja, memperbanyak minum air putigh membantu tubuh kamu tetap bugar.

 

2. Kurangi lembur

Lembur banyak menyedot energi. Oleh sebab itu, padatkan kerjaan di pagi hari saat tubuh masih prima sehingga di siang hari tinggal mengecek dan memeriksa kembali secara detail. Dengan cara kerja seperti ini, niscaya bisa terhindar dari lembur.

 

3. Gunakan waktu istirahat untuk sholat

Meski bulan Ramadhan, bukan berarti tidak ada jam istirahat. Oleh sebab itu, ada baiknya jam istirahat dimanfaatkan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat seperti sholat di masjid dan membaca ayat-ayat suci dibanding hanya tidur di mushola atau masjid.

 

4. Hindari bergadang

Gunakanlah waktu istirahat pada malam hari semaksimal mungkin dan jangan sampai bergadang. Orang yang kurang istirahat karena bergadang biasanya memiliki stamina tubuh yang tidak maksimal.

 

5. Dapatkan pendapatan lain

Masa puasa bukan berarti tidak bisa mendapatkan pemasukan tambahan. Bisnis kecil-kecilan yang bernuansa "ramadhan" bisa mendatangkan pendapatan tambahan. Apalagi, keuntungan bisnis kecil-kecilan itu, entah tajil, menu buka puasa, atau fashion muslim, disimpan di aplikasi modern IPOTPAY yang memberikam imbal hasil (return) 10% per tahun.

Ikuti tulisan menarik Dhea lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu