x

Iklan

Muhammad Khairur Rasyid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

1800 Peserta ikuti Ujian Penmaba UNJ 2018 di Esa Unggul

Universitas Esa Unggul menjadi tempat Ujian bagi 1800 siswa yang mengikuti Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru (Penmaba) UNJ 2018, Sabtu (21/08) lalu.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Esaunggul.ac.id, Jakarta Barat, Universitas Esa Unggul menjadi tempat Ujian bagi 1800 siswa yang mengikuti Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru (Penmaba) UNJ 2018, Sabtu (21/08) lalu. Ujian PENMABA UNJ digelar pada pukul 10.00 hingga 15.00 WIB. Sejumlah materi soal pun diujikan, yang terbagi menjadi dua tahap yakni soal TKD (Test Kemampuan Dasar) yang terdiri atas mata uji Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris yang dimulai pada pukul 10.00 hingga 12.00 WIB. Tahap kedua yang dimulai pukul 13.00 hingga 15.00 mengujikan materi (TK Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Geografi, Sejarah, dan Ekonomi.

Salah satu Panitia penyelenggaran PENMABA UNJ Universitas Esa Unggul Dwita Uthami Putri menjelaskan untuk melancarakan acara PENMABA UNJ 2018, pihak Esa Unggul telah menyiapkan berbagai fasilitas penunjang PENMABA, seperti fasilitas parkir, tenda penunggu orang tua, para pengawas ujian hingga pusat informasi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Dalam menghadapi ujian PENMABA ini kami mempersiapkan sejumlah fasilitas mulai dari teknis penyelenggaraan hingga fasilitas penunjang untuk para pengatar peserta juga disediakan yakni di Ballroom Aula Kemala," terang Dwita di Universitas Esa Unggul, beberapa waktu lalu.

Menurutnya kesiapan Universitas Esa Unggul dalam menyelenggarakan Ujian skala besar seperti ini, telah teruji oleh sejumlah event nasional diantaranya Seleksi Masuk Bersama perguruaan Tinggi (SBMPTN) 2018 dan Penmaba UNJ 2017. Selain menjadi tuan rumah penyelanggaran PENMABA UNJ 2018, Dwita pun menerangkan Esa Unggul menyediakan tawaran untuk para peserta yang mengikuti ujian PENMABA UNJ 2018 dapat menerima potongan uang formulir sebesar Rp.100.000 jika mereka ingin masuk dan melanjutkan kuliah di Univeritas Esa Unggul.

"Jadi kita mempersiapkan potongan untuk para peserta ujian sebesar 100 ribu rupiah bagi siapa saja yang ingin masuk tentunya dengan melampirkan formulir Penmaba UNJ," terangnya.

Sementara itu, Salah satu peserta Penmaba UNJ, Farhan Hadi mengatakan sejak jauh-jauh hari dirinya telah mempersiapkan untuk menghadapi ujian PENMABA UNJ, seperti melakukan pembelajaran intensif lewat soal-soal dan materi PENMABA tahun lalu.

"Untuk menghadapi ujian PENMABA ini sih saya mempersiapkannya selama hampir dua minggu full mengerjakan materi-materi terkait ujian PENMABA, itu sih menurut saya belum cukup," terang Farhan.

Siswa alumni SMA 11 ini juga menceritakan materi dari soal-soal yang diujikan selama PENMABA pun sangat sedikit sehingga dirinya tidak mampu mengatur waktu dalam mengerjakan soal-soal ujian.

"Kendala utamanya mengerjakan soal itu saat harus mengatur waktu dan memilih mana soal yang yang bisa saya prioritaskan, jangan sampai mengerjakan soal-soal yang susah malah membuang-buang waktu, jadi harus seimbang mengerjakan soalnya," tuturnya.

Dirinya pun berpesan bagi teman-teman yang akan mengikuti PENMABA UNJ tahun depan agar dapat mempersiapkan sebaik-baiknya, karena soal-soal yang keluar di PENMABA diluar ekspektasi.

"Pokoknya bagi temen-temen yang ingin mengikuti kembali ujian PENMABA harus belajar konsisten, soalnya materi yang diujikan kebanyakan berbeda dengan soal-soal latihan yang kita kerjakan, terus jangan lupa berdoa juga biar makin optimis mengerjakan,"tutupnya.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Khairur Rasyid lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu