5 Aplikasi Chatting 2018, Apa Kelebihan dan Kekurangannya? - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Jamine Azzahra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 5 Aplikasi Chatting 2018, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

    Dibaca : 2.796 kali

    Kebutuhan untuk berkomunikasi online, sekarang ini bisa dikatakan seperti kebutuhan pokok. Short Message Service atau akronim dari SMS, dahulu memang menjadi primadona pesan singkat.

    Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi yang semakin berkembang, mungkin hampir tidak ada lagi yang menggunakan fasilitas ini, kecuali kepepet.

    Perkembangan internet dan munculnya berbagai bidang startup, membuat pergeseran itu mulai sangat terasa. Nama-nama aplikasi chatting online bermunculan, bahkan raksasa sosial mediapun membuat aplikasi chating khusus yang mampu terintegrasi dengan aplikasi SMS bawaan.

    Berikut ini adalah 5 Aplikasi Chatting yang dapat dikatakan hits pada tahun 2018, diantaranya:

    1. Facebook Messenger

    Raksasa sosial media ini, setelah membeli instagram, kini sudah memiliki aplikasi chatting resmi. Selain ringan, atau tidak membebani ram, banyak sekali fitur yang membuat nyaman penggunanya.

    Salah satu fitur yang menarik selain emoticon yang lucu-lucu adalah fasilitas pada video call, yaitu frame hidup yang mengikuti gesture wajah pengguna, seperti yang sudah ditanamkan pada aplikasi instagram sebelumnya.

    Sepertinya, setelah membeli aplikasi MSQRD, Facebook benar-benar memanfaatkannya dengan baik guna mendukung berbagai core business-nya.

    Kelemahannya adalah aplikasi ini tidak berdiri sendiri, atau dengan kata lain masih terhubung dengan FB, jadi pengguna susah memisahkan antara jaringan umum dan pribadi.

    2. Line

    Aplikasi line dan beberapa aplikasi chatting besar lainnya, sekarang sudah menjadi aplikasi bawaah, maksudnya kita jika membeli hp baru tidak perlu lagi install aplikasinya, karena sudah ada.

    Dahulu, pertama kali saya install aplikasi ini karena stiket chat yang lucu, bahkan banyak sekali artis-artis terkenal yang menjadi model stiker hidupnya. Tentunya ini menjadi keunggulan tersendiri.

    Fasilitas lainnya juga, seperti LINE Square, LINE Today, dll. Menjadikan pengguna tidak bisa lepas menggunakan aplikasi ini. Namun, iklan yang buanyak membuat saya khususnya merasa terganggu.

    3. WhatsApp

    Pertama kali WhatsApp hadir Indonesia, aplikasi ini seperti dewa penolong bagi pengguna smartphone untuk saling berkomunikasi tanpa harus menggunakan BlackBerry Messenger.

    Jika dibilang cepat sudah pasti, aplikasi ini juga bisa dikatakan irit kuota internet. Tetapi dengan aplikasi ini banyak orang yang dengan mudah melihat nomor hp orang lain, begitu juga dengan fitur yang sedikit, jika dibandingkan dengan aplikasi chatting lainnya.

    Tetapi, tanpa harus install aplikasi di pc atau desktop, hanya dengan menggunakan browser, kita bisa mengakses whatsapp menggunakan website (Wa Web)

    4. BlackBerry Messenger

    Sempat dikatakan bangkrut, BBM kini hadir dengan keunikan tersendiri, yaitu pengguna dapat membuat stiker chatnya sendiri. 

    Sempat terkesan anti android, kini mereka menggunakan android sebagai sistem operasinya juga. Fitur yang banyak dan menarik, khususnya pada timeline yang mirip sosial media, namun banyak yang mengeluh tentang video call yang sering bermasalah.

    5. Telegram

    Sempat mendapatkan masalah, telegram akhirnya dapat digunakan kembali. Kemampuan untuk melakukan enkripsi chatting masing-masing pengguna, sehingga dapat dikatakan aman dari penyadapan, rupanya menjadi pilihan banyak pengguna yang menginginkan keamanan atau privasinya.

    Seperti WhatsApp, telegram juga tidak ada iklan, jadi membuat nyaman pengguna. Namun banyak yang meragukan appliksi ini usai isu masalahnya dahulu.

    Intinya adalah apapun aplikasinya, selama kita memanfaatkan dan menggunakannya dengan baik, tentunya tidak akan berakibat buruk bagi pengguna.

    Gunakan aplikasi chatting sewajarnya, terkadang banyaknya aplikasi yang terinstall juga akan membebani ram pada smartphon, tentunya bukan keuntungan yang didapat, melainkan sebaliknya.

    Terima kasih sudah membaca dan jadilah orang yang bijak dalam bersosial media.

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.