x

Iklan

Redaksi Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Februari 2020

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

SEO Mudah: Panduan Langkah demi Langkah

Pelajari SEO mudah komplit setiap langkahnya untuk kesuksesan kampanye SEO anda.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tebak berapa banyak posting blog yang dipublikasikan setiap hari.

Ada ide?

Yah, pengguna WordPress sendiri mempublikasikan lebih dari 2 juta posting setiap hari . Itu muncul untuk 24 posting blog setiap detik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Itu berarti bahwa pengguna menerbitkan sekitar 216 posting blog saat Anda membaca lima kalimat ini.

Dan itu hanya menghitung pengguna WordPress. Jika kita menghitung semua posting blog, jumlah itu pasti akan lebih tinggi.

Ini membuatnya sulit untuk menonjol. Tetapi Anda harus jika Anda ingin membuat blog Anda sukses.

Meskipun saya sering menghabiskan waktu 4-5 jam menulis posting blog saya, sepuluh menit yang saya habiskan untuk mengoptimalkan setiap posting dengan mudah adalah yang paling penting.

Tidak heran jutaan orang Google istilah "SEO" setiap bulan.

Pada hari tertentu, orang melakukan lebih dari 2,2 juta pencarian . Dan itu hanya di Google - untuk tidak mengatakan apa pun dari mesin pencari lainnya.

Oleh karena itu, muncul di halaman depan Google dapat menjadi faktor penentu antara bisnis yang berkembang dan yang itu, baik, bangkrut.

Tapi apa arti dari SEO?

Anda mungkin tahu bahwa itu singkatan dari optimasi mesin pencari, tetapi apa yang Anda butuhkan untuk mengoptimalkan?

Apakah ini desainnya? Atau apakah itu tulisan? Atau mungkin tautannya.

Ya, ya, dan ya - semuanya itu dan lainnya.

Tapi mari kita mulai panduan SEO ini di awal.

Definisi:  Menurut Wikipedia, SEO adalah "proses mempengaruhi visibilitas situs web atau halaman web dalam hasil yang belum dibayar mesin pencari."

Baiklah, mari kita terjemahkan itu ke Bahasa Inggris. Inilah yang saya lakukan:

Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah proses mengoptimalkan konten online Anda sehingga mesin pencari suka menunjukkannya sebagai hasil teratas untuk pencarian kata kunci tertentu.

Biarkan saya memecahnya lebih jauh:

Ketika datang ke SEO, ada Anda, mesin pencari, dan pencari. Jika Anda memiliki artikel tentang cara membuat lasagna vegan, Anda menginginkan mesin pencari (yang, dalam 90% dari semua kasus, adalah Google) untuk menunjukkannya sebagai hasil teratas bagi siapa saja yang menelusuri frasa “lasagna vegan.”

SEO adalah keajaiban Anda harus bekerja pada artikel Anda untuk membuat Google sangat mungkin untuk memasukkan posting Anda sebagai salah satu hasil teratas setiap kali seseorang mencari kata kunci itu.

Kami akan menggali lebih dalam tentang SEO, tetapi jangan ragu untuk melompat ke bagian apa pun yang menarik bagi Anda:

Ikhtisar

Sekarang seperti apakah sihir itu terlihat, dan mengapa itu penting?

Seperti yang saya katakan sebelumnya, sebagian besar pengalaman online dimulai dengan mesin pencari, dan hampir 75% pencari memulai pencarian mereka di Google .

Gabungkan itu dengan fakta bahwa lima hasil pertama di Google mendapatkan 67% dari semua klik , dan Anda mendapatkan ide mengapa optimisasi mesin pencari sangat penting.

Ada lelucon seputar web yang menyoroti betapa pentingnya memukul halaman pertama Google:

Jika Anda perlu menyembunyikan mayat, Anda harus meletakkannya di halaman kedua hasil pencarian Google.

Jika posting blog Anda, artikel, atau produk pada halaman lain dari hasil pencarian Google daripada yang pertama, maka itu setara dengan itu tidak peringkat sama sekali.

Tetapi untuk memahami cara tampil pertama di hasil mesin telusur, Anda harus terlebih dahulu mengetahui cara kerja penelusuran.

Cara Kerja Pencarian:

Sekarang setelah Anda memiliki gagasan tentang dasar-dasar SEO, saya akan melihat beberapa komponennya secara mendetail.

Meskipun Google menjaga algoritme penelusuran mereka dengan cukup baik dan tidak semua dari lebih dari 200 faktor penentu bersifat publik, Backlinko melakukan kompilasi besar sebanyak mungkin dalam satu daftar besar .

Tapi pertama-tama, saya harus mendapatkan satu hal yang lurus. Ada dua sisi kekuatan SEO, dan Anda harus memilih milik Anda sekarang.

 

Topi putih vs topi hitam

Seperti yang Anda tahu, saya memainkan permainan kewirausahaan jangka panjang alih-alih hanya mencoba mendapatkan uang cepat darinya.

Ini sama dengan optimasi mesin pencari. Beberapa orang berada di dalamnya untuk membuat beberapa grand dengan sangat cepat sementara yang lain berada di dalamnya untuk jangka panjang.

Jika Anda ingin bekerja SEO seperti skema kaya-cepat, Anda mungkin akan berakhir dengan melakukan SEO topi hitam.

Jenis SEO ini berfokus pada mengoptimalkan konten Anda hanya untuk mesin pencari, tidak mempertimbangkan manusia sama sekali. Karena ada banyak cara untuk membengkokkan dan melanggar aturan untuk membuat situs Anda memiliki peringkat tinggi, ini adalah cara utama bagi SEO topi hitam untuk membuat beberapa ribu dolar dengan cepat.

Pada akhirnya, pendekatan ini menghasilkan spam, halaman jelek yang sering dilarang sangat cepat. Ini akan sering menyebabkan hukuman berat bagi pemasar, merusak kesempatan mereka untuk membangun sesuatu yang berkelanjutan di masa depan.

Anda mungkin membuat beberapa grand dengan cara ini, tetapi Anda akan terus harus waspada untuk pembaruan mesin pencari dan datang dengan cara-cara baru untuk menghindari aturan.

White hat SEO, di sisi lain, adalah cara untuk membangun bisnis online yang berkelanjutan. Jika Anda melakukan SEO dengan cara ini, Anda akan fokus pada audiens manusia Anda.

Anda akan mencoba memberi mereka konten terbaik dan membuatnya mudah diakses oleh mereka dengan bermain sesuai dengan aturan mesin pencari.

Inbound Marketing Inc. melakukan pekerjaan luar biasa untuk menjelaskan perbedaannya .

Tak perlu dikatakan, Anda hanya akan mendengar dan melihat saya berbicara tentang SEO topi putih.

Pilih sisi kekuatan Anda dengan bijaksana , Padawan muda.

Sayangnya, tidak selalu semudah itu.

Seperti yang Anda ketahui, hidup tidak selalu hitam atau putih.

Hal yang sama berlaku untuk belajar SEO. Sebenarnya ada sesuatu di tengah-tengah 'perdebatan topi putih vs hitam' yang harus saya tangani.

SEO topi abu-abu , seperti namanya, sedikit putih dan sedikit hitam.

Itu berarti itu tidak cukup murni atau lugu seperti topi putih terputih. Tapi itu tidak terlalu manipulatif sebagai topi hitam.

Anda tidak mencoba menipu siapa pun atau dengan sengaja menukar sistem dengan topi abu-abu. Namun, Anda mencoba untuk mendapatkan keuntungan tersendiri.

Lihat, standar Google tidak begitu jelas karena mereka ingin Anda percaya. Sering kali, mereka bahkan mungkin mengatakan hal-hal yang kontradiktif.

Misalnya, Google mengatakan bahwa mereka bukan penggemar blog tamu untuk membuat tautan .

Tapi bagaimana dengan blogging tamu untuk mengembangkan merek Anda? Bagaimana jika Anda melakukannya untuk membangun kesadaran, menghasilkan lalu lintas berkualitas tinggi kembali ke situs Anda, dan menjadi nama rumah tangga di industri?

Itu semua adalah alasan sah untuk posting tamu dan mengapa saya masih merekomendasikannya .

Orang lain mungkin tidak setuju dengan saya pada poin ini, dan itu tidak masalah.

Itulah yang membuat pemasaran online, dan jasa SEO terbaik khususnya, sangat menyenangkan. Ini permainan. Dan dua lawan dapat mencoba metode yang berbeda untuk menang.

SEO berubah setiap saat. Aturannya sering tidak jelas.

Selain itu, sebagian besar dari apa yang kita ketahui sebagai 'aturan' hanyalah hanya membuat prediksi SEO atau melihat korelasi tren data.

Itulah mengapa begitu banyak ruang bagi SEO topi abu-abu untuk menyelinap masuk.

Banyak teknik membangun tautan klasik, seperti menggunakan beasiswa untuk membangun tautan, juga dapat berjalan dengan baik.

Beberapa orang mengatakan itu masih berfungsi . Yang lain mengatakan itu mati .

Jika sering bergantung pada bagaimana Anda melakukannya.

SEO super cerdas, seperti Ross Hudgens dari Siege Media, berbicara banyak tentang taktik membangun link terukur .

Semua taktik pemasaran harus dapat ditingkatkan pada akhir hari jika mereka akan menghasilkan ROI apa pun.

Tapi inilah masalahnya dengan gagasan itu.

Hampir setiap 'taktik membangun tautan skalabel' adalah batas hitam topi tergantung pada bagaimana Anda melakukannya.

Ross menunjukkan contoh dari waktu dan waktu ini di mana bahkan merek-merek besar yang Anda kunjungi setiap hari, seperti The New York Times, telah membangun tautan . Anda dapat secara teknis mempertimbangkan bahwa ini bertentangan dengan aturan Google.

Sekarang, mungkin mudah untuk membangun tautan di beberapa industri, seperti teknologi atau nutrisi. Ada ribuan blog online yang berbicara tentang hal ini setiap hari.

Tetapi bagaimana jika Anda bekerja untuk perusahaan suplemen?

Apakah Anda tahu MailChimp bahkan tidak akan membiarkan perusahaan suplemen menggunakan layanan pemasaran email mereka sama sekali?

Bagaimana mereka seharusnya membuat koneksi, menjangkau pelanggan, dan meningkatkan pendapatan (apalagi membangun beberapa tautan)?

Hal yang sama berlaku di industri kurang gurih lainnya, seperti perjudian misalnya.

Kemungkinan seorang jurnalis yang menautkan ke situs Anda dengan cara menyanjung sangatlah tipis.

Sering kali, Anda harus mengambil kesempatan Anda.

Firma hukum juga menemukan masalah dengan membangun tautan berkualitas tinggi. Itu sebabnya mereka sering menggunakan taktik membangun tautan beasiswa seperti yang kami bicarakan sebelumnya.

Masalah lain adalah bahwa peringkat mesin pencari masih tidak sebaik yang seharusnya.

Tentu, evolusi algoritma baru seperti RankBrain  membantu secara dramatis.

Tapi kita belum keluar dari hutan.

Itulah mengapa orang-orang seperti Glenn Alsop secara terbuka mengakui melakukan taktik topi abu-abu atau hitam seperti membuat jaringan blog pribadimereka sendiri  meskipun peringatan Google berulang-ulang terhadap pendekatan ini.

Glen menunjuk ke satu halaman hasil pencarian untuk permintaan ' Masa depan blogging ' sebagai contoh.

Situsnya peringkat di bagian bawah contoh itu. Namun dia menunjukkan bahwa:

  1. Dia memiliki lebih banyak tautan ke halaman daripada kompetisi.
  2. Dia memiliki otoritas domain yang lebih tinggi daripada kompetisi.
  3. Dia memiliki markup pada halaman yang lebih baik daripada kompetisi.

Jadi apa yang terjadi di sini? Apa yang mungkin menjadi penjelasannya?

Google secara umum mengakui bahwa ketiga indikator tersebut adalah yang paling penting. Semua SEO setuju tentang itu juga.

Namun itu tidak terjadi dalam kehidupan nyata.

Anda masih bisa bermain atau memanipulasi sistem sampai tingkat tertentu.

Ini tidak seburuk dulu, tapi masalahnya masih ada.

Tahun lalu, pendiri WordStream, Larry Kim memberikan beberapa prediksi SEO unik untuk tahun ini.

Dan salah satunya berfokus pada peningkatan tingkat klik-tayang mesin pencari (SERP) untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas.

Dia memprediksi bahwa ' hacks keterlibatan ' seperti ini akan menjadi taktik topi abu-abu yang baru.

Contoh lain dapat mencakup meningkatkan keterlibatan Facebook Anda  untuk membantu memberikan dorongan organik Anda sedikit dorongan.

Saya tidak mengatakan topi abu-abu itu baik atau buruk. Itu untuk Anda yang memutuskan.

Tetapi saya menyinari sesuatu yang jarang Anda dengar orang diskusikan di depan umum:

SEO adalah permainan zero-sum.

Banyak pesaing Anda akan melakukan apa pun untuk mencapai puncak. Itu menggantikan Anda, mendorong Anda lebih jauh ke dalam ketidakjelasan.

Jadi, Anda perlu memutuskan jalan mana yang akan Anda ambil dan seberapa besar risiko yang Anda terima dengan nyaman.

Membersihkan di dalam rumah Anda dan di luar: SEO on-page vs off-page SEO

Ada dua kategori besar dari SEO: SEO on-page dan SEO off-page.

SEO On-page menyangkut semua faktor peringkat Google yang mereka tentukan dengan langsung melihat halaman yang Anda coba optimalkan, seperti judul, konten, dan struktur halaman Anda.

SEO Off-halaman mengacu pada semua variabel yang dilihat Google, dan mereka tidak eksklusif di tangan Anda sendiri. Mereka bergantung pada sumber lain, seperti jejaring sosial, blog lain di industri Anda, dan riwayat pribadi penelusur.

Mereka berbeda, tetapi Anda perlu mendapatkan keduanya dengan benar untuk melakukan SEO dengan baik.

Untuk memberi Anda gagasan yang lebih baik tentang apa artinya itu, inilah contohnya:

Katakanlah Anda memiliki rumah dengan taman di halaman depan dan sedikit jalan yang mengarah melalui halaman depan ke rumah Anda.

Bayangkan dua skenario ini:

Skenario # 1: Rumah Anda super bersih di bagian dalam, tetapi halaman depan Anda berantakan.

Apa yang terjadi dalam skenario ini? Yah, bahkan jika Anda memiliki rumah bergaya Mary Poppins terbersih di bagian dalam, jika taman Anda terlihat seperti hutan dari Sleeping Beauty , tidak ada yang akan datang ke rumah Anda di tempat pertama.

Itu sama jika Anda belum mengoptimalkan halaman Anda di sekitar SEO on-halaman. Ini mungkin memiliki konten yang bagus dan terlihat menakjubkan, tetapi sepertinya tidak ada yang akan memberi Anda kredit untuk itu atau menunjuk ke halaman Anda.

Tidak ada yang akan melihat mahakarya Anda yang indah karena Anda tidak akan mendapatkan lalu lintas.

Bagaimana dengan sebaliknya?

Skenario # 2: Anda telah memangkas rumput Anda dengan rapi, tetapi bagian dalam rumah Anda berantakan.

Ubah keadaan, dan mereka terlihat mirip: Memiliki halaman yang bagus akan menarik banyak orang untuk datang mengunjungi rumah Anda, tetapi jika ruang tamu Anda mengingatkan tamu Anda dari zona perang, mereka akan pergi lebih cepat daripada Anda dapat mengucapkan SEO.

Ketika seorang pengunjung meninggalkan situs Anda setelah melihat hanya satu halaman, Google menganggap itu sebuah pantulan. Semakin tinggi rasio pentalanAnda  (jumlah pengunjung yang meninggalkan situs Anda secara instan), semakin buruk peringkat laman Anda di Google.

Itulah mengapa Anda perlu melakukan SEO on-page dan SEO off-page.

Anda dapat melakukan beberapa hal di halaman Anda untuk mendapatkan yang benar dan kemudian lebih banyak hal di luar itu (dari halaman jika Anda mau) untuk ace yang terakhir.

Kita akan melihat pada SEO on-halaman pertama.

SEO On-Page

Ada tiga kategori besar SEO on-page yang perlu Anda lihat. Yang pertama dan paling penting adalah konten.

KONTEN

Anda mungkin pernah mendengarnya sebelumnya: "Konten adalah raja." Bill Gates membuat prediksi ini pada tahun 1996 , dan itu benar seperti hari ini.

Mengapa?

Karena pelanggan mesin pencari Google senang ketika dia menemukan hasil yang melayani kebutuhannya dengan cara terbaik.

Saat Anda menggunakan Google “mac dan keju buatan sendiri yang cepat dan mudah,” Google akan mengerahkan semua energinya untuk memberikan kepada Anda apa yang dipercaya Google sebagai resep terbaik untuk mac dan keju buatan sendiri (yang membutuhkan sedikit waktu dan menggunakan sedikit bahan) di seluruh web.

Itu tidak hanya  mencari resep tercepat, hanya  resep termudah, atau membuang banyak toko online untuk makan malam beku. Ia mencoba memberi Anda persis apa yang Anda minta.

Google selalu mencoba memberi Anda pengalaman terbaik dengan mengarahkan Anda ke konten terhebat yang dapat ditemukannya.

Ini berarti bahwa pekerjaan nomor satu Anda untuk melakukan dengan baik dengan SEO adalah untuk menghasilkan konten hebat.

Itu menyebalkan, kan? Anda masih harus melakukan banyak pekerjaan.

SEO tidak berbeda dari keterampilan lainnya: hasil yang bagus akan selalu datang dari usaha besar.

Sama seperti pemasaran terbaik di dunia tidak akan membantu Anda menjual produk yang buruk, super canggih SEO akan sia-sia jika Anda puas hanya menyebalkan.

Berikut adalah faktor-faktor yang membentuk konten hebat di mata Google:

Kualitas -  Meskipun waktu di mana hanya memberikan konten berkualitas terbaik akan membuat Anda menonjol dari kerumunan yang sudah lama berlalu, ini masih merupakan titik awal untuk setiap upaya SEO yang sukses (dan bisnis online apa pun, benar-benar).

Tetapi menghasilkan konten hebat tidak mudah. Lagi pula, itu berarti Anda harus menjadi seorang guru - dan yang baik itu.

Namun, Anda tidak harus memulai dari awal. Anda sering dapat memulai dengan membanjiri konten yang telah dibuat orang lain  dan kemudian membuatnya lebih baik, lebih lama, dan lebih mendalam.

Atau mungkin Anda sudah memiliki ide sendiri. Jika Anda melakukannya, mungkin ada gunanya bertukar pikiran sebentar dan kemudian muncul dengan judul yang menarik untuk memulai.

Setelah Anda mulai menulis, pastikan Anda menyertakan semua bahan penting dari konten hebat  di posting blog Anda.

Bahkan jika Anda seorang pemula yang lengkap, Anda selalu dapat mengambil pendekatan profesional untuk konten yang hebat dengan hanya berkomitmen untuk membuat tulisan kebiasaan sehari-hari  dan bekerja dengan cara Anda naik secara bertahap dari sana.

Riset kata kunci -  Melakukan riset kata kunci Anda di awal adalah bagian penting dari konten hebat.

Karena Anda idealnya ingin memasukkan kata kunci bertarget Anda di judul posting Anda dan di seluruh artikel, Anda harus memilih kata kunci Anda sebelum Anda mulai menulis.

Saya telah membahas penelitian kata kunci secara ekstensif tentang Quick Sprout , tetapi jika Anda belum pernah melakukan penelitian kata kunci sebelumnya, Anda mungkin ingin melihat panduan Hubspot untuk pemula .

Dari semua faktor SEO di halaman, ini adalah salah satu yang harus Anda habiskan paling banyak waktu belajar. Anda bahkan tidak perlu membeli buku. Panduan definitif Backlinko untuk riset kata kunci  akan dilakukan.

Ketika saya mengatakan tidak tidur di sini, saya bersungguh-sungguh. Ada alasan kami mengambil waktu untuk mengkompilasi 40 posting teratas pada penelitian kata kunci di Kissmetrics .

Penggunaan kata kunci -  Google menjadi lebih pintar selama bertahun-tahun. Meskipun Anda harus, tentu saja, menggunakan kata kunci Anda di seluruh konten Anda, memasukkan kata kunci Anda ke dalam teks Anda sebanyak mungkin akan merugikan peringkat Anda daripada memperbaikinya.

Penjejalan kata kunci tidak ada habisnya  akhir-akhir ini.

Saat ini, penggunaan kata kunci lebih banyak tentang semantik.  Google telah menjadi sangat baik dalam menafsirkan arti kata kunci pencarian yang menyeramkan.

Tidak hanya melihat kata kunci Anda tetapi juga sinonim dari itu untuk memahami apa yang Anda maksud ketika Anda mengetik sesuatu seperti "lima orang nyc.

Google akan tahu bahwa Anda mungkin tidak mencari lima laki-laki acak, tetapi lebih tepatnya, Anda menduga bahwa Anda mencari rantai makanan cepat saji “Lima Orang, Burger & Kentang Goreng” dengan melihat penelusuran serupa yang mungkin menyertakan kata kunci “ burger "dan" kentang goreng. "

Selama Anda memastikan kata kunci Anda hadir di tempat-tempat strategis-penting (seperti judul, URL, dan deskripsi meta), tidak perlu menyebutkannya berkali-kali dalam teks Anda.

Fokus saja pada pembaca dan gabungkan kata kunci Anda dengan  mudah beberapa kali.

Kesegaran konten -  Hubspot telah melakukan benchmark  tahun ini yang menunjukkan, sekali lagi, bahwa posting lebih sering meningkatkan peringkat Google.

Namun, memposting konten baru hanya satu cara untuk memberi sinyal kesegaran Google. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan konten yang sudah Anda publikasikan untuk membuatnya lebih terkini .

Brian Dean dari Backlinko, misalnya, hanya mempublikasikan sekitar 30 posting dalam dua tahun . Namun, dia menyimpan semua postingannya dengan memperbarui dan menambahkan informasi baru ketika dia menemukannya.

Meskipun penting untuk mempublikasikan secara teratur, Anda masih bisa mendapatkan hasil yang bagus dengan memposting sebulan sekali selama kontenAnda menyeluruh dan mendalam .

Jawaban langsung -  Akhirnya, Google terkadang akan memberikan jawaban langsung kepada pencari dengan tepat di SERP. Jika Anda menulis konten cukup jelas bagi Google untuk mengenalinya sebagai jawaban atas pertanyaan tertentu, itu akan muncul langsung di bawah bilah penelusuran.

Matt Cutts, mantan kepala tim spam Google dan sering bersuara umum untuk perubahan terbaru dalam optimasi SEO dan algoritma, mengumumkan tahun lalu bahwa orang-orang yang memotong jargon  akan berada di jalur yang benar.

Itulah mengapa panduan mendetail dan panduan lama menjadi semakin populer. Jadi, pastikan Anda menjernihkan tulisan Anda . Kata kunci mewah dan konstruksi kalimat yang rumit tidak akan membuat Anda terdengar pintar atau membantu permainan SEO Anda.

Moz telah mencantumkan semua aspek penting  yang harus Anda ingat jika Anda ingin melakukannya dengan baik dengan jawaban langsung.

Ikuti tulisan menarik Redaksi Indonesiana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler