x

Iklan

Candra Bi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 November 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

5 Aplikasi Chatting 2020, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Membahas sekilas kelebihan dan kekurangan aplikasi chatting terbaik 2018 yang saat ini masih aktif digunakan khalayakramai.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kebutuhan untuk berkomunikasi online, sekarang ini bisa dikatakan seperti kebutuhan pokok. Short Message Service atau akronim dari SMS, dahulu memang menjadi primadona pesan singkat.

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi yang semakin berkembang, mungkin hampir tidak ada lagi yang menggunakan fasilitas ini, kecuali kepepet.

Perkembangan internet dan munculnya berbagai bidang startup, membuat pergeseran itu mulai sangat terasa. Nama-nama aplikasi chatting online bermunculan, bahkan raksasa sosial mediapun membuat aplikasi chating khusus yang mampu terintegrasi dengan aplikasi SMS bawaan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berikut ini adalah 5 Aplikasi Chatting yang dapat dikatakan hits pada tahun 2018, diantaranya:

1. Facebook Messenger

Raksasa sosial media ini, setelah membeli instagram, kini sudah memiliki aplikasi chatting resmi. Selain ringan, atau tidak membebani ram, banyak sekali fitur yang membuat nyaman penggunanya.

Salah satu fitur yang menarik selain emoticon yang lucu-lucu adalah fasilitas pada video call, yaitu frame hidup yang mengikuti gesture wajah pengguna, seperti yang sudah ditanamkan pada aplikasi instagram sebelumnya.

Sepertinya, setelah membeli aplikasi MSQRD, Facebook benar-benar memanfaatkannya dengan baik guna mendukung berbagai core business-nya.

Kelemahannya adalah aplikasi ini tidak berdiri sendiri, atau dengan kata lain masih terhubung dengan FB, jadi pengguna susah memisahkan antara jaringan umum dan pribadi.

2. Line

Aplikasi line dan beberapa aplikasi chatting besar lainnya, sekarang sudah menjadi aplikasi bawaah, maksudnya kita jika membeli hp baru tidak perlu lagi install aplikasinya, karena sudah ada.

Dahulu, pertama kali saya install aplikasi ini karena stiket chat yang lucu, bahkan banyak sekali artis-artis terkenal yang menjadi model stiker hidupnya. Tentunya ini menjadi keunggulan tersendiri.

Fasilitas lainnya juga, seperti LINE Square, LINE Today, dll. Menjadikan pengguna tidak bisa lepas menggunakan aplikasi ini. Namun, iklan yang buanyak membuat saya khususnya merasa terganggu.

3. WhatsApp

Pertama kali WhatsApp hadir Indonesia, aplikasi ini seperti dewa penolong bagi pengguna smartphone untuk saling berkomunikasi tanpa harus menggunakan BlackBerry Messenger.

Jika dibilang cepat sudah pasti, aplikasi ini juga bisa dikatakan irit kuota internet. Tetapi dengan aplikasi ini banyak orang yang dengan mudah melihat nomor hp orang lain, begitu juga dengan fitur yang sedikit, jika dibandingkan dengan aplikasi chatting lainnya.

Tetapi, tanpa harus install aplikasi di pc atau desktop, hanya dengan menggunakan browser, kita bisa mengakses whatsapp menggunakan website (Wa Web)

4. MyBeb

Berbeda dari aplikasi sebelumnya, MyBeb adalah aplikasi chatting berbasis media sosial dan payment. Pengguna bukan hanya bisa melakukan komunikasi layaknya Whatsapp, tetapi juga bisa bermain media sosial layaknya Instagram dan Facebook.

Kegiatan posting status, berkomentar, memberikan link dan berbagi kontan, semuamya bisa dilakukan di aplikasi MyBeb. Selain itu, MyBeb juga menyediakan fitur keren, yakni transaksi dan pembayaran. Sehingga pengguna bisa bayar tagihan, beli pulsa dan paket data, hingga transfer dana.

Aplikasi yang kerap membagikan pulsa gratis ini adalah karya anak Indonesia, tepatnya arek Suroboyo. Mau pakai? yuk download di playstore sekarang juga.

5. Telegram

Sempat mendapatkan masalah, telegram akhirnya dapat digunakan kembali. Kemampuan untuk melakukan enkripsi chatting masing-masing pengguna, sehingga dapat dikatakan aman dari penyadapan, rupanya menjadi pilihan banyak pengguna yang menginginkan keamanan atau privasinya.

Seperti WhatsApp, telegram juga tidak ada iklan, jadi membuat nyaman pengguna. Namun banyak yang meragukan appliksi ini usai isu masalahnya dahulu.

Intinya adalah apapun aplikasinya, selama kita memanfaatkan dan menggunakannya dengan baik, tentunya tidak akan berakibat buruk bagi pengguna.

Gunakan aplikasi chatting sewajarnya, terkadang banyaknya aplikasi yang terinstall juga akan membebani ram pada smartphon, tentunya bukan keuntungan yang didapat, melainkan sebaliknya.

Terima kasih sudah membaca dan jadilah orang yang bijak dalam bersosial media.

 

Ikuti tulisan menarik Candra Bi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler